KOREA

Solar MAMAMOO Ajak Penonton untuk Tingkatkan Kesadaran Bahaya Sunat Perempuan

Jum'at, 07 Februari 2020 18:21 Penulis: Renisya Satya Putri

Solar MAMAMOO © V Live x OSEN

Kapanlagi.com - Solar memiliki akun YouTube yang berisi berbagai jenis video, mulai dari vlog, video cover, hingga video challenge yang sedang viral. Pada tanggal 6 Februari lalu, leader MAMAMOO ini mengunggah sebuah video dengan konten yang serius. Video yang berjudul "Ritual tradisional untuk perempuan yang paling menyakitkan ... benar-benar ritual terburuk" ini membahas tentang bahaya sunat perempuan.

Sunat perempuan adalah pemotongan atau pengangkatan bagian luar kemaluan perempuan. PBB menetapkan tanggal 6 Februari sebagai Hari Anti Sunat Perempuan Internasional. Peringatan ini bertujuan untuk menghilangkan praktik sunat perempuan di seluruh dunia karena selain tidak memiliki manfaat kesehatan, ritual ini juga melanggar kode etik profesi kesehatan dan hak asasi manusia.

 

1. Bahaya Sunat Perempuan

Di dalam videonya, Solar menjelaskan temuan-temuan yang dia peroleh saat mencari tahu lebih dalam mengenai praktik sunat perempuan agar penonton dapat memahaminya dengan lebih mudah. Wanita kelahiran 1991 ini mengatakan bahwa sunat wanita masih menjadi tradisi di beberapa negara-negara Afrika, seperti Somalia, Guinea, Mesir, dan Mali. Hampir 90% wanita di negara-negara tersebut menjalani ritual menyakitkan ini.

Solar menambahkan bahwa ritual ini tidak dilakukan oleh tenaga ahli. Orang yang biasanya melakukan ritual ini adalah petinggi adat dan warga yang menolak melakukan sunat akan dihukum oleh masyarakat setempat, seperti potong tangan. Ritual ini dilakukan tanpa anestesi dan alat medis yang memadai, sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa hingga perdarahan hebat. Selain itu, ritual ini juga rawan menyebabkan fistula obstetrik (pembentukan saluran antara rektum dan vagina maupun kandung kemih dan vagina yang mengakibatkan keluarnya urin dan kotoran yang tidak terkendali). Kondisi ini menyebabkan bau yang tidak sedap, sehingga banyak wanita yang ditinggalkan oleh suami mereka.

2. Sunat Perempuan di Mata Solar

Pemilik nama asli Kim Yong Sun ini berpendapat bahwa sunat wanita harus dihapuskan, karena ritual tersebut tidak benar dan tergolong malapraktik. Dia juga berharap agar semua orang mendukung penghapusan ritual ini. Tidak perlu melakukan hal besar, hanya dengan mencari tahu, membahas dengan teman, dan mendoakan para korban juga sudah menjadi dukungan kecil yang dapat diterapkan sehari-hari.

Di akhir video, Solar mengumumkan bahwa para penonton dapat menyalurkan donasi untuk para korban sunat perempuan melalui World Vision dan Plan Korea. Idol Korea ini juga memberitahukan bahwa dirinya baru saja memberikan donasi melalui website Plan Korea. Meskipun mengaku jumlah yang dia donasikan tidak seberapa, tetapi dia berdonasi untuk menyatakan dukungan atas peringatan ini.


REKOMENDASI
TRENDING