Hanung Bramantyo Persembahkan 'KARTINI' Untuk Para Lelaki

Rabu, 22 Maret 2017 12:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Hanung Bramantyo Persembahkan 'KARTINI' Untuk Para Lelaki Hanung Bramantyo/©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - 20 April 2017 akan jadi saksi Kartini bangkit lagi. Pada tanggal tersebut, Hanung Bramantyo siap merilis karya terbarunya yang diberi judul KARTINI. Dibintangi Dian Sastrowardoyo hingga Christine Hakim, film ini kental akan feminisme di dalamnya, setidaknya hal tersebut lah yang diperlihatkan dalam teaser pendeknya.

Menceritakan perjuangan Raden Ajeng Kartini yang dikisahkan bukan anak seorang bangsawan asli, Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa dan Ayushita Nugraha memerankan tiga orang gadis kritis yang harus tunduk dalam aturan budaya Jawa. Mereka bertiga berjuang untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi meski mengalami banyak sekali rintangan.

Hanung sendiri membuat film ini bukan hanya sekedar menceritakan kisah sejarah. Ia malah mendedikasikan film ini untuk para lelaki di luar sana, karena setelah menggarap KARTINI, suami Zaskia Adya Mecca ini punya pengakuan luar biasa. 

Hanung persembahkan KARTINI untuk para laki-laki/©KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoHanung persembahkan KARTINI untuk para laki-laki/©KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

"Saya kepengin ini bukan hanya film yang sekadar menceritakan sejarah. Tapi saya sedang ingin sharing-sharing kepada teman-teman semua terutama laki-laki atas dasar rasa penasaran saya, karena saya harus memakai baju tradisional Jawa setiap memperingati hari lahir beliau (Kartini)," tuturnya saat ditemui di acara media gathering peluncuran Trailer dan Soundtrack KARTINI, Djakarta Theatre XXI, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (21/3).

Lelaki asal Yogyakarta ini melihat lebih dalam perjuangan seorang Kartini, yang akhirnya menjadi cikal bakal era modern seperti sekarang ini. "Lebih dari itu, apa yang kita rasakan sekarang sebagai perempuan dan laki-laki bisa hidup bebas menentukan pikiran adalah bagian dari cita-cita Kartini," jelasnya.

Treat her well, adalah salah satu pelajaran yang dipetik Hanung usai merampungkan pengerjaan film ini. "Saya menggarap film ini jadi tahu bagaimana caranya men-treat perempuan. Saya persembahkan film ini untuk para laki-laki," tandasnya.

(kpl/far/tch)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING