FILM INDONESIA

20 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik yang Sayang Dilewatkan, Genre Horor hingga Romance

Jum'at, 10 Juni 2022 15:44

Rekomendasi Film Indonesia Terbaik (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Dunia perfilman Indonesia dari masa ke masa mengalami perkembangan cukup pesat. Apalagi, ada sejumlah film Indonesia terbaik yang sukses meraih penghargaan bergengsi baik skala nasional hingga internasional.

Terdapat sejumlah rekomendasi film Indonesia terbaik berbagai genre yang wajib banget kalian tonton. Pasalnya alur dari judul rekomendasi film Indonesia terbaik ini sangatlah menarik dan seru banget.

Mulai dari genre horor hingga komedi, semua ada dan lengkap terangkum dalam ulasan rekomendasi film Indonesia terbaik berikut ini. Meskipun beberapa di antara rekomendasi film Indonesia terbaik termasuk rilis lawas, namun hingga sekarang masih sangat recommended buat ditonton.

Penasaran apa saja rekomendasi film Indonesia terbaik yang wajib banget kalian tonton? Yuk langsung saja cek ulasan di bawah ini.

1. Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Genre Horror

Rekomendasi film Indonesia terbaik untuk genre horror menghadirkan cerita seram sekaligus menegangkan. Apalagi ada sejumlah rekomendasi film Indonesia terbaik genre horror yang sempat viral bahkan sukses menyabet penghargaan bergengsi perfilman Indonesia bahkan mancanegara. Penasaran apa saja rekomendasi film Indonesia terbaik genre horror? Yuk langsung saja cek di bawah ini KLovers.

1. PEREMPUAN JAHANAM

Rekomendasi film Indonesia terbaik untuk genre horor yang pertama ada PEREMPUAN JAHANAM. PEREMPUAN JAHANAM rilis tahun 2019 lalu. Sinopsis PEREMPUAN JAHANAM menghadirkan kisah menegangkan mengenai perjuangan hidup Maya dan Dini di sebuah kota yang kemudian datang ke desa bernama Harjosari. Niat hati ingin mendapatkan warisan yang ditinggalkan sang nenek, namun justru keduanya mengalami kejadian naas dan tidak terduga. Di mana mereka terjebak di desa yang memiliki ritual menyeramkan untuk menghilangkan kutukan. PEREMPUAN JAHANAM diperankan oleh Tara Basro, Ario Bayu, Marissa Anita hingga Christine Hakim. Film ini bahkan sukses meraih penghargaan yakni Piala Citra dan masuk nominasi Octopus d'Or dalam Strasbourg European Fantastic Film Festival 2021.

2. RUMAH DARA

Rekomendasi film Indonesia terbaik genre horor berikutnya adalah RUMAH DARA. RUMAH DARA memiliki kisah menyeramkan tentang teror dari sebuah rumah. Di sana sekelompok anak muda terjebak di sebuah rumah hingga terlibat kejadian tidak terduga berhadapan dengan seorang perempuan bernama Dara. Rupanya Dara adalah seorang pembunuh berdarah dingin. Satu persatu mencoba bertahan dan menyelamatkan diri. RUMAH DARA rilis tahun 2009 silam.

3. PENGABDI SETAN

PENGABDI SETAN menjadi rekomendasi film Indonesia terbaik untuk genre horor. Pertama kali dirilis, film PENGABDI SETAN besutan Joko Anwar ini langsung menjadi perbincangan publik. Film ini merupakan remake dari film yang sama di tahun 1980 silam. Berkisah mengenai sebuah keluarga yang terhimpit ekonomi namun harus berusaha menyembuhkan sang ibu yang sedang sakit. Penyebab sakit sang ibu selama bertahun-tahun rupanya terjadi karena terikat oleh perjanjian dengan persekutuan setan. Kejadian mencekam dan menyeramkan mulai terjadi setelah sang ibu meninggal dunia. PENGABDI SETAN berhasil meraih penghargaan luar biasa di kancah internasional yakni sebagai film horor terbaik di Toronto After Dark Film, Kanada.

4. DANUR

DANUR termasuk film Indonesia bergenre horor yang diangkat dari kisah nyata penulis bernama Risa Saraswati. Film ini mengisahkan mengenai masa kecil Risa Saraswati yang memiliki kemampuan melihat dunia lain. Kemampuan inilah mengantarkan dirinya bertemu tiga hantu cilik dari Belanda. Berbeda dunia, tiga hantu cilik ini justru punya keinginan membawa Risa ke alam mereka. Akankah rencananya tersebut berhasil? DANUR memiliki dua season yang bisa kalian tonton dengan kisah tak kalah menyeramkan.

5. TELUH

Ya, rekomendasi film Indonesia pada tahun 2022 untuk horor yang selanjutnya ada film berjudul TELUH. Film ini mengambil latar tahun 90-an di sebuah wilayah di tanah Jawa. Dan menjadi salah satu rekomendasi film Indonesia terbaik yang wajib banget untuk kalian tonton.

Cerita ini berawal dari kematian Yulia, salah seorang karyawati dari perusahaan batik milik keluarga Indra. Enam bulan berlalu, keluarga Indra mendapat kiriman bola api yang jatuh tepat di atap rumahnya. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa saat itu, jatuhnya bola api merupakan malapetaka bagi penghuni tempat tersebut.

Benar saja, sejak peristiwa itu, keluarga Indra mengalami serangkaian hal aneh dan mistis. Tak tinggal diam, keluarga ini lantas berupaya untuk melawan pengaruh teluh tersebut. Film TELUH sudah tayang di bioskop pada 20 Januari 2022 lalu. Dan menjadi salah satu film horor yang patut kalian tonton.

6. PENGABDI SETAN 2

Masih ingat dengan film PENGABDI SETAN? Film yang sukses hingga Internasional ini kembali dengan season 2 loh KLovers. Rumah produksi Rapi Films, Sunil Samtani mengungkapkan adanya kelanjutan cerita dari film garapan Joko Anwar tersebut. Sunil menyebut bahwa PENGABDI SETAN 2 akan memiliki atmosfer yang lebih gila dan seram dari sebelumnya.

Meski garis besar cerita masih dirahasiakan, ia mengatakan bahwa pihaknya sudah memiliki dasar cerita yang akan diangkat dalam film Pengabdi Setan 2 ini. Penggarapan film PENGABDI SETAN 2 masih dalam tahap proses syuting loh KLovers. Rencananya, film ini akan ditayangkan pada paruh kedua 2022 antara bulan Juni hingga Juli.

Sama seperti film pertama, PENGABDI SETAN 2 diprediksi akan kembali menampilkan para pemain yang sudah dikenal sebelumnya di season pertama. Bagaimana ya dengan film PENGABDI SETAN 2 ini? Apakah akan sesukses yang pertama? Tentu saja, film ini akan jadi rekomendasi film Indonesia terbaik yang wajib kalian tonton pada tahun 2022 yang sangat sayang untuk kalian lewatkan.

7. KKN DI DESA PENARI

KKN DI DESA PENARI menjadi rekomendasi film Indonesia terbaik horor yang harus ditonton. Kabarnya, film ini berangkat dari kisah nyata sekelompok mahasiswa yang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di daerah Jawa Timur. Ada di antara mereka yang melanggar peraturan dan menyebabkan munculnya masalah gaib.

Bagi kalian yang suka dengan kisah misteri, silakan coba tonton film ini. Karena, film KKN DI DESA PENARI ini menjadi salah satu film terlaris di Indonesia pada tahun 2022 dan menarik banyak perhatian dalam waktu yang lama.

2. Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Genre Romance

Selain rekomendasi film Indonesia terbaik genre horror, ada juga film Indonesia yang mengangkat kisah cinta super romantis. Sejumlah rekomendasi film Indonesia terbaik genre romance berikut ini sukses bikin baper penonton. Adapun beberapa rekomendasi film Indonesia terbaik genre romance dapat kalian simak sebagai berikut.

8. DILAN 1990

Rekomendasi film Indonesia genre romance pertama ada DILAN 1990. Rilis tahun 2017, DILAN 1990 sukses menarik perhatian publik. Diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama, DILAN 1990 menghadirkan kisah cinta romantis seorang remaja bernama Dilan dan Milea. Mengambil latar belakang tahun 1990, DILAN 1990 juga dilengkapi dengan konflik menarik yang bisa bikin kalian baper. Apalagi ada sejumlah dialog film DILAN 1990 viral di sosial media. DILAN 1990 diperankan oleh Iqbal Ramadhan dan Vanesha Prescilla.

9. ADA APA DENGAN CINTA

Untuk rekomendasi film Indonesia terbaik genre romance yang rilis tahun 2002 adalah ADA APA DENGAN CINTA. Film ini pernah jadi perbincangan hangat penggemar Indonesia yang dibuat baper dengan kisah cinta Rangga dan Cinta. Diperankan oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra, ADA APA DENGAN CINTA berkisah mengenai jalinan asmara Cinta dan Rangga dengan beragam konfliknya. Tahun 2016, ADA APA DENGAN CINTA bahkan kembali dirilis melanjutkan kisah perjalanan Rangga dan Cinta setelah 14 tahun berlalu.

10. AYAT-AYAT CINTA

Buat penggemar novel karya Habiburrahman El Shirazy tentunya tidak asing dengan film AYAT-AYAT CINTA. Film ini juga tak kalah bikin baper yang menghadirkan kisah cinta seorang tokoh bernama Fahri, Aisha dan Mariah Girgis. Cinta segitiga di antara keduanya tersaji dengan begitu menarik dan penuh konflik. Cinta beda agama antara Fahri dan Mariah menjadi benang merah dari film AYAT-AYAT CINTA yang rilis tahun 2008 silam.

11. HABIBI & AINUN

HABIBI & AINUN menjadi rekomendasi film Indonesia terbaik genre romance yang bikin baper. HABIBI & AINUN bercerita mengenai perjalanan cinta Bapak B. J. Habibi dan Ibu Ainun tak lain Presiden Ketiga RI.  Kisah cinta B. J. Habibi dan Ibu Ainun ini bisa dibilang cinta sejati yang dibawa hingga akhir hayat. Diperankan oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari, film ini bercerita mengenai awal mula pertemuan Pak Habibi dan Ibu Ainun hingga perjalanan pernikahan mereka. Season pertamanya rilis tahun 2012 dan ketiga tahun 2019.

3. Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Genre Komedi

Sementara itu, buat kalian penggemar film Indonesia genre komedi berikut ini ada beberapa referensi rekomendasi film Indonesia terbaik genre komedi. Sesuai genrenya, maka rekomendasi film Indonesia terbaik di bawah ini bakalan bikin kalian ngakak terus. Penasaran apa saja rekomendasi film Indonesia terbaik genre komedi? Yuk langsung cek di bawah ini.

12. YOWIS BEN

Penggemar film Indonesia genre komedi ada rekomendasi film terbaik yang wajib kalian tonton salah satunya YOWIS BEN. YOWIS BEN bercerita mengenai Bayu yang membentuk band bernama Yowis Ben. Band ini awalnya jadi media untuk menarik perhatian seorang perempuan bernama Susan. Beragam kisah romantis campur komedi membuat film YOWIS BEN bikin nggak bosan buat kalian tonton. YOWIS BEN season pertamanya rilis tahun 2018 dan season ketiga pada tahun 2021.

13. COMIC 8

Rekomendasi film Indonesia terbaik genre komedi selanjutnya ada COMIC 8. COMIC 8 rilis pertama tahun 2014 silam menghadirkan kisah penuh komedi 8 orang perampok. Pasukan polisi berusaha bernegosiasi dengan para perampok yang menyandera beberapa orang. Namun di tengah aksinya tersebut justru muncul kejadian lucu dan bikin ngakak.

14. MY STUPID BOSS

Diperankan oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari, MY STUPID BOSS kembali menyita perhatian publik. Kali ini keduanya beradu akting dalam film layar lebar genre komedi. Berkisah mengenai seorang bos yang pelit, semena-mena dan bikin jengkel dengan para karyawannya termasuk Diana. Berbagai kejadian lucu dan menjengkelkan tersaji dalam film MY STUPID BOSS yang bakalan menghibur kalian.

15. SUSAH SINYAL

Rekomendasi film Indonesia terbaik selanjutnya adalah SUSAH SINYAL. Rilis tahun 2017, SUSAH SINYAL menghadirkan kisah lucu penuh dengan pesan tentang keluarga yang sayang buat kalian lewatkan. Film SUSAH SINYAL diperankan oleh Adinia Wirasti, Ernest Prakasa, Aurora Ribero, Refal Hady dan sebagainya.

16. CEK TOKO SEBELAH

CEK TOKO SEBELAH menjadi rekomendasi film Indonesia terbaik genre komedi. Dirilis tahun 2016, CEK TOKO SEBELAH menghadirkan kisah penuh nilai kehidupan dibungkus dengan komedi. Seorang pria yang bekerja di sebuah perusahaan besar mengurungkan niatnya dipindahkan ke Singapura ketika diminta sang ayah mengurus toko sembako. Di sinilah konflik mulai terjadi antara seorang adik, kakak, ayah, bahkan cinta.

4. Rekomendasi Film Indonesia Terbaik dan Terbaru 2022

Ada juga sejumlah rekomendasi film Indonesia terbaik dan terbaru tayang awal tahun 2022. Rekomendasi film Indonesia terbaik dan terbaru berikut ini bisa jadi referensi melengkapi list tontonan kalian di awal tahun 2022. Penasaran apa saja judul rekomendasi film Indonesia terbaik dan terbaru? Langsung saja cek berikut ini.

17. DEAR, NATHAN: THANK YOU SALMA

Rekomendasi film Indonesia terbaik dan terbaru tahun 2022 yang pertama ada DEAR, NATHAN: THANK YOU SALMA. Film ini merupakan season berikutnya dari film DEAR NATHAN. Kali ini menghadirkan perjalanan kisah selanjutnya antara Nathan dan Salma yang dipenuhi konflik di dalamnya. Apalagi hubungan keduanya sampai sejauh ini ternyata masih menggantung. Diperankan oleh Amanda Rawles dan Jefri Nichol, DEAR, NATHAN: THANK YOU SALMA sukses bikin penonton dibikin baper.

18. PENYALIN CAHAYA

Rekomendasi film Indonesia terbaik dan terbaru tahun 2022 ada PENYALIN CAHAYA. Sebenarnya film ini pertama rilis tahun 2021, namun masih sangat populer tayang di Netflix hingga sekarang. Berkisah mengenai perjuangan Suryani yang mengalami pelecehan seksual. Dirinya berusaha mendapatkan keadilan atas kejadian buruk yang menimpanya.

19. BEN & JODY

BEN & JODY menghadirkan kisah persahabatan yang begitu kuat. Seorang sahabat berusaha memperjuangkan tanah miliknya dari para mafia tanah yang ingin merampas hak mereka. Film ini diperankan oleh Chicco Jerikho dan Rio Dewanto yang rilis awal tahun 2022.

20. KU KIRA KAU RUMAH

KU KIRA KAU RUMAH adalah film drama psikologis Indonesia tahun 2021 yang disutradarai oleh Umay Shahab serta ditulis bersama Monty Tiwa dan Imam Salimy dengan mengadaptasi lagu berjudul sama oleh Amigdala. Film ini merupakan debut Umay Shahab sebagai sutradara film panjang dan Prilly Latuconsina sebagai produser.

Film KU KIRA KAU RUMAH bergenre drama psikologis. Dimana bagi yang menyaksikannya akan terbawa hanyut oleh jalan ceritanya yang terkesan nyata. Film ini menghadirkan tokoh Niskala (Prilly Latuconsina), sosok wanita yang didiagnosa Bipolar sedari masih kecil.

Hingga pertemuan Niskala dengan Pram (Jourdy Pranata), sosok pria yang merasa kesepian semenjak sang ayah meninggal, dan sang ibu sibuk bekerja. Masalah besar menghujam kebahagiaan Niskala hingga Pram, bahkan rela meninggal dengan terjun dari lantai atas setelah peristiwa percekcokan antara Niskala dengan sang ayahnya.

Film KU KIRA KAU RUMAH masih tayang di bioskop, bahkan menjadi salah satu film Indonesia yang cukup populer di awal tahun 2022 ini. Jadi, film KU KIRA KAU RUMAH bisa menjadi salah satu rekomendasi film Indonesia terbaik pada tahun 2022 yang sayang untuk kalian lewatkan.

Itulah sejumlah rekomendasi film Indonesia terbaik dan terbaru 2022 yang sayang buat kalian lewatkan. Gimana ada yang tertarik nonton?


REKOMENDASI
TRENDING