SELEBRITI

Pameran Distrik Seni X Sarinah Bagian Dua, Resmi Dibuka untuk Umum - Kolaborasi dengan Seniman Dewa Budjana!

Minggu, 11 September 2022 11:18 Penulis: Editor KapanLagi.com

Usung Tema 'Berkelanjutan', Pamerkan 100 Karya dari 30 Seniman! / (Credit: instagram.com/sarinahindonesia)

Kapanlagi.com - Ditulis Oleh : Ainuni Rahmita

Pameran karya seni yang telah dilakukan sebelumnya pada Juni - Agustus 2022 oleh Distrik Seni x Sarinah menghadirkan antusias yang besar dari masyarakat. Tercatat ada lebih dari 60.000 pengunjung selama tiga bulan pameran berlangsung. Hal ini menjadi salah satu alasan Distrik Seni x Sarinah melanjutkan pameran karya seni season dua yang akan dibuka pada 10 September 2022 hingga 24 November 2022.

Masih sama dengan pameran diseason pertama, pameran karya seni ini ditampilkan di lantai enam Gedung Sarinah yang beralamat di Jl. M.H. Thamrin No.11, RT.8/RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

Bukan hanya melakukan pameran karya seni biasa, Distrik Seni x Sarinah season dua ini berkolaborasi dengan musisi ternama yaitu Dewa Budjana, serta akan ada kegiatan lain yakni lelang salah satu karya di pameran tersebut.

1. Usung Tema 'Berkelanjutan', Pamerkan 100 Karya dari 30 Seniman

Berdasarkan hasil konfrensi pers yang dilakukan pada 9 September 2022 di Gedung Sarinah pukul 14.00 WIB, didapati hasil bahwa pameran karya seni kontemporer ini memiliki tema 'berkelanjutan' setelah sebelumnya bertema 'berdikari' pada season pertama.

"Tema 'berkelanjutan' ini merupakan tema yang sekarang cukup banyak dipakai, terutama dipembahasan-pembahasan ekosistem." Ungkap Farah Wardani pada (9/9), selaku Penata Artistik Distrik Seni.

Sama halnya dengan tema season pertama yaitu 'berdikari' yang membahas ekosistem Jakarta melalui karya seni, pada season kedua ini juga berfokus pada ekosistem Jakarta secara berkelanjutan. Akan tetapi, pameran bagian kedua ini menggaet 30 seniman-seniman senior yang sudah memiliki kredibilitas internasional dan menampilkan 100 karya di Gedung Sarinah lantai enam ke dalam 4 jenis ruangan, yaitu: Ruang Dr. Ir. Soekarno, Ruang Garda, dan Ruang Berdikari.

"Seniman-seniman pameran ini sudah banyak sekali yang sangat papan atas, bukan cuma di Indonesia tapi juga Internasional," jelas Farah Wardani pada (9/9).

2. Berkolaborasi dengan Musisi Dewa Budjana

Selain memamerkan karya seni, kegiatan ini juga di isi dengan beberapa program publik, salah satunya yaitu menghadirkan musisi Dewa Budjana untuk menampilkan pameran karya kolaborasi dirinya dengan seniman-seniman ternama Indonesia selama satu bulan pertama.

Gitaris band Gigi itu pada awalnya hanya ingin melakukan lelang gitar baru untuk penyintas kanker payudara. Namun kemudian dirinya tertarik untuk menampilkan seluruh karya seni dengan media gitar yang sebelumnya telah dipamerkan ditahun 2013.

"Sebetulnya gitar-gitar yang dilukis ini pernah dipamerkan tahun 2013 di Jakarta, Bandung dan Jogja. Kali ini sebetulnya pameran gitar ini cuma untuk melengkapi, karena tujuan utama saya adalah mau melelang satu gitar baru," Ungkap Dewa Budjana pada (9/9).

3. Pelelangan dari Salah Satu Karya untuk Penyintas Kanker

Salah satu kegiatan lain pada pameran karya seni Distrik Seni x Sarinah bagian kedua ini yaitu lelang Gitar Kiesel Zeus yang berasal dari California Selatan, Amerika.

Dewa Budjana dalam pameran ini memiki ruang pameran tersendiri bernama 'Dawai-Dawai Dewa Budjana'. Gitar yang akan dilelang merupakan kolaborasi antara Dewa Budjana dan dua pelukis yang melukiskan gitar tersebut yakni Putu Sutawijaya dan Eko Nugroho.

Pelelangan gitar akan dilakukan pada 2 Oktober 2022. Hasil dari pelelangan akan digunakan untuk mendukung Lovepink Indonesia yang aktif dalam menggiatkan sosialisasi sadar kanker payudara dan akan diberikan khususnya kepada para penyintas kanker payudara.

REKOMENDASI
TRENDING