SELEBRITI

Viral Influencer Tuding Salah Satu Komunitas Pecinta Kucing Gelapkan Dana Donasi, Ini Kronologinya

Jum'at, 31 Juli 2020 23:01 Penulis: Sanjaya Ferryanto

Kapanlagi/Irfan Kafril

Kapanlagi.com - Belum lama ini salah satu influencer sekaligus aktivis pecinta hewan, Kristian Adi Wibowo alias Joshua Pale menuding satu yayasan pecinta hewan milik Bimbim menggelapkan dana donasi senilai Rp 3 miliar. Hal itu lantaran Bimbim disebut tidak terbuka atas donasi tersebut.

"Ada satu komunitas dimana mereka menggalang donasi, yang dipimpin oleh saudara Bimbim atau Wahyu Winono. Beliau menerima donasi dengan masuk ke rekening pribadi. Dan itu tidak pernah diaudit," ujar pihak Kristian Adi Wibowo diwakili Razman selaku kuasa hukum saat menggelar jumpa pers di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan belum lama ini.

Oleh karena itu, untuk menanggapi tudingan tersebut membuat Bimbim atau Wahyu Winono yang merupakan Founder Cat Lovers in The World (CLOW) angkat bicara dan mengklarifikasi untuk mempertanyakan terkait penggelapan dana yang dituduhkan. Meskipun ia mengaku tak mengetahui pasti jumlah total yang dihasilkan dari penggalangan dana tersebut, Bimbim memang memperkirakan dana yang terkumpul bisa ratusan juta, sekali lagi ia menekankan hanya mendapatkan dana sebesar Rp75 juta, sesuai dengan kontrak.

"Saya punya kontrak di bulan Februari untuk penggalangan dana rumah kucing Tomohon. Dari surat tersebut saya hanya mendapatkan dana Rp75 juta," ungkap Bimbim saat ditemui Di kawasan Ampera, Jakarta Selatan, (30/7) Kamis sore.

 

1. Masuk ke Rekening Pribadi

Pria berkacamata itu juga menjelaskan dana yang diberikan oleh pihak Kitabisa langsung masuk ke rekening pribadinya. Selain tu, Bimbim juga mengatakan bahwa tidak mungkin data dari donatur dishare ke publik tanpa izin dari si donatur itu sendiri.

"Karena pihak Kitabisa sudah mensurvei bangunan yang saya buat. Tapi dana itu bukan murni dari sumbangan donasi publik. Saya mendapatkan sponsor dari beberapa orang dengan dana yang cukup besar, dan itu laporannya langsung ke pihak donatur. Kami juga tak mungkin mempublish kecuali donatur yang meminta," tuturnya.

2. Bukan Kali Ini Saja

Ternyata, tuduhan miring dari Joshua Pale dikatakan oleh Bimbim bukan kali ini saja. Sebelumnya ia juga sempat dituduh menerima uang suap Rp25 juta dari kasus di Samarinda, tapi saat Bimbim meminta klarifikasi, Joshua tidak bisa memberikan penjelasannya.

"Saya mengurus kasus di Samarinda seekor kucing yang digigit pitbull berpemilik. Dan itu divideoin secara langsung. saya tidak menerima suap itu sampai hari ini. Saya bahkan meminta dia (Joshua) untuk membuktikan, karena hal-hal seperti itu kan sensitif," tutupnya.

(kpl/irf/frs)

Reporter: Irfan Kafril


REKOMENDASI
TRENDING