SELEBRITI

Mulan Jameela Serta 13 Caleg Lain Gugat Partai Gerindra, Ini Alasannya

Rabu, 17 Juli 2019 13:18 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Mulan Jameela © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Pesta demokrasi sudah lama berlangsung namun kabar cukup mengejutkan datang dari sejumlah Calon Legislatif (Caleg) dari partai Gerindra. Ya, dilansir dari Merdeka.com, sebanyak 14 caleg menggugat partai Gerindra ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Di antara para penggugat itu ada nama Mulan Jameela, istri Ahmad Dhani.

Mengetahui adanya gugatan ini, pihak partai nggak tinggal diam. Melalui Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara. Menurut Dasco, para caleg ini bukan menggugat DPP partai.

1. Tetapkan Caleg Terpilih

"Setelah kami baca gugatan tersebut bukanlah gugatan permuatan melawan hukum perdata, tetapi perkara perdata khusus parpol. Petitum gugatan tersebut juga tidak menuntut DPP dinyatakan melakukan PMH," kata Dasco Rabu (17/7).

Lebih lanjut Dasco juga jelaskan bahwa para penggugat ini ingin DPP memiliki kewenangan untuk menetapkan sebagai anggota legislatif terpilih. Alasannya suara partai sudah menanjak dibandingkan perolehan suara caleg secara individu.

2. Jalani Proses Hukum

"Para penggugat hanya meminta PN Jaksel menyatakan agar DPP memiliki hak untuk menetapkan mereka sebagai anggota legislatif terpilih karena suara pemilih partai yang lebih besar dari pemilih caleg langsung," imbuh Dasco pada Merdeka.com.

Pihak partai Gerindra akan mengikuti proses hukum yang berlaku menghadapi gugatan ini. "Kami akan mengikuti proses hukum yang sedang berjalan termasuk mengedepankan mediasi yang masih terus berlangsung. Biasanya proses sengketa internal kami selesaikan melalui Majelis Kehormatan," tutupnya.


REKOMENDASI
TRENDING