FILM INTERNASIONAL

Movie Talk FAST 9: Ketika Pembuat Film dan Aktor Punya Lahan Bermain Untuk Puaskan Fans Militan

Jum'at, 25 Juni 2021 19:13 Penulis: Mahardi Eka Putra

Adegan dalam FAST 9. Foto: Universal Pictures

Kapanlagi.com - Sudah tergambarkan di judulnya, FAST 9 adalah film kesembilan dari franchise FAST SAGA yang laris manis ditonton di banyak negara. Siapa yang menyangka bahwa film THE FAST AND THE FURIOUS yang rilis 2001 bisa dibuat film kelanjutannya hingga 20 tahun kemudian. 

Kemunculan film FAST SAGA selalu dinanti oleh para fans. Terbukti hasil penjualan tiketnya tidak pernah flop. Sejak film kelimanya, FAST SAGA stabil meraup pendapatan sebesar Rp. 3 triliun. Rekor terbanyak diraih film ketujuhnya yang meraup pendapatan Rp.5,098 triliun. Capaian itu didapat dari penjualan tiket saja lho. Tak heran jika kemudian FAST SAGA dibuat film barunya, hingga yang terbaru FAST 9 ini.  

Lantas apa yang membuat FAST SAGA menjadi istimewa di mata penggemarnya? Jawabannya mulai dari mobil keren dan cepat, tim super yang sudah seperti keluarga sendri dengan Dom Toretto (Vin Diesel) sebagai pemimpinnya, super villain, adegan tarung, persenjataan beragam rupa, gadget canggih, ledakan, dan juga aksi spektakuler. Paduan elemen-elemen inilah yang membuat fans selalu kangen ingin kembali menonton. 

Universal Pictures pun memahami apa keinginan para fans sehingga dari film ke film, selalu ada peningkatan di sana-sini. Baik itu dari sisi jalan cerita, sosok villain yang dihadirkan, jenis-jenis mobilnya, dan tentu rentetan adegan spektakulernya. Haram hukumnya mengulangi adegan terdahulu atau pun menampilan adegan yang kalah spektakuler dari film sebelumnya. FAST 9 contohnya sudah memajang setiap aksi spektakulernya dalam trailer. 

Mobil yang terayun dengan selembar kawat besi besar. Hanya di FAST 9.  Mobil yang terayun dengan selembar kawat besi besar. Hanya di FAST 9.

 

 

 

 

1. Tempat Bermain Justin Lin

Sutradara Justin Lin digaet kembali bukan tanpa sebab. Lewat tangannya FAST SAGA berevolusi menjadi sesuatu yang  baru. Film tentang balap yang kental dari film pertama sampai ketiga seketika menjadi film sarat laga dan ledakan mulai film keempat. Dan hal tersebut berlanjut hingga film keenam dan diteruskan oleh James Wan dan F Gary Gray.  FAST 9 menjadi sebuah eksperimen sekaligus lahan bermain bagi Justin yang digaet kembali. 

"Orang selalu bicara “Kamu harusnya nggak melakukan ini. Kamu nggak bisa melakukan ini”. Lalu kami membuat perjanjian, tidak peduli apakah nanti ada babak berikutnya, kita akan melampaui ekspektasi mereka. Kita akan membuatnya berevolusi dan berkembang. Itulah semangat FAST AND FURIOUS," tuturnya kepada KapanLagi

Maka dari itu ketika film sebelumnya, FATE OF THE FURIOUS menyertakan aksi kejar-kejaran di atas padang es dengan kapal selam bertorpedo memburu para jagoan, FAST 9 menyajikan adegan yang lebih dari itu. Sebut saja mobil bermagnet serta jagoannya yang mengebut di atas jembatan yang putus. 



 

2. Mobil Bermagnet Jadi Sorotan

Keputusan Justin Lin untuk menikmati FAST 9 sebagai lahan bermain salah satunya terlihat dari elemen cerita yang dihadirkan. Di film ini diperlihatkan bagaimana Dom dkk menggunakan teknologi magnet sebagai salah satu senjata. Tinggal putar kenop magnetnya, mobil-mobil seperti ditarik ulur dengan santainya. 

"Aku suka sains. Semua film fiksi ilmiah kutonton. Namun rasanya kita perlu menarik batas antara fiksi dan fisika. Hahaha," kelakar Michelle Rodriguez kepada IGN. "Soal magnet-magnet ini mari sejenak mengabaikan fisikanya. Sering aku bertanya 'Hey bukannya ada banyak benda dari besi di jalanan ya. Ayolah...'," ujarnya menanggapi adegan di mana mobil Dom menarik mobil tertentu di jalanan ramai. 

Justin dkk jelas meletakkan FAST sebagai film fiksi tanpa terbeban seperti apa nanti reaksi penonton mengenai hal tersebut. Selain magnet, ada juga detail mengenai roket, mobl mengayun dengan seutas kawat besi, dan mobil terbang ke luar angkasa yang menjadi sorotan. 

"Ada batasnya antara hiburan dan kenyataan. Itu juga yang kuperhatikan beda antara film aksi 90-an dengan 2000-an ke atas. Kini kita harus menjelaskan segala sesuatunya selengkap mungkin dalam adegan Jadinya susah untuk membuat sesuatu yang di luar yang kita percayai. Maka dari itu era Rambo dan jagoan yang bisa mendaratkan mobilnya dengan selamat setelah melompati gedung sudah berakhir. Namun FAST AND FURIOUS seperti menari di tengah-tengahnya. Hanya kita yang bikin film seperti ini tapi tidak ditolak penonton. Apa karena kita sadar dan bermain-main dengan itu ya," timpalnya. 




3. Stuntwork Sefantastis Apapun Dilakoni

Dari sisi keaktingan sendiri, para aktornya juga bersenang-senang dalam memainkan tokohnya. Vin Diesel misalnya, selalu siap sedia ketika harus diminta melakukan adegan apapun. Dari situ ia merasa bisa makin menyelami seperti apa sosok Dom. 

"Ketika kamu makin tua, kamu mulai mempertanyakan kewarasanmu. Ketika kamu memikirkan kembali semua adegan laga yang pernah kamu lakukan dan tidak pernah mempertanyakannya. Proses utuhku dalam memahami Dom adalah dengan cara, ketika sutradara bilang aku harus lompat dari atas gedung, aku bakal lompat dari atas gedung. Karena aku sangat mendalami karakternya," tegasnya. 

Sedikit flashback, dalam film pertama Dom adalah pemilik bengkel sekaligus pimpinan kelompok pebalap yang beraksi mencuri muatan truk-truk di jalan tol. Makin ke sini, Dom menjadi sosok alpha male yang punya skill bak agen super dan skill mengemudi yang membuatnya selamat dari marabahaya apapun. 

4. Jadi Ajang Reuni

Apa yang tidak diperbuat Justin demi para fans? Bahkan sampai 'memunculkan kembali tokoh yang sudah diceritakan meninggal pun dilakukan. Berawal dari gerakan #JusticeForHan yang tidak setuju tokoh Han meninggal begitu saja, Justin mewujudkannya di FAST 9 ini. 

Sementara di mata Sung Kang, proyek FAST 9 adalah sebuah kesempatan sentimentil di mana ia bisa berkumpul kembali dengan rekan-rekan yang sudah ia anggap saudara. 

"Sungguh sebuah kesempatan istimewa, ketika bisa bekerja sama kembali dengan teman-temanmu dalam bisnis ini. Ini langka. Kamu bertemu dengan banyak orang dalam sebuah proyek dan terkadang kamu tidak akan bertemu dengan mereka lagi. Namun, Justin dan aku menghabiskan sebagian besar karir kami bersama," syukurnya. 

5. Antusiasme Penonton

Dengan semangat kekeluargaan serta "bermain" ini, FAST 9 akhirnya telah dirilis. Bagaimana antusiasme penontonnya? Dari data yang masuk di Box Office Mojo, FAST 9 sudah meraup Rp.4 Triliun dari penayangan filmnya di banyak negara. Itu belum termasuk Amerika Serikat dan Inggris Raya. Sebab film ini baru tayang 25 Juni di sana. Sementara di negara lain sudah tayang sejak 12 Juni. 

Well, bagaimana menurut kalian KLovers? Share di kolom komentar ya. Dan bersiaplah melihat seperti apa Universal, sineas, dan cast FAST 10 nanti bermain dengan film mereka. 

 


REKOMENDASI
TRENDING