Ronal: Indonesia Ini Lagi 'Pilek', Tapi Nggak Mau Sembuh

Senin, 25 Agustus 2014 16:21 Penulis: Guntur Merdekawan
Ronal: Indonesia Ini Lagi 'Pilek', Tapi Nggak Mau Sembuh Ronal/KapanLagi®
Kapanlagi.com - Kondisi Indonesia yang kini sudah menginjak usia lebih dari setengah abad, dinilai makin kritis oleh beberapa pihak. Hal itu tak lepas dari berbagai macam masalah yang dialami oleh negara ini, terutama kasus perseteruan panas pemilu 2014 yang hingga kini masih berbuntut panjang.

Menanggapi hal itu, Ronal Surapradja, mantan salah satu pemeran show komedi, EXTRAVAGANZA punya sebuah ungkapan sendiri. Menurutnya Indonesia itu seperti negara yang terserang 'pilek', tak mematikan tapi membuat produktivitas menurun. Ia cuma bisa berharap 'pilek' itu tak merambah jadi penyakit yang lebih mematikan.

"Nah masalahnya adalah, jangan sampai sakit Indonesia ini jadi kanker. Udah gitu, kanker ngobatinnya susah. Bangsa ini seneng memelihara pilek, nggak mau sembuh," ungkapnya saat dijumpai di markas Jak FM radio, Kuningan, Senin (18/8).

Ronal ibaratkan Indonesia tengah terserang pilek/KapanLagi®Ronal ibaratkan Indonesia tengah terserang pilek/KapanLagi®

Lebih jauh, Ronal menuturkan bahwa penyebab penyakit 'pilek' ini tak cuma satu atau dua pihak saja. "Semuanya lagi nggak sehat jiwa raga (dari segala aspek)," tuturnya.

Ronal juga membandingkan Indonesia yang sekarang dengan dulu. Jaman dahulu, Indonesia ia gambarkan punya banyak sosok yang berani, tegar, dan tak pernah pamrih dalam menolong.

"(Sekarang) Belum ada yang seperti mereka, mereka sudah teruji. Dipenjara ya dipenjara, dieksekusi ya dieksekusi. Mereka itu buat negeri ini sudah tidak bisa diragukan lah," jelasnya lebih lanjut.

Jika kamu pengen cari tahu lebih detail mengenai wawancara dengan Ronal seputar perkembangan Indonesia, bisa langsung bertolak ke sini...

(kpl/mdk/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING