SELEBRITI

Permintaan Tahanan Kota Ratna Sarumpaet Ditolak, Ini Kata Atiqah Hasiholan

Rabu, 06 Maret 2019 20:45 Penulis: Rahmi Safitri

Atiqah Hasiholan © KapanLagi.com®/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Sidang lanjutan kasus hoax yang menyeret nama Ratna Sarumpaet kembali digelar pada hari Rabu (6/3/2019) dengan agenda penyampaian eksepsi. Putrinya, Atiqah Hasiholan, pun datang mendampingi. Atiqah juga bersedia memberikan keterangan saat dihubungi melalui sambungan telepon, usai sidang.

Menurut Atiqah, sidang kali ini menyampaikan keberatannya atas dakwaan-dakwaan. Ia sudah bicara dengan beberapa ahli pidana yang mengatakan opininya. Dakwaan pasal yang dikenakan kepada ibunya itu tidak tepat, karena itu merupakan delik materil, bukan delik formil. Di mana delik materil itu harus terjadi akibatnya, ibaratnya pembunuh harus ada yang terbunuh. Delik formil itu adalah penghinaan, delik materil, harus ada akibat yang ditimbulkan. Di pasal itu akibat yang ditimbulkan ditulis harus terjadi keonaran.

"Dalam dakwaan kan keonaran yang dimaksud tweet-tweet orang, ada demonstrasi, terus press conference. Apakah tweet-tweet orang itu kerusuhan? Kan nggak. Kalau kerusuhan dan harus dihentikan polisi kan berati banyak dong, setiap hari. Terus demonstrasi itu kan aspirasi masyarakat, bukan kerusuhan, terus press conference Pak Prabowo, itu juga kan nggak bisa disebut kerusuhan," kata Atiqah.

"Jadi intinya harapan dari kami keluarga sih Alhamdulillah, Ibu Ratna sudah terlihat siap menjalankan sidang. Tapi kalau memang didakwakan, didakwakan dengan dakwaan yang tepat. Dan harapan kami, kami paham Jaksa dan Hakim itu ahli pidana juga, jadi kami berhadap tidak ada perbedaan pendapat yang signifikan lah ya daripada ahli pidana yang sudah bicara di media dan antara Jaksa dan Hakim. Ya semoga dikabulkan eksepsiny," lanjut istri Rio Dewanto.

 

 

 

1. Ditolak Untuk Tahanan Kota

Soal tahanan kota, Atiqah menjelaskan kalau itu sudah ditolak oleh hakim karena menurut hakim kondisi Ratna Sarumpaet dalam kondisi sehat. Tapi pihak Atiqah mengajukan itu atas pertimbangan usia dan naik turun kondisi ibu saya.

"Ya intinya kalau kami dari keluarga, itu kan ajukan penangguhan penahanan itu hak ya. Jadi tiap kita ada kesempatan untuk meminta, kita akan gunakan sebaik mungkin," kata Atiqah saat ditanya apakah akan melakukan pengajuan lagi.

2. Datang Bersama Kakak

Atiqah memang mengakui kalau ibunya memang sehat, tapi rentan sakit karena faktor usianya yang sudah lanjut. Beliau sendiri memang menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi vitamin dan olahraga.

Saat sidang, Atiqah mengaku sengaja mengosongkan jadwal. Meski tak didampingi suami, ia ditemani oleh kakak-kakaknya.


REKOMENDASI
TRENDING