in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

8 Penyanyi Dangdut Yang Menorehkan Banyak Penghargaan, Ada Yang Dari Luar Negeri

Minggu, 02 Juni 2019 13:02 Penulis: Dhimas Nugraha

Ayu Ting Ting dan Via Vallen ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Penyanyi dangdut Indonesia memang luar biasa. Mereka mampu menyandingkan nama mereka di jajaran diva atau divo musik pop di Indonesia. Banyaknya penghargaan yang mereka raih menjadi salah satu bukti bahwa musik dangdut memiliki tempat di jajaran musik-musik populer seperti pop, jazz, rock dan folk yang sedang ramai saat ini.

Tak hanya penghargaan dari ajang bergengsi dalam negeri, mereka ini juga mendapatkan penghargaan dan apresia dari luar negeri. Ada yang mendapat penghargaan dalam bentuk apresiasi piala hingga pemberian gelar terhormat.

Nah, penasara siapa saja mereka? Berikut ini deretan pedangdut Indonesia yang menorehkan banyak penghargaan sejak pertama kali mereka debut sebagai penyanyi dangdut di layar kaca.

 

 

 

1. Siti Badriah

Lagu Lagi Syantik membawa Siti Badriah meraih banyak penghargaan. Ia pernah sekali meraih penghargaan di AMI Awards tahun 2017. Dan di tahun 2018 menjadi tahun emas untuk Sibad.

Tahun tersebut, Sibad berhasil menorehkan banyak penghargaan. Satu dari rekor MURI dan satu lagi dari luar negeri lho. Lagu Lagi Syantik Siti Badriah berhasil meraih penghargaan di Best ASEAN Economic Community Song di Thailand tahun 2018. 

2. Nassar

Sebagai jebolan KDI, Nassar menunjukkan kualitasnya sebagai juara 1. Setelah menjuarai kompetisi dangdut tersebut, Nassa meraih banyak penghargaan.

Bahkan ia mampu meraih penghargaan tersebut dua kali selama tiga tahun. Nassar berhasil meraih penghargaan di SCTV Music Awards 2014 dan 2016. Total penghargaan Nassa saat ini sekitar 8. Belum lagi yang dari luar dangdut masih ada beberapa lagi.

3. Inul Daratista

Sebagai Diva Dangdut tanah air, Inul Daratista memiliki cukup banyak penghargaan. Sejak pertama kali debutnya di layar kaca hingga vakum beberapa tahun dari dunia dangdut Inul setidaknya sudah mendapatkan 9 penghargaan bergengsi.

Inul berhasil menyabet empat penghargaan AMI Awards tahun 2003. Tak hanya itu saja, beberapa tahun kemudian meraih penghargaan SCTV Music Award di tahun 2015.

Dan terakhir tahun 2018 ia mendapatkan penghargaan sebagai Wanita Inspiratif. Padahal saat itu ia baru saja vakum cukup lama dari dunia dangdut. Total sampai saat ini Inul sudah mengumpulkan sekitar 11 penghargaan.

4. Cita Citata

Cita Citata termasuk pedangdut pendatang baru yang cukup sukses. Sejak debutnya sekitar tahun 2012 lalu hingga saat ini, setidaknya Cita sudah menorehkan sekitar 10 penghargaan. Tak hanya itu saja, bahkan di salah satu ajang penghargaan Cita Citata berhasil memborong banyak penghargaan.

Tahun 2015 dengan lagu Sakitnya Tuh Di Sini, Cita Citata berhasil memborong tiga penghargaan AMI Award. Luar biasa bukan.

5. Ikke Nurjanah

Penyanyi dangdut senior ini juga menorehkan banyak prestasi. Tak hanya dari dalam negeri tapi dari luar negeri. Tercatat ada sekitar 17 penghargaan yang sudah ditorehkan oleh Ikke Nurjanah.

Ikke Nurjanah menjadi penyanyi dangdut terbanyak peraih AMI Awards. Setidaknya ada 14 penghargaan dari AMI Awards. Tak hanya itu saja. ia juga meraih banyak penghargaan lainnya.

6. Via Vallen

Penyanyi dangdut pendatang baru terbaik yang pernah ada di Indonesia. Sejak kemunculannya di layar kaca tahun 2015 hingga tahun 2018, ia sudah menorehkan sekitar 12 penghargaan.

Tahun 2019 ini menjadi tahun dari Via Vallen. Lagunya Meraih Bintang sebagai lagu tema Asian Games 2018 berhasil membawanya ke Russia untuk meneria Bravo Award.

Tak hanya satu pengharggan yang ia terima di Russia. Via Vallen langsung memboyong 4 penghargaan pulang ke Indonesia. Tak hanya itu saja, ia juga mendapat kesempatan khusus bernyanyi di acara tersebut.

7. Ayu Ting Ting

Sebagai penyanyi muda, Ayu Ting Ting memang memiliki segudang prestasi. Ayu Ting Ting mungkin dianggap sebagai salah satu penyanyi dangdut pendatang baru yang mampu menginspirasi para juniornya.

Seja debutnya di tahun 2011 hingga 2016 ia sudah meraih total 26 penghargaan. di tahun 2017 hingga 2019, ia sudah mengumpulkan setidaknya ada 10 penghargaan. Jadi total penhargaan yang diperoleh Ayu Tinggi saat ini sekitar 36 pengharggan.

8. Rhoma Irama

Untuk masalah penghargaan, Raja Dangdut Rhoma Irama tak perlu di pertanyakan. Sejak debutnya tahun 70-an, Oma Irama sudah menorehkan banyak penghargaan. Ada puluhan penghargaan yang sudah ia terima sampai saat ini.

Tak hanya itu, bahkan Rhoma Irama juga berkali-kali mendapatkan hadiah dari luar negeri. Ia mendapat penghargaan dari Singapura sebagai The South East Asia Superstar Legend di tahun 2007.

Selain itu, Rhoma irama juga mendapat gelar professor dalam bidang musik dari dua universitas di Amerika. Kedua universitas tersebut, yaitu dari Northern California Global University dan dari American University of Hawaii


REKOMENDASI
TRENDING