Interview Sutradara Jo Sung Hee, Bahas Song Joong Ki hingga Pembuatan Film SPACE SWEEPERS

Rabu, 03 Februari 2021 12:15 Penulis: Mita Anandayu
Interview Sutradara Jo Sung Hee, Bahas Song Joong Ki hingga Pembuatan Film SPACE SWEEPERS Jo Sung Hee bersama Song Joong Ki, Kim Tae Ri, Jin Sun Kyu, dan Yoo Hae Jin © Courtesy of Netflix

Kapanlagi.com - SPACE SWEEPERS tayang pada 5 Februari 2021 di NETFLIX. Film ini merupakan film luar angkasa Korea pertama yang dibintangi oleh Song Joong Ki, Kim Tae Ri, Yoo Hae Jin, dan Jin Sun Kyu. SPACE SWEEPERS juga merupakan film kerjasama kedua antara sutradara Jo Sung Hee dengan Song Joong Ki setelah A WEREWOLF BOY.

SPACE SWEEPERS bercerita tentang kehidupan di tahun 2092 di mana ada pesawat luar angkasa bernama Victory yang memiliki kru jenius yakni Tae Ho (Song Joong Ki) sebagai pilot, Captain Jang seorang mantan perompak ruang angkasa yang misterius (Kim Tae Ri), teknisi pesawat luar angkasa Tiger Park (Jin Sun Kyu), dan robot militer yang diprogram ulang, Bubs (Yoo Hae Jin) berhasil mengungguli para penyintas lainnya. Saat itu, Bumi telah menjadi tempat yang nyaris tak dapat dihuni. Oleh karena itu, sebuah habitat baru yang masih asri diciptakan di luar angkasa bagi para penduduk UTS. Semua perjalanan luar angkasa ini mengakibatkan banyaknya sampah luar angkasa, di mana tim Spaceship Victory bertahan hidup dengan mengumpulkan puing-puingnya.

Jo Sung Hee dan Yoo Hae Jin saat pembuatan film SPACE SWEEPERS © NetflixJo Sung Hee dan Yoo Hae Jin saat pembuatan film SPACE SWEEPERS © Netflix

KapanLagi pun berkesempatan untuk mewawancara sang sutradara, Jo Sung Hee, tentang film barunya. Simak yuk wawancara lengkapnya di bawah ini.

Pertanyaan: Apakah kamu menemukan sesuatu yang baru dari Song Joong Ki sebagai aktor ataupun secara person saat bisa bekerja sama lagi setelah beberapa tahun berlalu, dan faktor apa yang dia tunjukkan saat memerankan Tae Ho di film ini?

Song Joong Ki dalam film SPACE SWEEPERS © NetflixSong Joong Ki dalam film SPACE SWEEPERS © Netflix

Secara pribadi, aku bekerja sama dengan Song Joong Ki sekitar 9 atau 10 tahun lalu. Hingga saat ini dia masih seperti yang dulu, orang yang positif, ceria dan bersahabat. Aku rasa dia sangat mirip dengan karakter Tae Ho yang aku buat, dan menurutku dia sangat cocok dengan karakternya.

Pertanyaan: Membutuhkan waktu 10 tahun dalam membuat skrip film ini, apa tantangan terbesar Anda untuk mengambangkan ceritanya dan membuatnya menjadi sebuah film?

SPACE SWEEPERS © NetflixSPACE SWEEPERS © Netflix

Aku tidak sadar merasakan kesulitan saat pembuatan skenario film ini. Akan tetapi, aku mengalaminya saat pembuatan filmnya. Aku menemukan bahwa mungkin saja penonton Korea akan merasa tidak familiar atau canggung ketika mendengar percakapan dalam bahasa Korea dalam adegan luar angkasa. Tantangan terbesarku adalah membuat bahasa Korea tidak terdengar canggung dan bisa familiar di telinga penonton. Sebisa mungkin bisa terlihat natural dan sangat khas dengan aktor Korea.

Pertanyaan: Adakah perbedaan antara skrip yang Anda buat dengan film ini? Apakah ada kesulitan komunikasi dalam bahasa saat syuting?

SPACE SWEEPERS © NetflixSPACE SWEEPERS © Netflix

Dulu banget aku membuat karakter yang berbeda dari yang saat ini. Ada pria paruh baya dengan perut buncit dan wanita paruh baya yang punya restoran, kemudian aku ubah dengan karakter muda yang diperankan para aktor muda, itu yang membuat perbedaan besar dari filmnya saat ini. Dan ya, aku cukup mengalami kesulitan dalam pembuatan film dalam hal bahasa. Kami kesulitan dalam hal komunikasi pada awalnya. Tapi aku berusaha untuk menjelaskan semaksimal mungkin, dan para aktor juga begitu antusias untuk bisa memahaminya. Membutuhkan waktu lama tapi pada akhirnya kami saling percaya dan bisa menyelesaikan filmnya dengan sangat baik.

Pertanyaan: Bagaimana proses pembuatan efek luar angkasa, seberapa banyak menggunakan CGI dan studio setting?

Hampir keseluruhan di luar pesawat luar angkasa menggunakan efek spesial (CGI), sedangkan saat syuting indoor atau di dalam pesawat luar angkasa kami menggunakan studio setting. Akan tetapi khusus untuk adegan spesifik untuk area yang luas, kita menggunakan kombinasi keduanya, di mana aktornya berdiri di studio setting sedangkan backgroundnya kami edit dengan CGI.

SPACE SWEEPERS © NetflixSPACE SWEEPERS © Netflix

Pertanyaan: Sebagai film luar angkasa Korea pertama, apakah ada inspirasi dari film bertema luar angkasa lainnya?

Tak hanya terinspirasi dari film, tapi juga game dan anime, serta foto-foto luar angkasa yang bisa menjadi inspirasi. Sedangkan untuk tekniknya aku belajar dari film-film hollywood.

Pertanyaan: Bagaimana Anda bisa membuat detail dari scene luar angkasa seperti sampah luar angkasa misalnya?

Yang terpenting adalah desain. Kami harus memastikan kami punya cukup waktu untuk membuat desain dengan tim. Kami berdiskusi mana yang bisa kami lakukan dan mana yang tidak. Aku ingin konsep luar angkasa yang maksimal, dan hasil dari film ini merupakan kerjasama yang baik dari para tim desainer dan CGI yang bertalenta.

SPACE SWEEPERS © NetflixSPACE SWEEPERS © Netflix

Pertanyaan: Apakah menurutmu hasil filmnya sudah sempurna atau bahkan lebih baik dari yang Anda bayangkan?

Film ini sangat berbeda dari skenario yang aku buat. Tetapi, gagal ataupun suksesnya bukan suatu hal yang harus dipermasalahkan bagiku. Film adalah bagaimana kolaborasi yang baik antara para aktor dan tim kreatif. Kamu tidak akan pernah tahu bagaimana ide tim lain yang mereka miliki sehingga bisa mengubah hasil dari yang dibayangkan. Aku rasa hasil dari film ini merupakan sebuah takdir. Meksipun hasilnya berbeda dari skenari yang aku buat, tapi aku sangat puas. Aku juga sangat menikmati proses pembuatan film ini.

Jo Sung Hee bersama para pemain SPACE SWEEPERS © NetflixJo Sung Hee bersama para pemain SPACE SWEEPERS © Netflix

Siapa yang sudah tidak sabar buat nonton filmnya? Pastinya, dalam sepanjang filmnya kamu akan dibawa dalam suasana menegangkan, komedi, hingga dibikin mewek. Selamat menonton aksi seru Song Joong Ki, Kim Tae Ri, Jin Sun Kyu dan Yoo Hae Jin mengarungi ruang angkasa ya~ Sebelumnya, bisa kamu tonton dulu trailernya di bawah ini. 

 

 

(kpl/mit)

Editor:

Mita Anandayu


REKOMENDASI
TRENDING