Terjun Membersihkan Kali, Giring Nidji Salut Pada Pasukan Orange

Senin, 16 Januari 2017 18:15 Penulis: Girindra Permana Cahya
Terjun Membersihkan Kali, Giring Nidji Salut Pada Pasukan Orange Giring Ganesha © FB Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta

Kapanlagi.com - Vokalis Nidji, Giring Ganesha tak menyangka bahwa aksinya terjun menjadi pasukan orange dadakan akan diketahui oleh awak media. Aksi ini baginya merupakan tanda terima kasihnya sebagai warga Jakarta atas jasa pasukan orange.

"Saya jujur aja ya, saya gak tau. Saya kan gak posting sama sekali di sosmed saya. Cuma kok tiba-tiba lho kok ada di FB, ternyata dinas kebersihan posting. Lama-lama wartawan kok pada tahu, padahal saya gak ada niat apa-apa. Hanya saya bagian dari warga Jakarta, berterimakasih ke pasukan orange," ujarnya saat ditemui di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (15/1).

Tak hanya ikut bersih-bersih, Giring juga mendapatkan obrolan menarik saat bertemu dengan para pasukan orange. Salah satunya adalah orang-orang yang merendah bahwa mereka hanya tukang sampah, tapi Giring menganggapnya lebih karena mereka adalah sosok-sosok yang punya andil dalam bersihnya Jakarta.

"Ada yang mereka bilang gini, "Bang, kita kan cuma tukang sampah". Gue bilang, "Lo mah bukan tukang sampah, lo pahlawan. Lo gak liat jakarta apa? Jakarta sekarang bersih, gara-gara lo semua. Lo tu sekarang sudah naik pangkat, naik kelas. Dan semua warga DKI itu sayang sama pasukan orange." "Gitu ya bang ya?". "Iya, jadi lu harus bangga". Gue jujur aja ya, gue selama di sana itu auranya positif. Maksud gua, gua angkut sampah kerjasama sama yang kesadaran persaudaraannya tinggi banget. Kompak banget," ceritanya panjang.

Giring dapatkan banyak pengalaman saat menjadi bagian dari Pasukan Orange © FB Dinas Lingkungan Hidup DKI JakartaGiring dapatkan banyak pengalaman saat menjadi bagian dari Pasukan Orange © FB Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta

Dalam bekerja, Giring melihat bahwa pasukan orange melakukannya tanpa beban. Ia melihat bahwa peran pemerintah yang memperhatikan nasib pasukan orange dengan memberi fasilitas yang lebih kepada mereka membuat pasukan orange makin semangat bekerja.

"Dan mereka semua ngerjainnya happy loh, ketawa-ketawa. Gue mikir mereka gini kenapa ya. Oo, ternyata mereka kayak gini karena setelah bertahun-tahun akhirnya mereka dihargai sama pemerintah, dikasih fasilitas sama pemerintah," cerita Giring.

Tak ada sama sekali komplain yang mendarat ke telinga Giring. Kiranya, hanya satu saja harapan dari pasukan orange yang didengar olehnya yakni agar warga Jakarta tidak lagi membuang sampah sembarangan.

"Kalau boleh jujur ya, tidak ada curhat sama sekali. Enggak. Mau mereka cuma satu, mudah-mudahan warga DKI nggak buang sampah sembarangan. Itu doang. Gue tanya "Gaji gimana bang?", "Oh, gaji ok, ump. Kesehatan ada BPJS", wah gokil ya? Mereka tidak komplain sama sekali ke pemerintah. Yuk, kita sama-sama bikin warga Jakarta aware lagi tentang kebersihan," kata Giring.

(kpl/aal/otx)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING