KOREA

G-Dragon Selenggarakan Pameran Saat Wamil, Netizen Pertanyakan Ini

Rabu, 07 Agustus 2019 06:01 Penulis: Kistin Septiyani

G-Dragon ©8 Second

Kapanlagi.com - G-Dragon menyelenggarakan sebuah pameran karya seni di Taiwan. Eksebisi yang berjudul Untitled 2017 ini, digelar di berbagai negara di Asia setelah ia merilis albumnya yang terakhir. Pameran tersebut menampilkan berbagai karya seni yang dibuat GD sebelum ia memulai wajib militer pada Februari 2018 silam.

Mengutip Koreaboo, pada Rabu (7/8/2019), pameran tersebut diperkirakan berhasil meraup keuntungan lebih dari USD 1 juta atau setara dengan Rp 14,3 miliar. Banyak netizen mempertanyakan keuntungan yang diperoleh dari pameran tersebut. Pasalnya peraturan di Korea Selatan melarang warganya yang tengah menjalani masa wajib militer untuk mengumpulkan keuntungan dari kegiatan komersil.

GD sendiri masih memiliki waktu sekitar 2,5 bulan untuk merampungkan wajib militernya. Jika sesuai jadwal, GD baru akan selesai melaksanakan wamil pada 26 Oktober mendatang.

1. Tanggapan YG Entertainment

YG Entertainment tentu membantah GD menerima keuntungan dari pameran tersebut. Mereka juga menyatakan bahwa GD tidak terlibat dalam pameran meski lukisan miliknya dicetak sebagai merchandise. Pameran yang mengikutsertakan UNWRAP, salah satu anak perusahaan miliknya ini, dilakukan sebatas untuk memperingati bulan kelahiran GD.

"Lukisan milik G-Dragon yang diciptakannya sebelum masa wamil diproduksi ulang sebagai lukisan acrylic dan dijual sebagai merchandise. Perusahaan yang memproduksinya, UNWRAP, berkolaborasi dengan rekan dari China, IMPRIDSE, untuk menciptakan pameran ini dalam rangka memperingati bulan Agustus sebagai bulan kelahiran GD," ungkap YG Entertainment.

2. Pernyataan Resmi Departemen Pertahanan

Tak hanya YG Entertainment, Departemen Pertahanan juga melakukan pemeriksaan terhadap pameran tersebut. Pihak mereka telah memastikan bila GD tak menerima sepeser pun keuntungan yang dikumpulkan dari pameran seni tersebut. Mereka juga memastikan bahwa GD tidak melanggar peraturan apapun selama menjalani wamil.

"Keterlibatan G-Dragon dalam pameran seni tersebut tidak terkait dengan aktivitas komersial. Karya seni yang diciptakannya sebelum menjalani wamil dan berhubungan ini merupakan acara yang hanya sekali diselenggarakan, ini tidak akan terkait dengan aktivitas personalnya sebagai seniman maupun penulis," ungkap pihak Departemen Pertahanan.


REKOMENDASI
TRENDING