KOREA

5 Fakta Penunjukan BTS Sebagai Utusan Khusus Presiden Korea Selatan, Siap Hadiri Sidang PBB di New York

Rabu, 21 Juli 2021 17:00 Penulis: Iwan Tantomi

credit via twitter.com/TheBlueHouseKR

Kapanlagi.com - Pengaruh BTS di Korea Selatan tampaknya benar-benar sudah di atas level sebagai seorang musisi, apalagi idol K-Pop. Betapa tidak, pemerintah Korea Selatan begitu menganggap kehadiran BTS benar-benar memberikan kontribusi besar bagi negara, sampai-sampai pemerintah memberikan mandat khusus.

Seperti yang baru-baru ini terjadi, Presiden Korea Selatan Moon Jae In, mengeluarkan mandat resmi yang menunjuk resmi BTS sebagai utusan khusus presiden. Hal ini pun langsung menyita perhatian banyak pasang mata, terlebih akun media nasional Korea hingga akun Twitter resmi Blue House, istana kepresidenan Korea Selatan turut mencuitkan langsung kabar penting ini.

Lebih lanjut, ketahui beberapa fakta selengkapnya berikut ini.

1. Duta Generasi Masa Depan dan Budaya Korea Selatan

Pada 21 Juli 2021, berbagai media Korea menulis berita tentang penunjukan khusus oleh Moon Jae In kepada BTS. Sang presiden Korea Selatan tersebut menunjuk BTS sebagai Special Presidential Envoys for Future Generations and Culture atau utusan khusus untuk generasi masa depan dan budaya Korea. 

2. Mempertimbangkan Pesatnya Pertumbuhan Global Generasi Muda

Bukan tanpa alasan kenapa presiden Korea membuat keputusan ini. Menurut pihak kepresidenan dan pemerintah Korea Selatan, Moon Jae In menilai generasi muda terus menunjukkan pertumbuhan yang pesat di berbagai bidang di era global ini.

Lebih-lebih dengan makin besarnya ekspansi budaya Korea di dunia internasional, pemerintah Korea perlu mengambil langkah khusus, agar masa depan generasi muda dan budaya Korea khusus di masa depan lebih terarah.

3. Alasan Menunjuk BTS

Adapun alasan di balik penunjukan BTS sebagai utusan khusus presiden, menurut Moon Jae In, karena BTS adalah ikon global Korea. "Sebagai ikon global Korea, BTS telah sukses menyebarkan budaya Korea, sehingga akan sangat tepat jika menunjuk mereka sebagai utusan khusus," ungkap pihak kepresidenan Korea.

4. BTS Akan Hadiri Sidang Umum PBB ke-75

Lewat penunjukan ini, BTS akan mewakili Korea untuk menghadiri sidang umum PBB ke 75 yang akan digelar September 2021 mendatang di New York. Di acara tersebut, BTS diharapkan mampu menyebarkan pesan berupa harapan dan rasa nyaman kepada seluruh generasi muda di seluruh dunia.

Selain itu, tujuan lainnya penunjukan BTS ini bukan semata untuk kepentingan Korea, tetapi menurut pihak kepresidenan Negeri Ginseng untuk menumbuhkan kesadaran global akan beragam agenda penting dunia.

"Tujuan utamanya demi meningkatkan kesadaran global akan beragam agenda penting dunia, seperti pembangunan berkelanjutan, khususnya kepada generasi muda maupun di masa depan, agar bisa memperkuat hubungan diplomatik antar bangsa," sambung pihak kepresidenan Korea.

5. Lagu BTS 'Permission To Dance' Dinilai Punya Makna Mendalam

Lebih lanjut, pihak kepresidenan Korea menjelaskan jika Moon Jae In begitu mengapresiasi lagu terbaru BTS Permission To Dance. Menurut pihak Blue House, lagu tersebut sarat makna mendalam, termasuk memasukkan bahasa isyarat dalam koreografi.

Pihak kepresidenan Korea menegaskan jika lagu BTS tersebut membawa pesan akan harapan, sekaligus hidup berdampingan antar masyarakat dengan latar belakang berbeda-beda. Hal ini sangat dibutuhkan terutama di masa seperti sekarang ini, karena semua bangsa perlu bahu membahu menuntaskan pandemi Covid-19.

"Kami berharap BTS benar-benar bisa mengambil peran penting sebagai perwakilan Korea Selatan sebagai utusan khusus presiden terutama di masa pandemi Covid-19 ini, karena mereka telah menyebarkan harapan dan pesan positif kepada para penggemar di seluruh dunia," tutup pernyataan resmi dari kantor kepresidenan Korea.

 

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING