SELEBRITI

Tunjukan Itikad Baik, Akhirnya Pihak Warkopi Sampaikan Permintaan Maaf Pada Indro dan Lembaga Warkop DKI

Rabu, 13 Oktober 2021 14:54 Penulis: Editor KapanLagi.com

Warkopi & Indro Warkop (Credit: KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya/Bayu Herdianto)

Kapanlagi.com - Warkopi akhirnya angkat bicara soal perseteruan dengan Indro Warkop. Pihak Warkopi secara resmi sampaikan permintaan maaf terbuka untuk Indro dan Lembaga Warkop DKI atas kegaduhan yang tercipta, di kawasan Sawangan, Jawa Barat, (24/9) Jumat sore. Permintaan maaf terbuka disampaikan oleh Ali Juys, selaku humas dan Patria TV yang menaungi kegiatan komersial Warkopi. Tak hanya itu, ada beberapa poin yang disampaikan oleh pihak Warkopi terkait perkara ini, salah satunya permintaan maaf.

"Pertama surat permintaan maaf terbuka untuk Om Indro juga lembaga Warkop atas kegaduhan yang udah terjadi," ungkap Ali Juys. Permintaan maaf tersebut terkait kekisruhan yang terjadi antara Indro Warkop dan grup yang mirip Warkop DKI, Warkopi. Selain menyeret hak cipta, Warkopi disebut tak punya itikad baik untuk meminta izin sebelum melakukan kegiatan komersial.

Sebelumnya, kemunculan Warkopi menyita perhatian publik. Pasalnya, ketiganya mengidentifikasi diri mirip dengan pelawak legendaris Warkop DKI. Hal tersebut membuat Lembaga Warkop DKI dan Indro sendiri sindir grup tersebut. Bukan permasalahan kemunculan atau pun kemiripan, Indro bicara soal hak intelektual dan etika grup yang terdiri dari Sepriandi, Dimas, dan Alfin tersebut.

Belum minta izin, ketiganya mengomersialisasikan diri di beberapa acara reality show TV swasta hingga membuat acara sketsa di channel Youtube. Indro menyebut Warkopi tak hargai perjuangan Warkop DKI. Sebab, bukan tentang mengaku mirip, Indro bicara tentang brand dan Lembaga Warkop DKI sebagai pemegang hak eksklusif yang sah dan telah menghidupi anak-anak dari ketiga pelawak Warkop DKI, Dono, Kasino, dan Indro.

"Bukan mau menyetop rezeki sama sekali enggak. Demi Allah, demi Rasulullah. Jadi, saya menginginkan ini titik tolak kesadaran orang terhadap hak kekayaaan intelektual," ungkap Indro saat jumpa pers virtual, Senin (20/9/2021). Indro pun sekaligus memberi penegasan tentang perbedaan parodi dan plagiarisme untuk mengedukasi masyarakat bahwa dirinya sama sekali tak menghalangi siapa pun untuk berkarya, namun harus tetap sesuai etika.

1. Warkopi Hiraukan Sindiran Indro

Eksisnya Warkopi yang meniru gaya Warkop DKI tersebut kemudian membuat ketiganya membuat sketsa komedi di channel Youtube Patria TV. Tak hanya sketsa komedi, ternyata ketiganya juga membuat konten yang berisi komersial dan promosi kegiatan. Usai ditegur dan disindir oleh Indro Warkop, pihak Warkopi pun menanggapi bahwa mereka dibentuk manajemen dan telah meminta izin. Ketiganya pun merasa tak pernah mengaku mirip dengan Warkop DKI, tetapi hal tersebut muncul atas julukan warganet.

Dihujat netizen habis-habisan, salah satu personil Warkopi, Alfin, yang disebut mirip Indro juga menanggapi kritik yang dilontarkan kepada mereka. "Haters make me famous," ungkapnya saat live Instagram di akun pribadinya. Pernyataannya tersebut justru membuat warganet makin geram dengan pernyataan Alfin yang kontra.

 

2. Minta Maaf

Usai polemik yang panjang, akhirnya Warkopi memberikan pernyataan permohonan maaf kepada Lembaga Warkop DKI. Permintaan maaf ini disampaikan sebagai tanggapan dari pernyataan Indro Warkop yang keberatan dengan tindakan komersial Warkopi tanpa izin.

"Kami minta maaf yang sebesar-besarnya apabila dianggap melukai, mencederai ataupun membuat kegaduhan dan menyinggung," lanjutnya. Bahkan Aly menyebut pihaknya akan menghapus semua konten Warkopi di kanal Patria TV. Hal tersebut sesuai dengan hal yang pernah disyaratkan Indro dan Lembaga Warkop DKI.

"Mengenai diskusi terbuka yang sempat disampaikan Om Indro. Dengan itikad baik ini, dengan keseriusan, kami sudah take down semua konten kami Warkopi. Di televisi juga stop dulu, untuk menghormati," ujarnya. Menurutnya, hal tersebut adalah bentuk itikad baik dari manajemen Warkopi untuk menghentikan semua kegiatan yang bersifat komersial di industri hiburan. Itu dilakukan atas dasar tak ingin menyakiti perjuangan Warkop DKI dan Indro.

 

 


REKOMENDASI
TRENDING