KOREA

7 Drama Korea Paling Kontroversial, Ada yang Dianggap Menghina Agama - Beda dengan Sejarah

Kamis, 15 Oktober 2020 10:33 Penulis: Dhia Amira

Live, Mr. Sunshine (credit: twitter.com/CJnDrama)

Kapanlagi.com - Drama Korea memang menjadi salah satu hiburan yang saat ini populer dari berbagai negara, bukan hanya di Korea saja namun juga Internasional. Bukan hanya memiliki cerita yang menarik saja, nyatanya drama Korea juga memiliki para pemain dengan visual yang luar biasa.

Namun siapa sangka, ternyata ada pula loh drama Korea yang menarik perhatian penonton karena memiliki cerita yang kontroversial. Dan drama-drama ini bukan hanya dikritik saja oleh para penonton, tetapi juga banyak dikecam.

Kira-kira drama Korea apa saja ya itu? Dilansir dari berbagai sumber, ini 7 drama Korea yang kontroversial dan dikritik banyak penonton. Yuk langsung saja dicek.

 

1. 'LIVE'

LIVE menjadi drama Korea pertama yang sangat kontroversial. Drama yang menceritakan tentang kehidupan polisi Korea ini memang banyak mendapatkan reaksi negatif dari para penonton Korea. Hal ini karena banyak sekali adegan yang memperlihatkan bagaimana sudut pandang seorang polisi yang menjalankan tugasnya.

Salah satunya yaitu ketika para polisi sedang mengamankan para pendemo yang dilakukan oleh Universitas Wanita Ehwa. Dalam demo tersebut ada beberapa kekerasan yang dilakukan oleh para petugas kepada para demonstran saat itu. Dan akibatnya, pihak tvN dengan sigap merilis permohonan maaf kepada semua orang yang terlibat pada demo tersebut.

2. 'REPLY 1994'

Siapa yang menjadi penonton setia drama REPLY? Kalau kalian merupakan penonton setia drama REPLY, maka kalian pasti tahu dengan alur cerita drama REPLY 1994. Dan drama REPLY 1994 menjadi salah satu drama REPLY yang memiliki kontroversi loh KLovers.

Dalam drama REPLY 1994 ini banyak sekali adegan yang menunjukkan hubungan cinta antara dua laki-laki, yang tentu saja hal ini menjadi sebuah kontroversi. Di drama ini karakter Sseureki, yang diperankan oleh Jung Woo serta Binggeure, yang diperankan oleh Baro B1A4 ini benar-benar membangun suasana romantis, serta rasa peduli yang terlalu berlebihan.

Bahkan ada salah satu adegan yang menunjukkan bagaimana mereka berdua sempat berciuman karena bermain dalam sebuah game. Namun tentu saja interaksi ini sangat mengganggu bagi penonton, dan membuat drama REPLY 1994 mendapatkan banyak kecaman dan kritik.

3. 'THE K2'

Ternyata drama yang pernah diperankan oleh Ji Chang Wook dan Yoona Girls Generation ini juga pernah mendapatkan kritikan loh KLovers. Dalam awal-awal episode ada sebuah adegan dimana Ji Chang Wook memiliki seorang kekasih muslim bernama Raniya.

Saat itu mereka bertemu ketika Ji Chang Wook sedang menjalankan tugasnya sebagai seorang tentara. Mereka bertemu dan berbincang, lalu Raniya membuka hijabnya dan mencium Ji Chang Wook. Hal ini tentu mendapatkan reaksi negatif dari para penonton yang khususnya muslim. Dan menjadi salah satu kontroversi hingga mendapatkan kecaman dari para penonton.

4. 'SIX FLYING DRAGONS'

Kemudian ada pula drama kerajaan yang menjadi salah satu drama yang kontroversi. Drama berjudul SIX FLYING DRAGONS ini menceritakan tentang konflik ideologi dan politik para raja di era Joseon. Drama yang memiliki episode hingga 50 ini memang banyak menarik perhatian penonton.

Namun walaupun menarik, ada pula hal yang dianggap kontroversial dan sangat dikritik oleh para penonton. Hal ini karena adanya adegan pemerkosaan yang dilakukan oleh anak di bawah umur. Dan karakter bernama Ddaeng Sae yang diperankan oleh Byun Yo Han harus menyaksikan adegan pemerkosaan tersebut secara langsung, namun tidak bisa berbuat apapun.

Walaupun begitu tim produksi melakukan pembelaan dengan mengatakan bahwa adegan tersebut diperlukan untuk titik tolak psikologis dari karakter para karakter. Namun para penonton masih menyayangkan adegan tersebut, dan tidak mempercayai bahwa adegan itu penting untuk sebuah karakter.

5. 'MR. SUNSHINE'

Drama sejarah bukan hanya ada dalam cerita kerajaan Korea saja ya KLovers. Saat masa penjajahan pun ada juga loh kisahnya di drama Korea. Dan salah satunya yang menarik perhatian yaitu drama berjudul MR. SUNSHINE pada tahun 2018.

Drama ini memang memiliki cerita yang menarik dan menjadi salah satu drama Korea dengan rating yang tinggi. Namun sayangnya drama ini menuai kontroversi loh. Beberapa ahli sejarah memberikan kritik bahwa penulisan skenario tersebut dianggap tidak sesuai dengan sejarah, mulai dari kronologi cerita hingga pembentukan karakter.

Selain itu cerita ini juga dianggap menonjolkan bahwa negara Jepang adalah penjahat, dan negara Amerika adalah pahlawan. Tentu saja hal ini memicu kontroversi hingga pembuatan petisi untuk pemerintah agar melakukan peninjauan kesalahan sejarah pada drama ini. Dan tim produksi juga pada akhirnya meminta maaf dan melakukan perubahan terhadap skenario drama MR. SUNSHINE.

6. 'MAN WHO DIES TO LIVE'

Selanjutnya ada pula drama berjudul MAN WHO DIES TO LIVE yang juga sangat membuat penonton geram, hingga menimbulkan kontroversi bagi para penonton. Drama ini menceritakan tentang pria asal Korea Selatan bernama Jang Dal Goo, yang diperankan oleh Choi Min Soo, yang melakukan perjalanan ke Timur Tengah.

Di sana ia menjadi pria kaya raya, serta mendapatkan gelar, hingga resmi menjadi warga asli Timur Tengah dengan nama baru Saeed Fahd Ali. Ada banyak sekali adegan kontroversi di drama ini seperti, wanita dengan baju lengan pendek namun berhijab, hingga karakter yang sedang meminum wine, dan duduk dengan mengangkat kaki di depan sebuah buku yang dianggap sebagai kitab suci.

7. 'BACKSTREET ROOKIE'

Dan drama terakhir yang mengundang kontroversi yaitu ada drama berjudul BACKSTREET ROOKIE. Drama yang baru saja tayang pada tahun 2020 ini di awal penayangan sudah banyak mengundang kontroversi loh bagi masyarakat Korea. Walaupun pada nyatanya drama yang diperankan oleh Ji Chang Wook dan Kim Yoo Jung ini memiliki cerita yang sangat menghibur.

Kontroversi dalam drama ini yaitu ketika Kim Yoo Jung yang masih di bawah umur mencium Ji Chang Wook yang merupakan seorang pria dewasa. Selain itu ada pula beberapa adegan yang menunjukkan sikap siswi SMA yang tidak pantas. Lalu drama ini juga tidak cocok masuk dalam drama keluarga, hingga karakter Han Dal Shik yang dicap rasis dan melecehkan budaya kulit hitam.

Itulah 7 drama Korea yang kontroversial dan banyak mendapatkan kritik serta dikecam banyak penonton. Walaupun begitu, sudah banyak tim produksi yang meminta maaf hingga melakukan peninjauan atas kronologi cerita yang mereka buat.


REKOMENDASI
TRENDING