SELEBRITI

Sudah Ikuti Prosedur, Polisi Bantah Tangkap Paksa Dokter Richard Lee

Kamis, 12 Agustus 2021 17:45

Dokter Richard Lee ditangkap © instagram.com/dr.richard_lee

Kapanlagi.com - Beredar kabar kalau polisi menangkap Richard Lee secara paksa di rumahnya daerah Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (11/8). Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, penangkapan Richard Lee sudah sesuai dengan prosedur.

"Sudah sesuai mekanisme. Yang bersangkutan (Richard Lee) sempat tidak mau dibawa penyidik sehingga ada upaya paksa. Kami datang membacakan hak yang bersangkutan, tetapi tidak mau ikut sehingga dilakukan upaya paksa," ucap Yusri di Polda Metro Jaya, Kamis (12/8).

Richard Lee dijemput polisi untuk menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Penjemputan Richard Lee dilakukan penyidik Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

"Penjemputan (Richard Lee) ini hasil pendalaman penyidik," kata Yusri Yunus.

1. Bukan Karena Laporan Kartika Putri

Dokter Richard Lee diketahui pernah berseteru dengan Kartika Putri terkait produk kecantikan. Kartika Putri akhirnya melaporkan Richard Lee ke Polda Metro Jaya.

Namun, ternyata bukan itu alasan polisi mengamankan Richard Lee. Dokter sekaligus influencer kesehatan tersebut diduga melanggar UU ITE dan melakukan ilegal akses dan menghilangkan barang bukti. Penyidik menemukan adanya ilegal akses di akun media sosial Instagram dan Twitter pribadinya.

"Perkara ini bukan pencemaran nama baik yang dilaporkan saudari K (Kartika Putri)," ucap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Kamis (12/8).

"Terjadi ilegal akses dan pencurian (barang bukti) yang dilakukan RL," Yusri Yunus menambahkan.

2. Tidak Kooperatif Saat Akan Dibawa Penyidik

Saat hendak diamankan, lelaki yang berprofesi sebagai dokter itu tak kooperatif dan tak mau ikut dengan polisi. Akhirnya pihak kepolisian melakukan tindakan tegas dengan cara menggotong Richard Lee.

"Sudah sesuai mekanisme. Yang bersangkutan (Richard Lee) sempat tidak mau dibawa penyidik sehingga ada upaya paksa. Kami datang membacakan hak yang bersangkutan, tetapi tidak mau ikut sehingga dilakukan upaya paksa," pungkasnya.

Penangkapan Richard Lee juga sempat didokumentasikan Istri Richard Lee, Reni Effendi dan diunggah di akun Instagramnya, @renieffendi24. Tampak dalam rekaman video tersebut, Reni tak terima suaminya ditangkap.

"Tolong Pak, jelaskan dulu kenapa suami saya ditangkap," kata Reni dalam Instagram story-nya.

"Suami saya bilang tunggu pengacara saya datang, tapi nggak tahu kenapa bapak-bapak (polisi) ini main tangkap paksa saja," tulis Reni.

"Suami saya bukan kriminal, bukan teroris, bukan koruptor," sambungnya.


REKOMENDASI
TRENDING