Ramai Disebut Seksis, Ini Klarifikasi Hanung Bramantyo Soal 'Aktris Asal Cantik'

Senin, 06 November 2017 10:33 Penulis: Ahmat Effendi
Ramai Disebut Seksis, Ini Klarifikasi Hanung Bramantyo Soal 'Aktris Asal Cantik' Hanung Bramantyo ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Pada tanggal 4 November 2017 lalu sutradara Hanung Bramantyo menjalani wawancara terkait Reza Rahadian sebagai bintang utama dari film BENYAMIN BIANG KEROK. Pemilihan Reza sebagai aktor utama sempat memicu pro dan kontra. Apalagi selama ini bintang tersebut sudah banyak membintangi film berbeda, termasuk perannya yang begitu identik sebagai sosok Habibie di film biografi tentang mantan Presiden Indonesia tersebut.

Namun satu komentar Hanung Bramantyo mendapat reaksi dari para artis wanita. Penyebabnya, Hanung membahas bahwa aktor pria lebih susah untuk didapatkan karena syaratnya cukup banyak. Berikut pernyataannya yang jadi masalah:

"Susah mencari aktor itu. Apalagi aktor pria ya. Kalau perempuan kan, ya, udahlah. Ibarat kata asal lo cantik aja, udahlah itu menjadi syarat. Tapi aktor, laki-laki, itu syaratnya banyak banget, nggak cuma sebatas harus ganteng, tapi harus bisa memainkan banyak peran," ucap Hanung.

Komentar Sutradara & Aktris Indonesia:

Beberapa pihak yang menjadi bagian dari perfilman Indonesia langsung bereaksi melalui sosial media. Di antaranya Hannah Al Rashid, Tara Basro dan sutradara Dimas Djayadiningrat. Mereka menunjukkan sikap bertolak belakang dengan pernyataan Hanung Bramantyo.

"Disappointing to say the least. @Hanungbramantyo," tulis Hannah melalui twitter mengungkap rasa kecewanya.

Selain di twitter, Hannah juga membahas komentar Hanung Bramantyo di insta stories. Ia memilih untuk melawan hal-hal yang berbau sexism yang muncul di dunia perfilman.

"Apparently us girls in the industri are only here for our "pretty faces" and don't need to do anything else eh? (Jadi kami para wanita dalam industri perfilman hanya ada di sini karena memiliki wajah cantik dan tidak perlu melakukan hal yang lainnya eh?)" tulis Hannah.

Rasa kecewa Hannah Al Rashid terkait komentar Hanung dan seruan melawan sexism. 姆nstagram.com/hannahalrashidRasa kecewa Hannah Al Rashid terkait komentar Hanung dan seruan melawan sexism. 姆nstagram.com/hannahalrashid

Postingan instagram stories Hannah dilanjutkan dengan postingan kata-kata, "Lawan Sexism," yang disertai dengan emoticon tangan mengepal.

Sementara sutradara Dimas Djayadiningrat sempat membuat polling apakah orang-orang setuju dengan pernyataan Hanung Bramantyo di insta stories. Pilihan Waras atau Edian muncul dalam postingan yang dibuatnya dan disertai berita yang menyajikan komentar Hanung.

"Temen sih temen, tapi sepertinya saya tidak setuju dengan statement beliau," tulis Dimas Djay.

Dimas Djay tidak setuju dengan pernyataan Hanung. 姆nstagram.com/dimas.djayDimas Djay tidak setuju dengan pernyataan Hanung. 姆nstagram.com/dimas.djay

Di sisi lain aktris cantik Tara Basro juga membahas berita tersebut dengan caption singkat, "Seriously" melalui insta stories.

Tara Basro bereaksi terhadap postingan Hanung. 姆nstagram.com/tarabasroTara Basro bereaksi terhadap postingan Hanung. 姆nstagram.com/tarabasro

Klarifikasi Hanung Bramantyo

Hanung pun sempat memberikan klarifikasi terkait berita yang beredar. Ia meminta maaf kepada Hannah Al Rashid dan mengatakan konteks ketika wawancara tidak seperti yang tercantum dalam pemberitaan. 

"So sorry 🙏🙏🙏. Konteks pada saat interview tidak begitu. Memang susah jika asal comot statement 😰," tulis Hanung melalui twitter

Selain itu Hanung memberikan 9 poin klarifikasi terkait pernyataan awalnya. Tidak hanya diposting di twitter, Hanung juga menguggahnya di instagram. 

Hanung Bramantyo berikan klarifikasi. 姆nstagram.com/hanungbramantyoHanung Bramantyo berikan klarifikasi. 姆nstagram.com/hanungbramantyo

"Klarifikasi atas artikel Kompas.com

1.Pernyataan yg tertulis diatas konteksnya adalah kenapa sy selalu bekerja dg Reza Rahadian. Tidakkah ada bibit baru?
2. Sy jawab : mudah mencari bibit baru tapi sulit mrenjadikannya populer. Seolah syaratnya banyak.
3. Meski memiliki kemampuan acting yg bagus, aktor pria tidak mudah meraih popularitas dikalangan pecinta film anak-anak muda.
4. Berbeda dg aktris yg hampir tiap 2-3th selalu muncul wajah baru.
5. Kalimat saya : ‘asal cantik doang’ jg sy sampaikan tidak dalam konteks yg serius spt yg dikutipkan.
6. Sy sadar bhw s’org aktor harus punya kemampuan menghidupkan jiwa pada tokoh yg diperankan. Tak sekedar menyoal tubuh.
7. Sayangnya wartawan sekedar mengutip begitu sj ucapan sy tanpa menyelipkan penjelasan konteksnya. 😰
8. Barangkali krn keterbatasan ruang yg disediakan untuk memaparkan berita.
9. Mohon maaf jika pernyataan sy t’kesan merendahkan profesionalisme aktor perempuan. Sungguh Itu bukan maksud saya. Salam hormat
( diambil dari pernyataan saya di Twiter )," tulisnya. 

Reaksi Artis Atas Klarifikasi Hanung:

Laudya Cynthia Bella & Ayushita berkomentar dalam postingan klarifikasi Hanung. 姆nstagram.comLaudya Cynthia Bella & Ayushita berkomentar dalam postingan klarifikasi Hanung. 姆nstagram.com

Persoalan yang muncul karena konteks yang hilang dalam pemberitaan sejatinya tak hanya pernah dialami oleh Hanung. Ada kalanya berita yang ada missleading dari pernyataan awal narasumber sehingga membuat salah paham. Sementara itu aktris cantik Laudya Cynthia Bella memilih memberikan dukungan kepada Hanung. 

"Karena kalau berita yang ditulis sesuai yang kita ucapakan. Beritanya tidak akan laku mas. #udahkebalsamaberita #istigfhar ajaaahhh!!" tulis Bella dalam komentar di postingan instagram Hanung.

Di sisi lain aktris Ayushita juga memberikan pendapatnya. Pemberitaan yang tidak valid sejatinya bisa berakibat fatal kepada narasumber yang diberitakan.

"Kayaknya memang sering mengutip yang sekedengerannya saja, sementara bisa kasih dampak besar bagi nara sumber #sigh," tulis Ayusitha di komentar. Well, semoga masalah ini tidak semakin membesar bisa diselesaikan ya.

(kpl/sjw)

Editor:

Ahmat Effendi


REKOMENDASI
TRENDING