Mereka Ulang Kisah Hidup 'KARTINI' Ala Hanung Bramantyo

Jum'at, 17 Maret 2017 19:58 Penulis: Mahardi Eka
Mereka Ulang Kisah Hidup 'KARTINI' Ala Hanung Bramantyo Legacy Pictures

Kapanlagi.com - Sebagai salah satu sutradara papan atas Indonesia, tidak ada genre film yang tidak disentuh oleh Hanung Bramantyo. Mulai dari drama, komedi, horror, sampai cerita sejarah, semua sudah pernah dibuat oleh Hanung. Apalagi dia juga dikenal sebagai sutradara ‘bertangan dingin’ yang mampu mengeluarkan kemampuan terbaik dari para aktor dan aktris yang bermain dalam film yang disutradarainya.

Namun ada pendekatan berbeda yang dilakukan dalam film Kartini kali ini. Meskipun sudah beberapa kali menyutradarai film berlatar belakang sejarah atau film periodik, serta film biografi, Hanung mengakui pembuatan film Kartini mempunyai arti sendiri bagi dirinya.

“Ini adalah film pertama saya yang bertema tentang pahlawan perempuan. Kenapa saya tertarik untuk membuat film ini? Karena saya juga melihat bahwa secara pasar, penonton film Indonesia, dan juga di belahan dunia lainnya, lebih banyak didominasi oleh perempuan. Maka tentunya cerita perempuan juga selayaknya dikedepankan. Saya orang yang banyak hutang budi kepada perempuan, terutama orang-orang yang dekat di kehidupan saya,” jelasnya.

Hanung juga mengatakan, setelah menyelami kehidupan Kartini lewat banyaknya referensi pustaka yang dipelajarinya dalam proses pembuatan film ini, dia memutuskan untuk membuat film Kartini ini dengan sudut pandang yang mungkin banyak belum diketahui orang banyak.

“Di film ini saya ingin mengajak orang melihat sebuah paparan kehidupan. Saya menghilangkan banyak sekali dialog yang sifatnya seperti petuah. Saya ingin penonton belajar dari film ini bukan karena petuah-petuahnya, tetapi dari bagaimana sikap Kartini, bagaimana aksi dari Kartini," tuturnya.

Bagi Hanung, membuat film biopik adalah tentang bagaimana mengenal kembali atau menafsirkan kembali tokoh-tokoh yang dikenalkan oleh negara melalui sekolah-sekolah. Seperti apa hasil garapan Hanung Bramantyo di film Kartini ini? Tonton di bioskop-bioskop seluruh Indonesia mulai 19 April 2017!

(kpl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING