KPI Usut Tayangan Deddy Corbuzier Candai Keluarga Masinis

Rabu, 11 Desember 2013 13:11 Penulis: Darmadi Sasongko
KPI Usut Tayangan Deddy Corbuzier Candai Keluarga Masinis Deddy Corbuzier
Kapanlagi.com - Candaan yang dilontarkan artis sekaligus mentalis Deddy Corbuzier pada keluarga masinis yang tewas dalam tabrakan maut di perlintasan Pondok Ranji, Bintaro, menuai kecaman publik. Deddy yang kala itu bertindak sebagai presenter talk show Hitam Putih di Trans 7, dinilai tidak menghargai orang yang tengah berduka.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) langsung bergerak cepat mengusut tayangan itu.

"Kita baru dapat laporan pagi ini, kita akan lihat tayangan itu sekarang," kata Koordinator Bidang Isi Siaran KPI, Sujarwanto Rahmat, kepada merdeka.com, Rabu (11/12).

Setelah melihat tayangan itu, lanjut Sujarwanto, pihaknya akan melakukan rapat internal untuk menentukan sikap KPI ke depannya. Soal kemungkinan Deddy maupun pihak produser akan dipanggil, dia belum bisa memastikan.

"Yang pasti akan kita sikapi ini secepatnya. Tentu candaan seperti itu tak pantes dilontarkan pada keluarga korban bencana," tambahnya.

Dia sangat menyayangkan masih ada saja tayangan tak mengerti psikologis narasumber terutama yang menjadi korban satu peristiwa. Padahal dalam aturan dibuat KPI jelas dikatakan tayangan mengenai peliputan bencana tidak boleh menambah penderitaan korban, justru harus berorientasi pada recovery korban.

"Itu jelas sekali dalam aturan KPI, Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS) Pasal 49-50 tentang peliputan bencana," jelasnya.

Seperti diketahui, dalam acara yang disiarkan Selasa (10/12) malam, Hitam Putih mengundang keluarga masinis Darman Prasetyo, korban dalam kecelakaan maut dengan truk tangki berisikan BBM di Bintaro. Dalam membawakan acara Deddy membuat lawakan terhadap keluarga korban.

(kpl/mdk/dar)


REKOMENDASI
TRENDING