Fakta Unik Golden Globe 2018, Serba Hitam Sampai Sindiran Natalie Portman

Senin, 08 Januari 2018 13:40 Penulis: Rahmi Safitri
Fakta Unik Golden Globe 2018, Serba Hitam Sampai Sindiran Natalie Portman Oprah, Natalie, Ron Howard © Istimewa

Kapanlagi.com - Minggu (7/1) atau Senin pagi (8/1) WIB, digelar salah satu ajang penghargaan film terbesar di dunia, Golden Globes. Sederet film/serial TV berkualitas dan bintang-bintang berbakat pun membawa pulang penghargaan. Sejumlah bintang papan atas Hollywood juga menyempatkan hadir di acara yang di 2018 ini merupakan pergelaran ke-75.

Di tengah kebahagiaan dan senyum, ada pesan emosional untuk Golden Globes 2018. Hampir semua insan film yang hadir di The Beverly Hilton memakai gaun dan jas warna hitam. Tapi itu hanya satu dari sekian momen unik yang terjadi di Golden Globes. Masih ada beberapa fakta dan rekor baru yang terjadi di penyelenggaraan tahun ini. Apa saja itu?

1. Warna Hitam dan #TimesUp

Serba hitam di Golden Globes 2018 © AFPSerba hitam di Golden Globes 2018 © AFP

Sebagian besar bintang yang hadir di Golden Globe 2018 hadir dengan gaun dan jas hitam. Mereka berkabung dengan terungkapnya fakta kelam pelecehan seksual di dunia perfilman dan pertelevisian Hollywood. Bukan cuma itu saja, ini adalah kampanye #TimesUp yang disuarakan oleh sekitar 300 aktris seperti Meryl Streep, America Ferrera, Reese Witherspoon, Natalie Portman, dan lain-lain. #TimesUp ini bukan cuma untuk perfilman saja, tapi juga ketimpangan yang terjadi antar gender di militer, politik dan lain-lain. Twitter bahkan sampai membuat hashtag spesial untuk #TimesUp.

2. Oprah Winfrey Wanita Kulit Hitam Pertama Yang Dapat Cecill B. De Mille Award dan Pidato Kemenangannya Yang Powerful

Oprah saat memberikan pidato kemenangan © NBCOprah saat memberikan pidato kemenangan © NBC

Cecill B. De Mille Award adalah penghargaan spesial yang diberikan kepada seseorang yang dianggap memberikan kontribusi di dunia hiburan. Tahun ini award itu diberikan kepada aktris dan presenter terkenal Oprah Winfrey yang menerimanya di usia 61 tahun. Dengan diberikannya penghargaan tersebut kepada host The Oprah Winfrey Show, maka ia pun menjadi wanita (maaf) kulit hitam pertama yang menerima award spesial ini. Pidato kemenangan Oprah pun dibicarakan banyak orang karena sangat menyentuh.

"Aku ingin semua gadis, yang sekarang ada di sini, tahu bahwa hari baru ada di cakrawala! Dan saat hari baru itu akhirnya tiba, itu terjadi karena banyak wanita hebat, banyak di antaranya berada di sini, di ruangan ini, malam ini. Dan beberapa orang fenomenal yang berjuang keras untuk memastikan bahwa mereka menjadi pemimpin yang membawa kita ke waktu di mana tidak ada yang pernah mengatakan 'aku juga' lagi." Inilah akhir dari pidato Oprah yang penuh inspirasi.

3. Penghargaan Untuk Aziz Ansari dan Sterling K. Brown

Aziz Ansari dan Sterling Brown bersama award mereka © IstimewaAziz Ansari dan Sterling Brown bersama award mereka © Istimewa

Bukan cuma Oprah Winfrey saja yang berhasil meraih embel-embel 'pertama' di Golden Globes 2018. Dua aktor televisi berbakat, Aziz Ansari dan Sterling K. Brown, juga menjadi yang 'pertama' untuk penghargaan yang mereka terima. Aziz Ansari berhasil meraih Best Leading Actor Performance in a TV Comedy Series lewat serial Master of None. Award ini pun menjadikan Aziz sebagai aktor berdarah Asia pertama yang meraih prestasi tersebut. Sedangkan Sterling K. Brown mendapat penghargaan Best Leading Actor Performance in TV Drama Series lewat serial This Is Us. Sterling jadi aktor (maaf) kulit hitam pertama yang dapat gelar itu.

4. Standing Ovation Untuk Sineas Berusia 101 Tahun

Kirk Douglas didampingi sang menantu, dapat standing ovation © NBCKirk Douglas didampingi sang menantu, dapat standing ovation © NBC

Kirk Douglas adalah aktor, sutradara, produser, dan juga pengarang terkenal Hollywood yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-101 pada Desember 2017 lalu. Kirk adalah salah satu sineas Hollywood dari era Golden Age (sebutan untuk dunia perfilman Hollywood tahun 1920 sampai 1960-an) yang masih hidup. Kirk hadir di panggung Golden Globes 2018 untuk membacakan pemenang nominasi Best Screenplay. Pria yang kini duduk di kursi roda itu didampingi oleh menantunya, aktris Catherine Zeta Jones, istri dari aktor Michael Douglas.

Sebelum mengumumkan pemenang, Catherine cerita tentang perjuangan sang mertua untuk menghapuskan Hollywood Blacklist di tahun 1991. Blacklist itu tentang beberapa sineas yang dianggap sebagai komunis. Hadirnya Kirk ini pun mendapat standing ovation dari semua yang hadir di Golden Globes.

5. Sindiran Tajam Natalie Portman

Natalie Portman adalah salah satu aktris berbakat yang dimiliki oleh Hollywood. Bukan cuma cantik, punya akting menawan, aktris film BLACK SWAN ini juga getol menyuarakan kesetaraan di dunia perfilman lewat kampanye #TimesUp. Selain hadir dengan gaun hitam, Natalie juga jadi perhatian banyak orang dengan sindiran tajamnya saat di panggung Golden Globes 2018.

Natalie kebetulan didapuk untuk membacakan pemenang kategori Best Director bersama dengan sutradara Ron Howard. Sutradara yang masuk nominasi untuk Best Director kali ini adalah Guillermo del Toro (THE SHAPE OF WATER), Martin McDonagh (THREE BILLBOARDS OUTSIDE EBBING, MISSOURI), Christopher Nolan (DUNKIRK), Ridley Scott (ALL THE MONEY IN THE WORLD) dan Steven Spielberg (THE POST). Kebetulan semuanya adalah pria. Sebelum menyebutkan nominatornya, Natalie langsung bilang "Dan inilah para pria yang jadi nominator (Best Director)." Netizens pun ramai membahas dan mengagumi komentar Natalie yang savage.

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING