INTERNASIONAL

[Review] 'EPIC', Berjuang Kembalikan Ekosistem Hutan

Jum'at, 24 Mei 2013 18:21  | 

Amanda Seyfried


[Review] 'EPIC', Berjuang Kembalikan Ekosistem Hutan
Blue Sky Studios




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Kematian ibunya membawa Mary Katherine atau MK (Amanda Seyfried) kembali pada sang ayah, Profesor Bomba (Jason Sudeikis), peneliti yang terobsesi dengan manusia kecil di hutan. Namun sikap buruk Bomba membuat MK marah dan paham apa alasan sang ibu meninggalkan pria tersebut dulu sekali.

Maka, tak butuh waktu lama bagi MK untuk memutuskan pergi dari rumah. Namun belum sempat meninggalkan hunian, badan MK menciut seukuran manusia yang selama ini diteliti oleh ayahnya.

Tiba-tiba saja MK harus terlibat dalam usaha kawanan manusia daun yang dipimpin oleh Ronin (Colin Farrell). Sebagai syarat agar tubuhnya kembali normal, MK harus berjibaku mengembalikan ekosistem hutan dari ancaman Mandrake (Christoph Waltz) dan ribuan Boggan.

Begitulah ringkasan animasi terbaru produksi Blue Sky Studios yang sebelumnya sukses dengan saga ICE AGE dan RIO. Disutradarai oleh Chris Wedge, sutradara peraih piala Oscar berkat film pendek berdurasi 7 menit yang diberi tajuk BUNNY.

EPIC adalah film keluarga klise. Konflik yang disuguhkan hanya sebatas hitam-putih, tentang kebenaran melawan kejahatan. Juga tentang arti sebuah keluarga.

Meski begitu Wedge mampu menjaga tempo film ini menjadi seru untuk dilihat. Jangan lupa sempalan komedi pemancing tawa dari dialog dua siput konyol bernama Mod dan Grub. Sayang beberapa bagian naskahnya tampak kurang greget. Terutama di deretan konflik yang tersaji.

Selain nama-nama di atas, EPIC juga turut diramaikan oleh Pitbull (mengisi suara Bufo) serta Beyonce Knowles (mengisi suara Queen Tara) walau karakter mereka hanya muncul beberapa jenak.

Bagi penikmat 3D, treatment tersebut cukup mengecewakan. Mungkin hanya beberapa bagian yang terlihat pop up serta membuat rumput dan aliran air seolah nyata. Selain itu hampir sama seperti menonton versi 2D. Meski begitu film ini sangat cocok bagi anak-anak terutama untuk mengisi musim liburan.

(kpl/abs)