KOREA

Claudia Kim Perankan Nagini, Fans Protes Diskriminasi Aktor Asia di 'HARRY POTTER'

Kamis, 27 September 2018 11:52 Penulis: Rahmi Safitri

Claudia Kim © Warner Bros. Pictures

Kapanlagi.com - Trailer terbaru sekaligus terakhir dari FANTASTIC BEASTS: THE CRIMES OF GRINDELWALD membuat banyak orang kaget karena ada karakter baru yang akhirnya diungkap. Sosok itu adalah wanita cantik yang diperankan oleh Claudia Kim.

Identitas karakter yang diperankan oleh Claudia Kim terungkap saat Credence (Ezra Miller) membisikkan nama 'Nagini'. Yap, Nagini adalah ular milik Lord Voldemort yang juga salah satu horcrux dari sang penyihir hitam. Yang membuat kaget adalah tak ada yang tahu sebelumnya kalau Nagini sang ular ternyata dulunya adalah seorang manusia.

Dalam Twitter-nya, sang penulis JK Rowling lalu menjelaskan kalau Nagini adalah maledictus, wanita yang darahnya dikutuk dan bisa membuatnya berubah jadi hewan. Rahasia ini disimpan oleh Rowling selama 20 tahun.

1. Bahas Aktor Asia di Film HARRY POTTER

Mungkin banyak yang bangga karena Claudia Kim yang berasal dari Korea Selatan mewakili Asia di film FANTASTIC BEASTS yang notabene prekuel dari novel dan franchise sukses HARRY POTTER. Tapi yang tak sedikit juga yang merasa kecewa kenapa perwakilan Asia harus memerankan karakter Nagini.

Nagini di film-film HARRY POTTER diceritakan sebagai peliharan dan budak dari Lord Voldermort. Intinya karakter Nagini ini bukanlah protagonis yang patut dibanggakan.

Para netizens kemudian membahas tentang sejarah aktor-aktor Asia di film HARRY POTTER (well, Claudia Kim jelas bukanlah yang pertama). Masih ingat dengan karakter Cho Chang? Cinta pertama Harry Potter itu diperankan oleh Katie Leung. Kemudian ada dua gadis India, Parvati dan Padma Patil, dua siswa Hongwarts satu angkatan Harry Potter. Fans protes kenapa tiga karakter berdarah Asia itu sama sekali tidak dieksplore dan hanya sekedar figuran yang sama sekali tak mempengaruhi keseluruhan cerita.

2. Apa Ini Bentuk Rasisme?

Kini Nagini dalam bentuk manusia di FANTASTIC BEASTS digambarkan sebagai wanita Asia yang atraktif secara (maaf) seksual. Ada juga yang menganggap Nagini ini adalah salah satu kata dari agama Hindu tapi malah diperankan oleh wanita dari Asia Timur.

Fans mengerti pemilihan Claudia Kim ini membuat FANTASTIC BEASTS lebih beragam dan nggak too-white. Tapi banyak yang kecewa karena karakter yang diperankan aktor-aktor Asia di franchise HARRY POTTER ini selalu yang nggak penting atau antagonis. Tak sedikit yang menyebut, film HARRY POTTER bagus tapi rasis kepada aktor-aktor asal Asia.

"Mereka nggak menjelaskan hubungan Nagini sang wanita Asia yang kemudian menjadi peliharan pria kulit putih. Aku akan bilang sekarang. Hal busuk ini adalah rasis. Apakah ini artinya aku benci Harry Potter? Tidak. Aku masih suka. Tapi biar aku perjelas. Harry Potter sangat bermasalah. Mari kita diskusikan sekarang supaya penulis di masa mendatang bisa membuat buku dan film laris yang lebih baik," kata Ellen Oh, salah satu penulis lewat cuitannya di Twitter dengan username @ElloEllenOh.

3. Kata JK Rowling

Salah satu netizen kemudian memprotes kenapa tiba-tiba JK Rowling menceritakan Nagini sebagai wanita Asia yang lalu diperankan oleh aktris asal Korea Selatan. Sang penulis kemudian memberikan penjelasan tentang bagaimana dia punya ide soal Nagini.

"Naga dikenal sebagai sesosok makhluk mirip ular yang berasal dari kisah mitos Indonesia, yang kemudian menjadi asal muasal nama 'Nagini.' Naga sendiri sering kali digambarkan sebagai makhluk bersayap, memiliki tubuh setengah manusia, sampai setengah ular. Indonesia memiliki ratusan suku budaya, meliputi suku Jawa, Cina, dan Betawi. Semoga harimu menyenangkan," tulis Rowling.

Apa ini berarti Nagini aslinya berasal dari Indonesia? Maybe. Hanya JK Rowling yang tahu atau mungkin akan ada penjelasan di film FANTASTIC BEASTS: THE CRIMES OF GRINDELWALD yang akan tayang November mendatang.


REKOMENDASI
TRENDING