Sudut Pandang Kritis Uus Terkait Isu Terorisme di Surabaya

Rabu, 16 Mei 2018 23:15 Penulis: Guntur Merdekawan
Sudut Pandang Kritis Uus Terkait Isu Terorisme di Surabaya Uus / Credit: KapanLagi

Kapanlagi.com - Insiden pengeboman yang terjadi di beberapa lokasi di Surabaya masih jadi breaking news di seluruh lini media massa hingga media sosial. Tragedi berdarah ini memang cukup mengerikan, di mana ada beberapa teroris yang melakukan aksi bom bunuh diri, sehingga memakan puluhan nyawa. Bahkan, beberapa lokasi yang jadi sasaran pengeboman adalah gereja.

Tentunya banyak yang mengutuk aksi terorisme keji itu. Namun hal ini juga memancing perdebatan mengenai isu yang cukup sensitif, yakni agama. Dan komedian Uus yang dikenal ceplas-ceplos dalam setiap cuitannya, ikutan menuangkan apa yang ada dalam pikirannya.

Bahkan, Uus terlihat seakan-akan menyindir beberapa pihak sekaligus dalam rentetan tweet-nya. Tak cuma para ustaz, pria berkepala plontos itu juga membawa-bawa profesi artis hingga gubernur. Tentunya, Ia menulis cuitannya itu dengan bahasa sarkas yang santai.

Cuitan Uus / Credit: Twitter - uusbiasaajaCuitan Uus / Credit: Twitter - uusbiasaaja

"Teroris diliat dari perbuatannya bukan agamanya. Kalo gubernur yang diliat agamanya bukan perbuatannya. Ini lucu banget sih tadi siapa tuh yang ngetwit," tulis Uus pada salah satu cuitannya.

Lebih jauh, pria bernama lengkap Rizky Firdaus Wijaksana ini sedikit bercerita jika dulu Ia pernah jadi saksi mata dari temannya yang kena 'cuci otak' atau doktrin dari salah satu pemuka agama. Karena itu, Uus tidak setuju jika ada yang bilang para teroris itu tidak beragama.

Uus sebut beberapa orang itu munafik / Credit: Twitter - uusbiasaajaUus sebut beberapa orang itu munafik / Credit: Twitter - uusbiasaaja

"Gua udah pernah liat sendiri temen gua jadi korban cuci otak di Jatinangor. Jadi jangan pernah bilang teroris itu ga beragama! Sotoy lu pada! Denial lu pada! Munafik!!" sambungnya di cuitan lain.

Yang tak kalah bikin heboh adalah tweet Uus mengenai para artis hijrah, hingga ustaz yang berpikiran radikal. Hingga berita ini diturunkan, cuitannya itu mengundang ribuan likes, komen dan juga retweet.

Sindiran Uus untuk para artis hijrah / Credit: Twitter - uusbiasaajaSindiran Uus untuk para artis hijrah / Credit: Twitter - uusbiasaaja

"Artis-artis yang udah hijrah ini. Aman. Tetep laku. Endorsan banyak. Sering posting ustad favorit. Ternyata ustadnya menanam bibit radikal. Terus diem aja. Tida menyuarakan apapun. Takut dibully. Pengennya dipuji terus," tulis Uus.

Uus tanggapi para haters / Credit: Twitter - uusbiasaajaUus tanggapi para haters / Credit: Twitter - uusbiasaaja

Sudah bisa ditebak jika postingan 'kontroversial' Uus di atas bakalan mendapatkan kecaman tajam dari sejumlah pihak. Namun Uus tak tinggal diam. Terlihat beberapa kali Ia membalasi komentar dari para haters dengan bahasanya yang santai, namun tetap penuh sarkas.

(kpl/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING