in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Clara Gopa Kolaborasi Bareng Band Rock Asal Malang, D'Kross - Lahirkan Dua Genre Musik Rock-Dangdut

Kamis, 21 Oktober 2021 11:43 Penulis: Editor KapanLagi.com

Clara Gopa & D'Kross (KapanLagi.com/Darmadi Sasongko)

Kapanlagi.com - Penyanyi dangdut Clara Gopa menyiapkan kolaborasi bersama D'Kross, band rock asal Malang, Jawa Timur. Kedua pihak telah bertemu bersama menyiapkan konsep penggarapan musiknya, yang memang sejak awal beda aliran. Clara yang asli Kota Malang mengaku telah beberapa kali mendengarkan lagu D'Kross, namun untuk sebuah kolaborasi membutuhkan kesamaan frekuensi. Sehingga dua kutub perbedaan dangdut dan rock dapat melahirkan jalur kolaborasi yang diterima masyarakat.

"Jadi itu yang benar-benar kayak PR (pekerjaan rumah) banget, tapi sejauh ini membangun chemistrynya mudah. Itu mungkin karena sama-sama orang Malang, jadi ngomonginnya, logatnya juga wis gak ono sungkan-sungkannya (tidak ada sungkan)," ungkap Clara Gopa di Studio D'Kross Malang, Rabu (20/10). Clara bersama management bertemu para personel D'Kross membicarakan konsep musik yang akan digarap. Selanjutnya kedua pihak bakal menjadwalkan latihan bersama-sama.

Clara pun mengatakan managernya dan manager D'Kross juga sudah akrab satu sama lain. Menurutnya, kolaborasi tersebut sebagai sesuatu yang saling memberikan nilai positif bagi masing-masing. Sebagai penyanyi dangdut, akhirnya tidak melulu di musik dangdut, begitu pun sebaliknya bagi D'Kross.

1. Optimis Kolaborasi Rock-Dangdut

"Jadi dari pihak D-Kross dan Clara pribadi gimana caranya bisa diambil tengah-tengah saja. Jadi tidak harus di rock terus, terus Clara juga nggak harus di dangdut terus. Jadi lebih mix saja, kalau digabung akan lebih better, jadi Clara rock dangdut," ungkap Clara Gopa. Baginya, saat ini musik dangdut sedang mendapatkan tempat di hati masyarakat, termasuk lagu-lagu dangdut Jawa. Selain itu, musik rock juga memiliki penggemar fanatik dan terus digandrungi masyarakat.

Clara sendiri berharap karyanya bersama D'Kross kali ini dapat menjadi kolaborasi yang melahirkan dua perpaduan genre musik yang matang dan diminati masyarakat. Tak hanya itu, duet keduanya akan menjadi versi baru dari ciri khas mereka masing-masing. Clara bangga memiliki kesempatan berkolaborasi dengan D'Kross yang memang tenar sebagai band komunitas Aremania di Malang. Lagunya kerap, bahkan selalu dibawakan saat pertandingan-pertandingan klub Arema.

"Pastinya Clara bangga banget bisa berkolaborasi dengan band ternama di Malang, terus bandnya sudah banyak banget massanya juga. Pokoknya impian dari Clara masih SMP, tapi waktu itu belum kepikiran untuk berkolaborasi dengan D'Kross," urainya. Yoga BM, manajer D'Kross mengungkapkan kolaborasi dengan Clara Gopa sebagai sebuah tantangan dalam bermusik D'Kross, sebagai band komunitas. Selama perjalanan 15 tahun, tentu telah banyak persoalan dilalui dalam project kerja samanya dengan pihak lain.

Sang manager pun mengungkapkan rasa optimisnya terhadap Clara Gopa dan berharap kolaborasi itu akan berjalan dengan sesuai yang diharapkan, sama seperti project-project D'Kross yang lain. D'Kross sendiri sebelumnya juga pernah bekerjasama dengan Sujiwo Tedjo, yang menurutnya sebagai tantangan terberatnya waktu itu.  D'Kross dengan personel Randy (drummer), Ari (Bassis), Giplo (Gitaris) dan Tiwus (vokalis) akan mengaransemen ulang beberapa lagu sebagai hasil buah perkawinan karakter dengan Clara Gopa.

Penyatuan dua karakter D'Kross dan Clara Gopa itu diharapkan memberikan nilai plus bagi masing-masing. Termasuk menyatukan ego karakter keduanya yang harus disesuaikan menjadi tantangan tersendiri selama menjalani project kolaborasi. Meski tak mudah, pihak keduanya yakin kolaborasi kali ini akan menghasilkan karya yang luar biasa. Sementara dua buah lagu yang akan digarap Clara Gopa dan D'Kross yakni Beri Aku dan Satu Jiwa Indonesia.

REKOMENDASI
TRENDING