HOME » KOREA
KOREA

Pernah Jadi Negara Termiskin hingga Kini Dilirik Dunia, Seberapa Tahu Kamu Tentang Republik Korea?

Senin, 29 Juni 2020 20:10 Penulis: Mita Anandayu

Gwanghwamun © Cultural Heritage Administration via korea.net - visitkorea.or.kr

Kapanlagi.com - Bagi pecinta Korea, seberapa tahu kamu tentang negara ini? Negara ini adalah daratan yang dijajah oleh negara lain dari tahun 1910 sampai 1945, kemudian runtuh karena perang pada tahun 1950.

Pada saat itu, para ahli memprediksi negara ini akan membutuhkan waktu 100 tahun untuk menemukan dirinya kembali. Bahkan wartawan luar negeri mengatakan negara ini tidak akan bisa berdiri sendiri, "Setelah 35 tahun dijajah Jepang, konlik ideologi, dan sekarang perang, saya pikir akan lebih banyak peluang bunga mawar tumbuh di tumpukan sampah daripada negara ini bisa berdiri sendiri."

 

 

1. Pernah Menjadi Negara Termiskin di Dunia

Negara ini menjadi negara termiskin di dunia pada tahun 1960 dengan pendapatan negara per kapita sebesar $67 USD. Akan tetapi, negara ini kemudian bergabung dengan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 1996, hingga menjadikan pendapatan negara ini menjadi naik sebesar $30.000 USD per kapita. Posisi ini kemudian membuat negara yang kemudian dikenal sebagai Negeri Ginseng ini menjadi negara terkaya nomor 12 di dunia.

Di samping itu, negara ini adalah satu-satunya yang telah menjadi negara bantuan pembangunan OECD setelah menjadi negara penerima bantuan sejak OECD dibentuk. Di antara negara-negara yang memperoleh kemerdekaan setelah Perang Dunia II, negara ini adalah satu-satunya negara yang mengalami gerakan demokrasi pada saat yang sama dengan revolusi industri.

2. Kirim 14.000 Volunter Bantu Negara di Asia dan Afrika

Dilansir dari Voluntary Agency Network of Korea (VANK), kini negara yang beribukota Seoul ini pun menjadi negara di posisi kedua sebagai negara yang paling banyak mengirimkan volunter ke luar negeri setelah Amerika Serikat. Tercatat telah mengirimkan 14.000 volunter ke 67 negara dari tahun 1990 hingga 2016 untuk proyek volunter di luar negeri untuk membantu negara-negara Asia dan Afrika.

Dari catatan tahun 2020, populasi negara ini tidak mencapai 1% dari populasi dunia. Akan tetapi, 8 juta warga negaranya di luar negeri, berbagi soal musik dan budaya, dan mengembangkan komunitas mereka menjadi 100 juta orang asing.

Tentu sangat sulit untuk menemukan negara lain yang bisa secara natural menyebarkan budayanya kepada dunia tanpa adanya imperialisme dan hegemonisme.

3. Apa Prediksi Republik Korea di Tahun 2050?

Dalam sejarah 5000 tahun, negara ini telah mempromosikan nilai-nilai Asia dan menggunakan kekuatan kohesif budayanya untuk membuat orang tertarik pada Asia dan berbagi mimpi dan persahabatannya dengan dunia.

Sebuah perusahaan investasi, Goldman Sachs, memprediksi di tahun 2050 negara ini akan lebih maju dari Jepang dan Jerman dan mempunyai pendapatan negara sebesar 81.000 USD. Dan negara ini adalah Republik Korea.

(van/mit)

Editoraaa: Mita Anandayu


REKOMENDASI
TRENDING