'Jodha Akbar' Dituding Pelintirkan Sejarah

Rabu, 16 Juli 2014 18:46 Penulis: Wulan Noviarina
'Jodha Akbar' Dituding Pelintirkan Sejarah @istimewa
Kapanlagi.com - Di India, banyak serial yang diangkat dari kisah nyata. Sebut saja, Mahabharata, The Adventures of Hatim, Ramayana dan beberapa judul lainnya.

Tapi saat ini ada satu yang sedang mendapatkan sorotan dari masyarakat India, yaitu serial Jodha Akbar. Pasalnya, drama yang diproduseri oleh Ekta Kapoor itu dituding sudah memutar balikkan sejarah.

Sebuah kelompok masyarakat yang mengatasnamakan keluarga Rajput menyatakan bahwa Jodha yang didalam serial dikisahkan menikah dengan Akbar, sebenarnya tidak pernah menikah dengan Akbar. Cerita yang benar adalah, Jodha menikah dengan anak Akbar, Jahangir.

Sementara itu, Ekta Kapoor sendiri berpendapat bahwa tidak ada yang salah dengan serial yang ia buat. Karena ia memiliki pandangan tersendiri soal kisah rakyat.

Jodha Akbar ternyata diprotes di India. @istimewaJodha Akbar ternyata diprotes di India. @istimewa


"Aku selalu percaya bahwa komposisi dari cerita rakyat adalah 80 persen sejarah dan 10 persen dongeng. Tidak ada bukti bahwa semua kisah itu nyata. Ada yang bilang benar, ada juga yang bilang itu hanya cerita belaka. Akbar punya beberapa catatan dan kita semua tahu itu. Kita tak bisa mengatakan kalau hatinya tak pernah berubah dan memiliki perasaan yang lain terhadap putri dari kerajaan Rajput," ujar Ekta kepada Times of India.

Gara-gara protes inilah, Ekta juga sempat tak bisa tidur selama berhari-hari. Padahal, awalnya ia hanya ingin mengangkat sisi lain dari kisah Jodha dan Akbar.

Ekta mengakui bahwa kisah yang ia suguhkan memang tak benar-benar terpaku pada sejarah. Ia hanya memakai kisah asli sebagai gambaran, dan mengubah sisanya sesuai dengan interpretasinya sendiri.

(tim/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING