SELEBRITI

Kini Sukses Bergelimang Harta, 9 Seleb Ini Pernah Ngamen dan Jadi Pedagang Asongan Untuk Menyambung Hidup

Kamis, 14 Mei 2020 09:14

Tukul Arwana - Inul Daratista ©KapanLagi.com - ©instagram.com/inul.d

Kapanlagi.com - Takdir memang sudah ditetapkan, namun nasib masih bisa diubah asalkan manusia mau berusaha seperti deretan para selebritis tanah air ini. Bukan terlahir dari keluarga kaya dan berada, para seleb ini bekerja dan berusaha sekuat tenaga untuk mengubah nasib mereka.

Tak instan memang, walau ada yang membutuhkan waktu sampai puluhan tahun, nyatanya hasilnya pun bisa mereka rasakan saat ini. Nah, siapa saja para selebritis yang penuh inspirasi ini? Simak ulasannya di sini!

1. Tukul Arwana

Sukses menjadi salah satu artis termahal di Indonesia, nyatanya Tukul Arwana nyaris putus sekolah karena tak bisa membiayai pendidikannya. Beberapa pekerjaan pun ia lakukan seperti supir dan dagang. Namun belum juga berhasil.

Merantau ke Jakarta, Tukul akhirnya bekerja sebagai penyiar radio, bergabung di grup lenong, dan titik balik kesuksesannya saat ia bersama Joshua Suherman di lagu Diobok-Obok. Sejak saat itu, namanya kian melambung tinggi.

2. Inul Daratista

Lahir dari keluarga miskin dengan banyak anak membuat Inul harus banting tulang membantu keluarga. Sebagai anak tertua, Inul juga bekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya.

Tak lulus sekolah, Inul lebih memilih bekerja. Dari pedagan asongan, nasi bungkus di terminal sudah pernah ia lakukan. Hingga akhirnya ia memilih jalur dangdut sebagai batu loncatan.

Dan benar, namanya pun semakin dikenal masyarakat luas. Berawal hanya mendapat honor Rp25 ribu, kini ia bisa mendapat puluhan juta dalam sekali tampil. Tak hanya sukses di dunia hiburan, sebagai wanita pebisnis, Inul Daratista bisa dibilang sangat sukses.

3. Sule

Sule menjadi salah satu komedian dan presenter termahal di Indonesia. Namun, siapa sangka jika sebelum terkenal Sule pernah merasakan hidup susah?

Lahir dari orangtua penjual baso keliling, demi memenuhi kebutuhan ekonomi, Sule juga berjualan ayam goreng dan jagung rebus.

Kesuksesannya bermula ketika ia dan grup lawak SOS berhasil menjuarai kompetisi API di tahun 2004. Sejak saat itu, Sule semakin dikenal, dan meroket. Dan kekayaannya kini sudah mencapai miliaran rupiah.

4. Ruben Onsu

Salah satu selebritis yang sangat konsisten dalam menjalankan usaha. Ya, ia adalah Ruben Onsu. Ruben ingat betul ketika awal ia merintis karirnya sebagai seorang pekerja dunia hiburan.

Lahir dari keluarga sederhana, Ruben memilih lenong sebagai jalan hidupnya. Tinggal di sebuah kost sempit di Jakarta, Ruben pun tak menyerah dan terus berusaha hingga akhirnya ia diakui.

Sukses menjadi seorang entertainer, suami Sarwendah ini pun merambah dunia bisnis. Tak main-main, bisnis yang ia tekuni dengan serius ini juga berhasil menambah pundi-pundi kekayaannya.

5. Zaskia Gotik

Hidup bergelimang harta dan sukses seperti sekarang, nyatanya Zaskia Gotik pernah bekerja sebagai seorang biduan keliling. Bukan orkes panggung, tapi dangdut keliling seperti pengamen.

Berusaha dan terus berusaha, seiring berjalannya waktu, Zaskia Gotik pun mulai meniti karirnya. Berawal dari lagu 1 Jam dan Cukup 1 Menit, nama Zaskia Gotik makin melambung sampai sukses seperti saat ini.

6. Siti Badriah

Meledak dengan lagu Lagi Syantik nyatanya Siti Badriah pernah hidup susah sebelum terkenal. Demi meniti karirnya di dunia hiburan, Siti yang saat itu nge-kost harus rela berbagi mie instan dengan temannya agar terus bertahan hidup.

Tak punya kendaraan pribadi, naik bajaj ataupun angkot tiap hari. Namun, ia tak berhenti untuk menyerah dan berusaha hingga sukses seperti sekarang.

7. Denny Cagur

Denny Cagur boleh jadi disebut dengan salah satu komedian dengan kekayaan miliaran rupiah. Sosoknya sering muncul hampir di semua stasiun televisi.

Berbeda dulu dan sekarang, kalau sekarang bergelimang harta, dulu untuk makan pun harus berusaha. Sebelu sukses, Denny pernah menjadi penjual gorengan untuk memenuhi kebutuhan ekonominya.

8. Azis Gagap

Azis Gagap mengaku hanyalah lulusan SD. Hidup pas-pasan bahkan kurang membuatnya harus merelakan belajar di sekolah. Tak hanya itu saja, berjualan bakwan, serabi, lontong pernah ia lakukan demi menyambung hidup.

Tak pernah menyerah mengubah nasibnya, Azis pun akhirnya bergabung dengan sebuah lenong di Jakarta. Namanya kian melambung sejak ia bersama dengan Opera Van Java. Kini, ia pun sudah memiliki beberapa usaha, seperti restoran, ternak sapi dan kambing, dan ia juga pondok pesantren bagi anak-anak yang kurang mampu.

Meskipun sukses dan kaya raya, Azis Gagap ternyata tetap memilih untuk hidup sederhana. Dan salah satunya adalah memutuskan mundur dari dunia hiburan.

9. Didi Kempot

Maestro campursari dengan lebih dari 800 karya, The Godfather of Broken Heart, Didi Kempot pernah menjadi pengamen di Jakarta saat awal merintis karirnya sebagai penyanyi.

Tinggal di kost-kostan dekat kandang kambing, karena kegigihannya dan konsisten serta prinsip pantang menyerah Didi Kempot akhirnya sukses, bahkan di Belanda dan Suriname.

Namun sayang, Tuhan ternyata punya rencana lain, putra terbaik bangsa ini harus berpulang pada awal bulan Mei 2020 lalu.


REKOMENDASI
TRENDING