Perjalanan Panjang Ben Joshua Menjadi Jokowi

Jum'at, 31 Oktober 2014 12:51 Penulis: Mahardi Eka
Perjalanan Panjang Ben Joshua Menjadi Jokowi dok. KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Menerima peran sebagai tokoh nyata bukan perkara mudah. Selain harus punya kemiripan secara fisik dengan tokohnya, aktor dan aktris yang bersangkutan juga wajib berperilaku dan berkata-kata menyerupai tokoh nyata tersebut. Itulah tantangan yang dihadapi oleh Ben Joshua kala memerankan sosok Jokowi dalam JOKOWI ADALAH KITA.

Ada perjalanan panjang yang harus dilaluinya sebelum akhirnya bisa tampil dalam layar lebar sebagai seorang Joko Widodo. Mau tahu seperti apa perjalanan tersebut? Ben Joshua membagi semuanya saat ia datang ke Kantor Redaksi Kapanlagi.com, Jakarta Selatan, Rabu (29/10), 

"Waktu itu gue gatau film ini bakal kayak apa, jadinya gimana. Karena kesan pertama gue: Kok gue? Perasaan nggak mirip dan kurang hitam," ungkapnya. Meski demikian ia harus melalui serangkaian proses casting. Hingga akhirnya ia diterima beberapa hari kemudian setelah casting. 

Peran sudah di tangan, Ben pun harus segera berbenah supaya ia bisa tampil mirip dengan Jokowi. Langkah pertama yang dilakukannya adalah menyesuaikan penampilan fisiknya. "Gue diwajibin ngurusin badan, diet, itemin kulit juga. Jadi sambil reading selama beberapa minggu gue berhasil turunin berat badan kurang lebih 5 kilo," paparnya. 

Kesulitan yang didapat Ben pada saat syuting lebih banyak dikarenakan ia masih meraba-raba seperti apa setting yang akan dipakai dalam film. Dalam film satu ini, settingnya dibuat mirip seperti aslinya. "Jadi sebelum syuting kita dikasih waktu lihat-lihat set segala macem," ujarnya. 

Sedangkan urusan akting dengan lawan mainnya, Ben mengaku tak kesulitan. Ia sudah terbiasa bermain FTV dengan Sylvia Fully yang menjadi Iriana di filmnya. Sedangkan dengan Agustin Taidy yang berperan sebagai Ahok, ia pun diakui diakui bagus oleh lawan mainnya. "Ada satu adegan di mana Ahok rapat bareng Jokowi dengan kondisinya emosional. Kami mempertahankan semirip aslinya," ujar Agustin tentang Ben Joshua


(kpl/abs/dka)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING