FILM INTERNASIONAL

Menegangkan! 5 Film Bertema Perang Ini Diambil Dari Kisah Nyata! Sudah Nonton?

Kamis, 26 Agustus 2021 09:18 Penulis: Editor KapanLagi.com

1917 (Credit: IMDb)

Kapanlagi.com - Bagi penggemar film, genre aksi merupakan genre yang cukup banyak diminati. Selain karena memacu adrenalin, film aksi juga sangat menantang untuk ditonton. Apalagi jika film tersebut bercerita tentang perang yang diambil dari kisah nyata. Ketegangan dari aksi yang disajikan di dalam film membuat para penontonnya sulit untuk mengalihkan pandangan mereka dari layar kaca.

Karena mengadaptasi cerita atas perang-perang yang pernah terjadi, banyak penonton yang membayangkan jika mereka berada di situasi tersebut. Bahkan, tak sedikit pula yang merasakan seolah-olah mereka terlibat dalam perang tersebut saking menegangkannya. Kira-kira film perang apa saja ya yang berhasil membuat tegang para penontonnya? Simak ulasan berikut!

1. KAJAKI: THE TRUE STORY (2014)

KAJAKI: THE TRUE STORY adalah film yang berkisah tentang sekelompok pasukan Inggris bernama 3 Para yang terdampar di bendungan Kajaki, Helmand, Afghanistan. Bendungan Kajaki sendiri merupakan ladang ranjau aktif bekas invasi Soviet. Film ini berlatar pada tahun 2006 saat perang di Afghanistan terjadi.

Meski tidak berfokus pada pertempuran layaknya film perang pada umumnya, KAJAKI: THE TRUE STORY tetap berhasil membuat penontonnya tegang sepanjang film. Pasalnya, segerombolan pasukan dari Inggris yang terdampar tersebut harus berusaha untuk menyelamatkan diri dan keluar dari bendungan Kajaki yang dipenuhi ratusan ranjau. Beberapa dari mereka bahkan harus rela kehilangan bagian anggota tubuhnya dan terus berjuang untuk hidup, atau bahkan mati.

 

2. HACKSAW RIDGE (2016)

HACKSAW RIDGE merupakan film yang berlatar pada saat Perang Dunia II. Film ini berkisah tentang seorang tentara Amerika bernama Desmond T. Doss (diperankan oleh Andrew Garfield) yang bertugas di pertempuran Okinawa. Meskipun seorang tentara, Desmond bersikeras untuk tidak mengangkat senjata.

Tujuan utama Desmond terjun ke medan perang bukanlah untuk mengambil nyawa, melainkan untuk menjadi petugas medis. Hal inilah yang menbuat Desmond dibully dan ditertawakan rekan-rekan tentaranya. Namun, uniknya, meskipun tidak pernah melayangkan satu tembakan sekalipun, Desmond dinobatkan sebagai tentara pertama di Amerika yang mendapatkan Medal of Honor.

 

3. DUNKIRK (2017)

DUNKIRK adalah film sejarah perang yang juga berlatar belakang pada saat Perang Dunia II. Film ini sendiri berkisah tentang operasi militer yang terjadi di Dunkirk, Perancis. Dalam operasi militer ini, ratusan ribu tentara Inggris dan Perancis terlantar dan sedang menunggu untuk diselamatkan atau mereka akan mati.

Terdapat tiga sudut pandang dalam film ini, yaitu sudut pandang darat, laut, dan udara. Masing-masing sudut pandang pun memiliki jangka waktu yang berbeda, yaitu 1 minggu di darat, 1 hari di laut, dan 1 jam di udara. Setiap sudut pandang menjelaskan bagaimana para tentara berjuang untuk menyelamatkan hidup rekannya dan bertahan hidup di tengah keadaan yang terombang-ambing.

 

4. MIDWAY (2019)

MIDWAY adalah film perang yang mengambil latar waktu pada saat Perang Dunia II. Film ini bercerita tentang pertempuran antara pasukan Amerika Serikat dan armada Jepang pasca pengeboman di Pearl Harbour oleh Jepang. Di sini, Amerika mengerahkan seluruh pasukannya untuk menyerang pasukan Jepang yang berada di Midway.

Dalam film ini, dapat dilihat bahwa armada Jepang memiliki alat tempur yang lengkap, sementara Amerika hanya mengandalkan pesawat tempur yang mereka miliki. Selain pesawat tempur, hal yang dapat Amerika andalkan adalah strategi perang yang brilian dalam menaklukkan Jepang. Pertempuran ini menjadi titik balik penting dalam Perang Pasifik di sejarah Perang Dunia II.

 

5. 1917 (2019)

1917 merupakan film adaptasi dari cerita seorang veteran perang tentara Inggris yang ternyata merupakan kakek dari sang sutradara film, Sam Mendes. Berlatar pada saat Perang Dunia I, film ini berkisah tentang 2 tentara bernama William Schofield (diperankan oleh George MacKay) dan Thomas Blake (diperankan oleh Dean-Charles Chapman) yang ditugaskan untuk menyampaikan pesan penting ke Devonshire.

William dan Thomas harus berhasil mengirimkan pesan tersebut sebelum matahari terbit. Pasalnya, pesan tersebut berisikan pembatalan penyerangan ke kubu Jerman oleh 1.600 tentara yang ternyata merupakan jebakan. Jika pesan tersebut tidak tersampaikan tepat waktu, maka nyawa 1.600 tentara akan melayang, termasuk nyawa kakak Thomas, Joseph Blake.

Nah, itulah film tentang peperangan yang dibuat berdasarkan kisah nyata. Mama yang sudah kamu tonton?

Ditulis oleh: Ursea Mayoriska

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING