SELEBRITI

Pulang dari Umrah, Irfan Hakim Beli Kafan dan Sudah Siapkan Makam Untuk Keluarga

Kamis, 12 Maret 2020 17:55

Irfan Hakim © KapanLagi.com/Fikri Alfi Rosyadi

Kapanlagi.com - Irfan Hakim membuat pengakuan yang cukup mengejutkan. Berbeda dari kebanyakan orang yang membeli oleh-oleh sepulang Umrah, presenter ini justru mengaku kalau membeli kain kafan untuk persiapan kematiannya.

Tampil menjadi bintang tamu di Youtube milik Denny Cagur, Irfan Hakim mengungkapkan hal yang dilakukan setelah pulang Umrah tersebut, "Gue kain kafan, penutup keranda, pas Umrah yang lain beli sajadah, karpet, beli apa, gue beli penutup keranda."

1. Beli Tanah Makam untuk Keluarga

Bagi Irfan Hakim ini, keputusannya ini bukan tidak berdasar. Pasalnya ia sengaja membeli kain kafan dan juga tanah makam untuk mempersiapkan diri. "Salah satunya untuk mengingatkan kita akan seperti mereka. Mengingatkan hidup kita juga," imbuh Irfan.

Selain untuk pengingat, alasan lain Irfan membeli tanah makam untuk keluarganya agar kelak mereka bisa dimakamkan di tempat yang sama. Apalagi Irfan Hakim punya pengalaman kehilangan makam keluarga gara-gara belum memperpanjang izin.

"Adik gue udah meninggal pas kelas 2 SD, dimakamin di pemakaman umum. Makamnya hilang karena nggak diperpanjang dan lain-lain... Pas mau ziarah udah nggak ada. Makam kakak ipar gue juga ilang. Akhirnya gue buat makam," jelasnya pada Denny Cagur.

2. Meyakinkan Orangtua

Banyak tantangan bagi Irfan untuk bisa mendapatkan tanah makam untuk keluarganya. Tak hanya mencari tempat, ia juga harus meyakinkan keluarga kalau tindakannya ini bukan berarti mendoakan hal buruk.

"Perlu perjuangan dan negosiasi yang menebarkan ke orangtua. Takutnya kaya mendorong untuk meninggal. Tapi akhirnya setuju. Kita survey ke sana," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING