FILM INDONESIA

6 Rekomendasi Film Islami Seru dan Sarat Makna, Cocok Ditonton Bareng Keluarga

Minggu, 03 April 2022 11:11

Rekomendasi film Islami (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Menonton film jadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Tak saja untuk mengusir penat, dari beberapa film kita juga bisa memetik pelajaran berharga. Seperti film religi islami yang kerap jadi media berdakwah untuk menyampaikan ajaran agama. Bahkan, film religi islami termasuk salah genre film yang digemari. Terbukti, ada cukup banyak orang yang mencari rekomendasi film islami.

Sama halnya film genre lainnya, film religi islami juga punya cerita yang menghibur. Adanya pelajaran hidup berharga juga jadi daya tarik tersendiri dari film Islami. Bahkan tak saja pengetahuan agama, tak jarang rekomendasi film religi Islami juga membantu meningkatkan keimanan dan memberi kesejukan di hati.

Lantas, apa saja rekomendasi film Islami yang menarik untuk ditonton? Daripada makin penasaran, langsung saja simak beberapa ulasannya berikut ini.

1. MY NAME IS KHAN

MY NAME IS KHAN menjadi salah satu rekomendasi film islami yang cukup populer. MY NAME IS KHAN dibintangi dua bintang besar Bollywood yaitu Shah Rukh Khan dan Kajol. Pada masa rilisnya di tahun 2010 lalu, film ini menjadi perbincangan. 

Film MY NAME IS KHAN mengangkat latar kejadian 11 September 2001 saat terjadi aksi terorisme yang menyita perhatian dunia. Pada saat itu, kepercayaan publik terhadap penganut agama Islam seketika hancur. Rizwan Khan, seorang pemuda keturunan India beragama muslim turut menjadi korbannya. Putra sambung Khan, menjadi korban bullying teman-temannya lantaran mempunyai ayah seorang muslim.

Khan lantas memutuskan untuk membersihkan nama Islam dengan berusaha menemui presiden langsung. Berhasilkah Rizwan Khan membersihkan citra agama Islam yang tercoreng? 

2. ALI

Rekomendasi film islami yang kedua berjudul ALI. Film ALI merupakan biografi dari petinju dunia, Mohammad Ali yang merupakan seorang pemeluk agama Islam. Kisah hidup Mohammad Ali diceritakan dengan sangat apik dan menarik dalam film ini.

Tak saja ceritanya yang menarik, daya tarik film ALI juga terletak pada karakter utamanya yang diperankan Will Smith. Will Smith menampilkan performa luar biasa di filmnya kali ini. Untuk memaksimalkan perannya, Will Smith dikabarkan sampai belajar tentang agama Islam. Karena totalitasnya, film ini berhasil mengantarkan Will Smith ke dalam jajaran nominasi Oscar pada masa itu.

3. LE GRAND VOYAGE

Jika kalian mencari rekomendasi film Islami dengan tema perjalanan, LE GRAND VOYAGE bisa jadi pilihan. LE GRAND VOYAGE menceritakan tentang hubungan ayah dan anak yang dingin. Dikisahkan, Reda seorang pemuda yang sedang kuliah di Paris Prancis, diminta sang ayah untuk mengantarkannya ke Mekah.

Di perjalanan mereka yang panjang, ayah dan anak ini menjumpai banyak hal. Banyaknya hikmah yang bisa dipetik tanpa sadar kemudian mendekatkan hubungan mereka yang semula dingin jadi lebih hangat dan cair. LE GRAND VOYAGE adalah rekomendasi film islami yang cocok ditonton bersama keluarga.

4. CHILDREN OF HEAVEN

CHILDREN OF HEAVEN juga jadi rekomendasi film islami yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Film ini diproduksi tahun 1997 silam. CHILDREN OF HEAVEN bercerita tentang hubungan anak-anak kakak beradik usia sekolah dasar. Mereka berasal dari keluarga kurang mampu. Karena suatu hal, setiap harinya mereka harus bertemu untuk bertukar sepatu.

Film CHILDREN OF HEAVEN merupakan film Islami yang menyentuh. Menonton film ini, bisa menumbuhkan perasaan sayang pada sesama, khususnya saudara. Selain itu, sama seperti film anak lainnya, CHILDREN OF HEAVEN juga memberikan banyak pelajaran berharga, tentang kesabaran, keikhlasan, dan kegigihan mewujudkan mimpi.

5. NUSSA

Indonesia patut berbangga, pasalnya ada satu film animasi terbaru dengan cerita islami yang berhasil menarik perhatian. Film itu adalah NUSSA. Sejak awal sebelum penayangan, NUSSA sudah dinanti-nantikan.

Film NUSSA bercerita tentang seorang bocah laki-laki bernama Nusa. Nusa adalah sosok bocah yang dibesarkan dengan nilai-nilai islami, dikenal pintar dan saleh. Suatu hari Nusa hendak mengikuti perlombaan sains di sekolah. Namun dia harus berhadapan dengan murid baru bernama Joni.

Pertemuan Nusa dengan Joni menumbuhkan konflik pada diri Nusa yang masih berusia 9 tahun. Cocok ditonton bareng anak atau keponakan.

6. SANG KIAI

Rekomendasi film islami lainnya adalah SANG KIAI. Sesuai dengan judulnya, film ini berkisah tentang tokoh terkenal, KH Hasyim Asyari seorang kiai dari pondok pesantren Tebu Ireng.

KH Hasyim Asyri menjadi tokoh yang menentang Jepang. KH Hasyim Asyari lantas ditahan lantaran melakukan perlawanan. Penahanan KH Hasyim Asyari menyulut semangat para santri untuk melakukan perlawanan bersama. Apabila kalian menyukai film tema perjuangan dengan tokoh Islam, maka SANG KIAI bisa jadi pilihan yang tepat.

Itulah di antaranya beberapa ulasan rekomendasi film Islami yang seru untuk ditonton. Gimana, udah kepikiran mau nonton yang mana?


REKOMENDASI
TRENDING