10 Film Tentang Pendidikan Indonesia, Sulitnya Sekolah Sampai Nasib Berubah

Senin, 29 Oktober 2018 13:15 Penulis: Mita Anandayu
10 Film Tentang Pendidikan Indonesia, Sulitnya Sekolah Sampai Nasib Berubah Film Indonesia Tentang Pendidikan © Istimewa

Kapanlagi.com - Pendidikan di Indonesia jadi salah satu topik yang selalu menarik untuk diangkat ke layar lebar. Pasalnya jelas, nggak cuma gambarkan realitas, tapi juga merupakan sebuah kritik keras. Masih bisa diingat bagaimana mirisnya pendidikan di Belitung yang disajikan oleh film LASKAR PELANGI. Film tersebut berhasil sabet banyak penghargaan, mengartikan bahwa pesan moral yang disampaikan diapresiasi banyak kalangan.

Nggak cuma LASKAR PELANGI, ada sederet film lain yang mengangkat topik serupa. Tentu inspirasional, kisahkan anak-anak yang rasakan sulitnya sekolah, mereka berdamai dengan segala keterbatasan. Namun pada akhirnya mereka mampu buktikan diri lewat kesuksesan. Yuk, simak kesepuluh film di bawah ini!


1. Mimpi Ananda Raih Semesta (MARS)

Bukan film yang sempat booming, namun film ini betul-betul punya misi mewakili pendidikan Indonesia. Nggak tanggung-tanggung, tepat pada hari pendidikan nasional MARS dirilis. Dibintangi oleh Acha Septriasa, ia perankan gaids dari keluarga miskin yang berhasil kuliah di Eropa. Tentu, jatuh bangun untuk wujudkan itu harus ia lalui bersama sang ibu, Tupon yang diperankan oleh Kinaryosih.

2. Alangkah Lucunya Negeri Ini

Memasang Deddy Mizwar dan Reza Rahadian, sulit untuk menemukan alasan untuk nggak nonton film ini. Terlebih lagi, kisah dan pesan moralnya betul-betul berbeda dari film lainnya. Yup, film mana yang kisahkan tentang seorang sarjana yang mengajar para preman cilik? Dari film ini ditunjukkan betapa makna pendidikan lebih dari sekedar untuk mengubah nasib.

3. Negeri 5 Menara

Film ini kisahkan sekelompok sahabat yang jalani pendidikan di sebuah pesantren bernama Pondok Madani. Melalui film ini, pendidikan di pesantren nggak digambarkan sebagai sistem yang kaku, nggak cuma soal ilmu agama melulu. Ada banyak scene dimana anak-anak ini kembangkan bakat mereka seperti jamming, main bulutangkis, sampai fotografi.

4. Sokola Rimba

Film ini diinspirasi dari kisah Butet Manurung, seorang wanita yang mengabdi ajarkan baca tulis di pedalaman Jambi. Ia mengajar suku anak dalam yang tinggal di hulu Sungai Makekal di Hutan Bukit Duabelas. Nggak mudah, Butet harus hadapi berbagai rintangan, mulai dari malaria hingga penolakan.

5. Di Timur Matahari

Kisahkan tentang Mazmur, Thomas, Yokim, Agnes dan Suryani, mereka setiap hari setia menunggu guru pengganti datang, buktikan semangat belajar mereka yang besar. Namun apa daya, guru pengganti tak kunjung datang. Mereka akhirnya belajar dari alam sekitar dengan bantuan orang-orang dewasa di sekitarnya.

6. Sang Pemimpi

Merupakan lanjutan dari LASKAR PELANGI, SANG PEMIMPI masih setia ceritakan hidup Ikal. Bersama Arai dan Jimbron, Ikal jalani hidup ala remaja 17 tahun yang mencari jati diri. Sisi menarik yang singgung dunia pendidikan adalah, kehadiran guru Balia. Yup, ia menjadi inspirasi para murid untuk belajar hingga ke Eropa meskipun banyak aral melintang di depannya.

7. Temani Aku Bunda

Sebuah film dokumenter, TEMANI AKU BUNDA betul-betul menyentil realitas pendidikan negeri ini. Ceritakan tentang Abrar yang diminta berbuat curang saat UN 2011. Hal itu bikin ibunya laporkan pihak sekolah ke jalur hukum. Perjuangan pun dimulai, segala resiko mendobrak sistem ini diterima. Hasilnya? Tonton sendiri deh endingnya!

8. Sepatu Dahlan

Kisahkan tentang Dahlan, yang idamkan punya sepatu dan sepeda. Saking miskinnya, 2 hal itu sekedar cari mimpi belaka. Kendati begitu, kemiskinan nggak surutkan tekadnya untk bersekolah. Kendati ada puluhan kilometer yang harus ditempuh dengan bertelanjang kaki.

9. Jembatan Pensil

Film ini betul-betul menampar penonton yang beruntung bisa mendapatkan pendidikan tanpa perlu susah payah. Berkisah tentang sekelompok anak SD yang harus berjuang untuk bisa belajar. Menempuh jarak belasan kilo, hingga keterbatasan mental-fisik jadi rintangan yang nggak surutkan semangat mereka.

10. Guru Bangsa Tjokroaminoto

Berbeda dari film lainnya yang kisahkan tentang perjuangan pendidikan di bangku sekolah, film ini kisahkan perjuangan Tjokroaminoto berikan pendidikan yang nggak melulu soal ilmu pengetahuan semata. Tjokroaminoto memang dikenal sebagai guru dari para tokoh bangsa. Di rumahnya ia mendidik para murid hingga mereka tersebar dan menjadi influencer kebangsaan yang matang.

(kpl/mit)

Editor:

Mita Anandayu


REKOMENDASI
TRENDING