SELEBRITI

Kecam Aksi Ria Ricis, Ini Alasan Didiet Maulana Bikin Video di IG TV

Selasa, 24 Maret 2020 23:45 Penulis: Renisya Satya Putri

© istimewa

Kapanlagi.com - Didiet Maulana tidak tinggal diam melihat Ria Ricis yang bandel tetap syuting di tengah pandemi Covid-19 ini. Desainer fashion yang mengaku tidak sengaja mengetahui kisah viral YouTuber tersebut menjadi tergerak untuk mengunggah video peringatan di akun Instagram pribadinya.

Didiet Maulana merasa bahwa kejadian tersebut menunjukkan adanya darurat empati seorang publik figur. Meski sudah ditegur beberapa kali, Ria Ricis tetap melakukan syuting dalam situasi yang sedang gencar melakukan social distancing atau menjaga jarak dengan orang lain.

"Saya akan memulai ini dengan tajuk darurat empati. Jadi kemarin saya lagi lihat. Gini, saya percaya bahwa apa yang kita lihat kita rasakan kita dengar itu ada maksud dan tujuan tertentu. Saya tuh sekarang padahal lagi jarang ngetag-ngetag Insta Story orang. Kemarin pas lagi Insta Story kemudian lihat postingan Insta Story teman saya yang tinggal satu komplek. Itu kan ada 11 rumah ya di town house tersebut. Katanya, si mbak ini adalah sudah bebarapa kali ditegur tetapi sepertinya tidak diindahkan gitu lho dan apalagi dengan keadaan seperti sekarang gitu. Kemudian saya kok kemarin jadi tergerak ya," ujar Didiet Maulana saat dihubungi lewat sambungan telepon, Selasa (24/3).

 

1. Kurang Kepedulian

Menurut Didiet, syuting yang dilakukan Ria Ricis beserta kru adalah tindakan egois karena tidak memedulikan keselamatan orang lain di tengah situasi darurat yang sedang terjadi. Padahal, para tenaga medis di Indonesia tengah berjuang keras di garis depan untuk menyembuhkan para pasien yang terkena virus corona tanpa memedulikan keselamatan mereka sendiri.

"Maksudnya saya melihat bagaimana sih sekarang orang tuh makin apa ya, makin egois gitu. Sedangkan di sisi lain pihak rumah sakit dan dokter, tenaga medis segala macam mati-matian lho berjaga di garda depan. Keselamatan mereka udah nggak mereka pikirin, yang penting orang bisa sehat. Di tengah saya lagi merasa seperti itu ada orang yang kayak begini. Videonya kemarin kalau saya lihat kok haha hihi malah krunya itu. Jadi tidak ada yang melihat pandemi ini menjadi sesuatu yang darurat," sambung Didiet Maulana

2. Tergerak Bikin Video

Melalui video yang diunggah di IG TV-nya, Didiet Maulana mengecam perbuatan Ria Ricis yang bertentangan dengan imbauan untuk menghindari keramaian. Pada awalnya, Didiet hanya menuliskan apa yang dia rasakan, namun kemudian ia tergerak untuk membuat video tersebut. Kisah viral ini dianggapnya sebagai sesuatu yang sangat penting yang layak untuk dibagikan kepada masyarakat, secara khusus followers Instagram-nya.

"Beberapa hari yang lalu saya membantu Pak Kapolri untuk memberikan ke followers tentang imbauan Kapolri gimana sih kita harus menjaga untuk menghindari kerumunan, jangan bikin social gathering dan segala macam. Nah malah dia bikin kayak begitu. Kemudian akhirnya saya tulis apa yang saya rasakan. Kemudian saya kok tiba-tiba tergerak ya pengin bikin video gitu. Saya bikin video dan di situ saya kecam perbuatannya. Saya nggak pernah loh bikin video di Instagram gitu. Boleh liat IG TV saya cuma ada 3 nih sekarang dengan ini, karena saya tuh eman-eman banget IG TV saya tuh biasanya untuk berbagi sesuatu yang penting. Saya melihat ini menjadi sesuatu yang penting banget akhirnya saya masukin IG TV," tutur Didiet Maulana.

3. Tujuan Baik

Didiet Maulana menyatakan bahwa niatannya mengunggah video tersebut adalah menyelamatkan nyawa orang sebagai seorang public figure. Didiet meyakini bahwa seorang public figure memiliki tanggung jawab untuk memberi contoh pada seluruh pengikutnya. Di sisi lain, ia terkejut melihat banyaknya orang yang menyepelekan pandemi Covid-19 dan malah membela aksi Ria Ricis.

"Yang ingin saya sampaikan adalah Tuhan mempercayakan orang punya followers banyak itu pasti ada maksud dan sebab. Ketika dia diberkahi dengan 18 juta followers berarti dia punya tanggung jawab terhadap 18 juta jiwa. Nah bayangin aja kalau followers yang 18 juta jiwa ini di satu rumahnya itu ada lima orang, kaliin aja ada berapa puluh jiwa yang bisa kita selamatkan apabila seorang tokoh yang punya banyak followers ini kasih contoh yang benar gitu. Saya nggak ngikutin dia, saya jujur baru tahu dia kemarin. Saya juga kaget ternyata followers garis matinya dia ini yang membela dia mati-matian itu komentarnya di Instagram saya juga tidak elok ya. Semuanya menggampangkan virus ini. Malah ada yg menuduh saya social climber segala macam, which is I don't need that. Kenapa saya menaikkan video itu karena saya ingin menyelamatkan nyawa orang di tengah pandemi yang ada sekarang," ungkap Didiet Maulana.


REKOMENDASI
TRENDING