Peran Sub-Zero Joe Taslim di MORTAL KOMBAT Jadi Kenangan Indah, Salah Satunya Pakai Kostum Beratnya 10 Kilo

Jum'at, 16 April 2021 16:16 Penulis: Mahardi Eka Putra
Peran Sub-Zero Joe Taslim di MORTAL KOMBAT Jadi Kenangan Indah, Salah Satunya Pakai Kostum Beratnya 10 Kilo Joe Taslim sebagai Sub-Zero

Kapanlagi.com - Film terbaru Joe Taslim, MORTAL KOMBAT tengah tayang di bioskop per 14 April kemarin. Ia memerankan sosok Sub-Zero yang melegenda bagi para fans. Ia juga menjadi aktor pertama dari jajaran cast yang dicasting serta diumumkan kepada publik. Bagi Joe, peran Sub-Zero ini sungguh membawa kenangan indah bagi dirinya, terutama dari sisi proses pembuatannya.  

"Iya... karena aku karakter pertama yang diannounce dan yang dicast di film ini. Jadinya lumayan sentral. Simon tuh sangat percaya banget. Apapun yang aku lakuin tentang karakter ini, aku diskusi dengan Simon 90 persen di bilang 'Do that. I love it. Do that'," tutur Joe dalam mini press conference awal pekan ini kepada KapanLagi.com. 

Simon McQuoid, sang sutradara ketika kami wawancara dalam kesempatan berbeda memuji akting Joe sebagai Sub-Zero. "Ini berkat Joe Taslim, ia menghadirkan tokoh antagonis yang mengagumkan. Aku suka itu," ujarnya. Pendapat Simon juga didukung oleh aktor-aktor lainnya yang pernah satu set bersama Joe. "Dia rekan kerja yang hebat dan membawa nama Indonesia dengan sangat baik. Sebuah kehormatan bekerja sama dengannya," puji Lewis Tan. Lewis memerankan tokoh Cole Young. 

Sub-Zero adalah tokoh ninja mematikan yang punya kekuatan untuk menciptakan dan menggunakan es sebagai senjata. Ia mendapat porsi lebih pada film MORTAL KOMBAT ini. Rivalitasnya dengan sosok ninja lain bernama Scorpion menjadi salah satu plot yang membangun keseluruhan film.  

Zirah Sub-Zero yang dipakai Joe Taslim beratnya mencapai 10 kilo. Copyright: Warner Bros Pictures via YouTube.Zirah Sub-Zero yang dipakai Joe Taslim beratnya mencapai 10 kilo. Copyright: Warner Bros Pictures via YouTube.

Berat Kostum Mencapai 10 Kilo Lebih

Tidak hanya perannya yang penting dalam narasi cerita, di mana Joe perlu mendalami karakter Sub-Zero ini, Joe juga dituntut untuk melakukan koreografi pertarungan yang tidak mudah. Belum lagi kostum Sub-Zero yang dikenakannya juga beratnya tidak main-main. 

"Peran di MORTAL KOMBAT ini menguras fisik (lebih dari peran-peran sebelumnya). Aku harus menggunakan kostum yang beratnya 10 atau 12 kilo lebih, lalu aku harus bergerak-gerak dengan cepat saat syuting. MORTAL KOMBAT ini lebih sulit dari yang lain karena rasanya seperti berakting sambil gendong anak," ungkap Joe kepada Screenrant dalam sebuah wawancara. 

Dalam preskon Joe menyebut ia butuh sampai 3 pekan untuk bisa beradaptasi dengan kostum beratnya tersebut. "Rasanya 3 kali lebih capek. Beratku sampai turun 4-5 kilo. Setiap pakai pasti banjir keringat," ceritanya. Kostum yang berat ini dianggap Joe sebagai salah satu hal yang mendukung pendalaman karakternya. ,0

"Emang dia pakai zirah begitu untuk melindungi badannya. Emang harus berat nggak boleh dibikin ringan. Itu justru membantu performanceku sebagai aktor. Baju berat bikin performaku jadi lebih baik," ungkapnya. 

Joe Taslim harus berakting dengan kostum berat. Copyright: Warner Bros Pictures via YouTube.Joe Taslim harus berakting dengan kostum berat. Copyright: Warner Bros Pictures via YouTube.

Sampai Diminta Kurangi Kecepatan Tarung

Bukan tanpa sebab Joe dicast pertama kali serta mendapat tokoh penting dalam film. Simon memang ingin menggaet aktor yang sudah berpengalaman dalam berakting laga dan bertarung. Ia ingin agar apa yang nantinya terlihat di layar adalah gerakan yang benar-benar meyakinkan. 

Daftar filmografi Joe sendiri didominasi dengan banyak peran yang menuntut kualitas fisik dan kemampuan bertarung yang mumpuni. Dua film mancanegara yang pernah dibintanginya adalah FAST AND FURIOUS 6 dan STAR TREK BEYOND. Sementara film yang mengangkat namanya adalah THE RAID dan THE NIGHT BECOME US. 

Saking berpengalamannya, Joe bahkan sampai diminta mengurangi sedikit kecepatannya saat beradu laga. "Joe sangat cepat, mereka harus memintanya untuk memperlambat kamera," ungkap Mehcad Brookes yang berperan sebagai Jax kepada Syfy. Bahkan, Brookes menyandingkan Joe Taslim dengan legenda aktor bela diri Bruce Lee.

Semua pengalaman seru dan tantangan berakting di atas serta dukungan dari rekan di MORTAL KOMBAT membuat perannya kali ini dianggapnya sebagai kenangan terindah. "Jadinya, karakter Sub-zero ini salah satu karakter paling menarik selama aku menjadi seorang aktor. Dan paling memorable in beautiful way," tutup Joe.  

Simak video lengkap wawancaranya di bawah ini.

 

 

 

(kpl/dka)


REKOMENDASI
TRENDING