BOLLYWOOD

Kehidupan Nyata Phunsukh Wangdu '3 IDIOTS', Seru Penuh Inspirasi

Wulan Noviarina  |  Rabu, 23 November 2016 06:38

Kehidupan Nyata Phunsukh Wangdu '3 IDIOTS', Seru Penuh Inspirasi

Kapanlagi.com - Salah satu film paling sukses dalam sejarah Bollywood adalah 3 IDIOTS yang dibintangi oleh Aamir Khan dan Kareena Kapoor. Dalam film ini, Aamir memerankan karakter Phunsukh Wangdu, seorang mahasiswa nyentrik namun amat cerdas dan punya banyak ide brilian.

Tak banyak yang tahu bahwa film 3 IDIOTS terinspirasi dari seorang sosok yang ada di kehidupan nyata bernama Sonam Wangchuk. Ia adalah seorang insinyur teknik mesin yang tinggal di kawasan Ladakh, Pegunungan Himalaya.

Sama seperti karakter yang diperankan oleh Aamir Khan di 3 IDIOTS, Sonam Wangchuk adalah seorang ilmuwan yang nyentrik dan punya cara sendiri untuk mengajar anak-anak. Sepanjang hidupnya, Sonam melakukan banyak penelitian dan penemuan, dan baru-baru ini ia mendapatkan penghargaan Rolex Award for Enterprise karena usahanya untuk menyediakan pasokan air bagi warga Ladakh di musim kering.

Secerdas karakternya di film, beginilah kehidupan Sonam di dunia nyata...

Sonam Wangchuk, sosok inspirasi lahirnya Phunsukh Wangdu di 3 IDIOTS ©storypick.comSonam Wangchuk, sosok inspirasi lahirnya Phunsukh Wangdu di 3 IDIOTS ©storypick.com


Sempat Dianggap Anak Bodoh

Sonam lahir 1 September 1966 di UleyTokpo, dekat Alchi, Ladakh yang merupakan jalur Trans Himalaya. Desa ini amat kecil, hanya dihuni oleh lima kepala keluarga dan tak punya sekolag. Sonam kecil hanya mendapatkan pengetahuan dari bibir ibunya dan tak mengenyam pendidikan sampai ia berusia 8,5 tahun.

Kehidupannya mulai berubah ketika dibawa sang paman pindah ke Nubra dan mulai mencicip bangku sekolah. Hanya dalam waktu enam bulan sejak masuk sekolah, guru menyarankan Sonam untuk langsung duduk di kelas 3 bersama para murid seusianya karena ia dianggap punya kecerdasan yang sama dengan mereka yang memulai pendikannya di usia 6 tahun.

Dari Nubra, Sonam dipindahkan ke Srinagar, kota tempat ayahnya bekerja. Ayah Sonam adalah seorang politisi yang kemudian jadi seorang menteri di kawasan tersebut.

Namun di Srinagar Sonam dianggap sebagai anak yang aneh lantaran bahasannya berbeda. Masalah bahasa ini membuat Sonam sulit untuk menerima pelajaran dengan baik, dan akhirnya dianggap sebagai anak yang bodoh.

Tak tahan dengan perlakuan guru dan teman sekolahnya, Sonam pindah ke Delhi dan mulai sekolah di Vishesh Kendriya Vidyala. Di sinilah kemampuan Sonam terasah, dan akhirnya bisa masuk ke National Institute of Technology.

Upaya Mengubah Sistem Pendidikan

Seperti karakternya di 3 IDIOTS, Sonam di dunia nyata pun bercita-cita untuk mengubah sistem pendidikan. Ia memulainya dengan memberikan pelajaran bagi mahasiswa yang kerap gagal ujian namun ia melihat bahwa sebenarnya mereka punya potensi yang amat besar.

Sonam mengajari para mahasiswa ini pelajaran yang bisa memberikan manfaat untuk orang banyak. Ia tak mau orang yang ia ajari hanya jadi sekedar insinyur, tapi tak punya kemampuan apa-apa.

Punya Sekolah

SECMOL, sekolah dengan energi matahari milik Sonam ©Princeton UniversitySECMOL, sekolah dengan energi matahari milik Sonam ©Princeton University

Ingat kan dengan ending 3 IDIOTS? Di sana Punsukh dikisahkan punya sekolah sendiri di kawasan Himalaya. Demikian pula dengan Sonam, yang usai menyelesaikan kuliahnya memilih pulang ke Ladakh dan mendirikan sekolah bernama Students Educational and Cultural Movement of Ladakh (SECMOL).

Sekolah ini berdiri dengan memanfaatkan sumber daya matahari sepenuhnya. Untuk semua keperluan, mulai dari listrik sampai penghangat ruangan, semua memakai energi matahari.

Sekolah ini sukses memenangkan Terra Awards 2016 untuk kategori bangunan terbaik. Dibangun dengan teknik tradisional yang sederhana dan murah, namun sekolah ini bisa memanfaatkan tenaga matahari dengan sangat baik dan membuat siswa belajar dengan tenang di ruangan yang hangat meski suhu udara di luar bisa mencapai -30 derajat celcius.

Inovasi Untuk Masyarakat

Inovasi Sonam untuk masyarakat ©storypick.comInovasi Sonam untuk masyarakat ©storypick.com


Sejak tahun 2014, Sonam memulai proyek Ice Stupa untuk membantu sistem irigasi warga di sekitar Ladakh. Selama ini petani di sana selalu mengalami krisis air selama bulan April dan Mei, di mana matahari belum bersinar dengan sempurna dan membuat es tidak bisa mencair. Sementara pada musim panas, es mencair terlalu cepat dan membuat petani kehabisan air bahkan sebelum musim panas usai.

Dari sinilah Sonam memiliki ide untuk membuat Ice Stupa. Bersama murid-muridnya, pada musim dingin 2013 Sonam membekukan air sebanyak 150.000 liter. Menggunakan pipa hulu yang memanfaatkan gravitasi Bumi, air itu mengalir dan menjadi hujan kecil di satu titik. Air itu membeku sebelum menyentuh tanah dan membentuk gundukan seperti stupa. Inilah yang kemudian disebut Sonam sebagai Ice Stupa.

Gundukan es beku ini akan mencair pada bulan Mei kala matahari mulai memanas dan memberikan sumber air pada warga ketika diperlukan. Ide ini ternyata sukses, ladang-ladang kering di kawasan yang selama ini tak tersentuh air mulai menghijau dan petani tak lagi kekurangan air di musim tanam.

Dapat Penghargaan

Inilah Ice Stupa, yang bakal mengalir ketika matahari mulai muncul ©storypick.comInilah Ice Stupa, yang bakal mengalir ketika matahari mulai muncul ©storypick.com


Atas idenya, Sonam dianggap sudah membantu menyelamatkan lingkungan. Ia pun diundang Pemerintah Swiss untuk membuat Ice Stupa di kawasan Pegunungan Alpen yang mengalami masalah sama dengan Himalaya.

Sonam pun mendapatkan penghargaan dari Rolex Award, yang tidak hanya memberinya uang tapi juga jam dengan grafir nama spesial di belakangnya.

Saat ini Sonam sedang berjuang mengumpulkan donasi untuk proyek Ice Stupa-nya. Rolex sudah mendeklarasikan bakal jadi sponsor tetap proyek ini, dan Sonam berharap akan dapat lebih banyak dukungan demi alam yang lebih baik.



Yang Ini Juga Tak Kalah Hot!!!

Aamir Khan: Orangtuaku Tak Ingin Aku Jadi Aktor, Tapi Jadi...
Satria Aktor FTV Indonesia Sukses Temui Kareena & Aamir di Mumbai
Cerita Shahrukh Khan, Cintanya Pada Fans & Belenggu Popularitas
Bukti Akur, SRK dan Gauri Khan Rayakan Diwali di Rumah Aamir Khan
Tayang Duluan, Teaser Film SRK Kalah Dari Trailer Aamir Khan



(kpl/phi)

Rekomendasi Pilihan



Di posisi kedua ada aktor berbadan kekar, Aamir Khan. Gaji Aamir untuk sebuah film Rp 5,9 Miliar dengan pemasukan dari iklan Rp 1,25 Miliar.
10 Foto


Lihat Arsip Bollywood

- - -