SELEBRITI

Khikmawan Santosa Meninggal Dunia, Penata Suara Andalan Perfilman Indonesia

Sabtu, 11 Mei 2019 09:40 Penulis: Rahmi Safitri

Khikmawan Santosa © twitter.com/kkbellamy

Kapanlagi.com - Nama Khikmawan Santosa mungkin sebagian orang masih awam. Tapi buat pecinta dan pemerhati film Indonesia, sosoknya sangat fenomenal. Dia adalah sound designer atau penata suara langganan filmmaker seperti Joko Anwar, Ernest Prakasa, Hanung Bramantyo dan lain-lain.

Sayangnya Khikmawan Santosa telah pergi selama-lamanya dan tak akan lagi mewarnai perfilman Indonesia dengan bakatnya. Beberapa sahabatnya yang sering bekerja sama dengannya, menyampaikan kabar duka kalau Khikmawan yang biasa disapa Kiki ini meninggal dunia dalam kecelakaan.

Kabar duka ini disampaikan oleh Ernest Prakasa dan Joko Anwar lewat akun Twitter masing-masing.

 

1. Para Sineas Berduka

"Badan gue gemeteran, jantung  deg-degan. Baru aja ngobrol beberapa hari lalu, tiba-tiba barusan dapet kabar Kiki (Khikmawan Sentosa / Crossfade) meninggal dunia pukul 03:00 tadi di daerah Puncak karena kecelakaan. Rest In Peace, Bro. This is too unreal," tulis Ernest.

Sedangkan Joko Anwar menggunggah gambar yang berisi tulisan, 'Selamat Jalan Khikmawan Santoso. Perfilman Indonesia sangat kehilanganmu'.

2. Sekilas Tentang Khikmawan

Menurut situs filmindonesia.org, Khikmawan Santosa adalah lulusan Institut Kesenian Jakarta yang mengawali karir sebagai boom operator. Ia kemudian menjadi sound recordist untuk film VIRGIN di 2004 dan dipercaya sebagai sound editor untuk BROWNIES. 

Hingga 2017 ia sudah dipercaya menata suara untuk 49 film Indonesia di antaranya CEK TOKO SEBELAH, CRITICAL ELEVEN< KARTINI, MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK, hingga PENGABDI SETAN. Ia pun punya studio Crossfade untuk membantu para sineas.

 

3. Andalan Nominasi

Kalau KLovers rajin menonton acara penghargaan perfilman Indonesia, untuk nominasi Penata Suara Terbaik, nama Khikmawan selalu mendominasi dengan karya-karyanya. Ia pun pernah meraih penghargaan tersebut di untuk RUMA MAIDA, SANG KIAI dan PENGABDI SETAN.

Rest in peace, Kiki. Semoga amal ibadah diterima Tuhan dan terima kasih atas dedikasi di dunia film Indonesia.

(kpl/pit)

Editor: Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING