KPI Layangkan Sanksi Penghentian Sementara Program TV 'DAHSYAT'

Kamis, 30 Maret 2017 09:38 Penulis: Ayu Srikhandi
KPI Layangkan Sanksi Penghentian Sementara Program TV 'DAHSYAT' Raffi Ahmad © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - KPI (Komisi Penyiaran Indonesia ) Pusat resmi memberikan sanksi peringatan untuk DAHSYAT yang tayang di RCTI. Program ini pun akan berhenti sebanyak tiga kali jam tayang. DAHSYAT diungkapkan melanggar aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI.

“Selama menjalankan sanksi tersebut, RCTI tidak diperkenankan menyiarkan program dengan format sejenis pada waktu siar yang sama atau waktu yang lain, sesuai dengan Pasal 80 ayat (2) SPS KPI Tahun 2012,” ungkap komisioner sekaligus Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat, Hardly Stefano.

Dalam surat yang dilayangkan, DAHSYAT mendapat sanksi penghentian sementara tiga kali jadwal tayang, yakni 12, 14, dan 19 April 2017 nanti. Sanksi yang dijatuhkan karena mereka kedapatan menayangkan konten dengan bahasa yang dinilai tidak sopan pada episode 28 Februari 2017 pukul 09.11 dan 1 Maret 2017 pukul 08.49.

Pengumuman sanksi KPI pada DAHSYAT. ©instagram/kpipusatPengumuman sanksi KPI pada DAHSYAT. ©instagram/kpipusat

Menurut keterangan yang dirilis dari website KPI, DAHSYAT menggunakan kata-kata yang merendahkan seperti p'a, pangeran sawan, ular kadut, dan jenglot. Ada juga adegan yang dianggap tak layak, yakni seorang pria mengendarai mobil dengan maju, mundur, dan rem mendadak dengan kondisi terdapat pria lain di dalam bagasi.

Pelanggaran ini pun dikategorikan sebagai pelanggaran kehormatan terhadap nilai dan norma kesusilaan, perlindungan terhadap anak, serta penggolongan program siaran. Hardly Stefano merasa tak seharusnya konten seperti di atas masuk dalam tayangan TV.

Menurutnya, kata-kata dan tindakan tersebut dikhawatirkan akan banyak ditiru oleh pemirsa. Semoga dengan peringatan ini kualitas tayangan yang bersangkutan lebih baik lagi.

(kpl/jje)

Editor:

Ayu Srikhandi


REKOMENDASI
TRENDING