SELEBRITI

Sederet Fakta Mak Beti, Karakter Kocak yang Ikut Ramaikan JICOMFEST 2019

Selasa, 11 Juni 2019 13:03 Penulis: Louvina Gita

Mak Beti (credit: Youtube.com/Arif Muhammad)

Kapanlagi.com - Nama Mak Beti pasti sudah nggak asing buat kebanyakan orang. Karakter satu ini memang cukup menyita perhatian. Di balik kesuksesan sosok Mak Beti yang muncul pertama kali di tahun 2015, ada perjuangan Arif Muhammad di belakangnya.

Pria asal Medan itu kini sudah punya lebih dari 5 juta subscriber di akun youtubenya. Mau tahu apa saja fakta seputar Mak Beti? Simak selengkapnya di sini!

 

 

 

 

 

1. Sumber Inspirasi

Arif Muhammad menciptakan karakter Mak Beti saat dirinya bekerja di Abu Dhabi. Saat itu ia yang bekerja sebagai housekeeping merasakan rindu pada kampung halamannya. Berada jauh dari kampung, Arif hanya dibantu alarm untuk bisa bangun pagi.

Suasana kampungnya yang selalu ramai di pagi hari karena suara tetangga kemudian menginspirasi Arif untuk menciptakan tokoh Mak Beti ini. Ada yang rajin ngikutin video terbaru Mak Beti nggak nih KLovers?

2. Awal Mula Berkarya

Mendapat jatah kerja di siang hari, Arif menyempatkan untuk menciptakan karya sebelum melakukan kewajibannya bekerja. "Pagi bikin video, terus mandi, habis itu siangnya berangkat kerja," tutur Arif Muhammad seperti dilansir Brilio.net.

Di awal mula Arif membangun karakter Mak Beti, ia hanya memanfaatkan kamera handphone sebagai alat perekam. "Pakai handphone, iya pakai tripod dan kamera depan (handphone)," ceritanya dalam salah satu vlog yang diunggah Arief Muhammad.

 

3. Karakter Asli

Bukan sekedar tokoh fiktif, ternyata karakter seperti Mak Beti memang ada di dunia nyata lho KLovers. Meski tak 100% sama, Arif menyebut kalau ada Mak Beti asli.

"Jadi ada mamak-mamak karakter persis kayak Mak Beti. Tapi nggak selebay kayak Mak Beti sih. Jadi kalau di tetangga aku ada karakternya seperti Mak Beti tapi nggak lebay kali. Kalau ngomong itu ya merot-merotnya ada," pungkasnya.

4. Sifat Mak Beti

Buat yang masih belum terlalu kenal sama sosok Mak Beti. Ini lho sifat dari karakter satu ini. "Satu cerewet, suka marah sama anaknya, tapi sayang sama anaknya sih," kata Arif.

5. Ditentang Ibu

Meski kini sudah merasakan nikmatnya kesuksesan berkat karakter yang ia buat, ternyata Arif pernah ditentang oleh sang ibu. Bukan tanpa alasan, berperan menjadi sosok perempuan adalah hal yang dipermasalahkan oleh ibundanya.

"Kalau mamak aku dulunya memang nggak setuju bang. Jadi kayak tiba-tiba dia (ibu) skype gitu kan, 'Bang kalau bikin video itu jangan pakai-pakai wig, itu nggak boleh, dimarahi Allah, ini ini ini' gitu," kenang Arif.

6. Pernah Jijik

Walaupun sudah merasakan kepopuleran berkat Mak Beti, nyatanya Arif pernah merasa jijik saat memerankan karakter yang ia ciptakan itu. Perasaan itu muncul karena dia sering disangka gay dan banci.

"Kesulitannya, sebenarnya dari awal-awal aku jijik sebenarnya Bang meranin Mak Beti. Karena orang tu memandang aku banci, atau ni orang gay gitu. Padahal aku dalam diriku tu nggak ada. Paling jijik dan paling nggak suka ketika ada Arif dipanggil Mak Beti," ujarnya.

7. Lebih Dikenal Ketimbang Arif

Sebagai penciptanya, Arif Muhammad ternyata juga sempat merasakan iri pada tokoh buatannya itu. Bagaimana tidak, masyarakat lebih banyak mengenal Mak Beti ketimbang nama aslinya.

Ketika diundang ke berbagai acara pun, Arif diminta untuk memakai daster khas Mak Beti. "Terkadang merasa cemburu sama Mak Beti karena lahannya diambil dia semua," tuturnya.

Nah buat yang penasaran sama penampilan langsung dari Mak Beti, jangan lewatkan JICOMFEST 2019 yang bakal hadir pada 3-4 Agustus 2019 mendatang. Tiketnya juga bisa langsung kalian pesan di sini.


REKOMENDASI
TRENDING