Kunjungi KPI, Bryan Domani Nilai Televisi Parno Pahami Standar Penyiaran

Kamis, 01 Maret 2018 23:01 Penulis: Guntur Merdekawan
Kunjungi KPI, Bryan Domani Nilai Televisi Parno Pahami Standar Penyiaran Bryan Domani / Credit: KapanLagi - Abbas Aditya

Kapanlagi.com - Bryan Domani pemain film REVAN & REINA mendapat kesempatan langka berkunjung ke kantor Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI. Selain berdiskusi dengan Ketua KPI Yuliandre Darwis dan para anggota komisioner, cowok berusia 17 tahun itu juga melihat proses pemantauan tayangan televisi.

Mengingat dirinya saat ini terlibat sinetron striping yang sempat mendapat teguran KPI, Bryan memanfaatkan kesempatan yang ada untuk banyak bertanya. Dia akhirnya mengerti bahwa pihak televisi terlalu berlebihan memahami Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS).

"Ternyata KPI itu lebih simpel. Banyak hal yang dilakukan televisi bukan aturan dari KPI, semisal apa-apa diblur. Itu ketakutan mereka sendiri, mereka salah persepsi dengan aturan KPI. Ada yang dikira nggak boleh tapi sebenarnya boleh-boleh aja," kata Bryan di kantor KPI, Jakarta Pusat, Kamis (1/3).

Bryan silaturahmi ke markas KPI / Credit: KapanLagi - Abbas AdityaBryan silaturahmi ke markas KPI / Credit: KapanLagi - Abbas Aditya



Beberapa poin rupanya diperbolehkan oleh KPI tanpa sensor berlebihan. Semisal adegan berenang menggunakan pakaian renang atau adegan berdarah dengan beberapa ketentuan.

"Kayak aku adegan berenang tapi sama krunya disuruh pakai kaos. Ternyata nggak perlu, karena konteks ceritanya memang berenang, bukan yang sengaja buka baju. Cewek juga nggak papa asal nggak banyak disorot bagian dada, paha dan bokong," papar kakak dari Megan Domani ini.

Ia melanjutkan, "Aku pernah adegan tabrakan tapi lukanya memar doang, pas tanya katanya nggak boleh KPI. Padahal boleh cuma jangan berdarah-darah. Kalau tabrakan memar doang malah jadinya aneh," pungkasnya.

(kpl/abs/gtr)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING