Vietnam Sensor 'FIFTY SHADES' Secara Brutal, Penonton Kesal!

Kamis, 12 Maret 2015 16:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Vietnam Sensor 'FIFTY SHADES' Secara Brutal, Penonton Kesal! FIFTY SHADES OF GREY/©Focus Features
Kapanlagi.com - Jutaan orang telah terbius oleh 'bujuk rayu' yang gencar dilakukan oleh tim promo FIFTY SHADES OF GREY, film romantis erotis besutan sutradara Sam Taylor-Johnson. Meskipun banyak yang memboikot lantaran dituduh mengglamorkan adegan kekerasan terhadap perempuan, film ini mampu meraup keuntungan sebesar US$ 528 juta atau setara dengan 550 miliar Rupiah.

Beberapa negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, dan Kamboja melarang keras film ini untuk beredar di bioskop dengan berbagai macam alasan. Mulai dari banyaknya adegan seks yang ditampilkan hingga kekerasan atas perilaku seks yang tak biasa. Meski telah diputar Februari lalu, rasanya demam FIFTY SHADES belum reda. Belum lama ini, giliran Vietnam yang menyensor habis-habisan film yang dibintangi Jamie Dornan dan Dakota Johnson ini.

Salah satu adegan seksi dalam FIFTY SHADES/©Focus FeaturesSalah satu adegan seksi dalam FIFTY SHADES/©Focus Features

Dilansir UK Independent, pihak lembaga sensor Vietnam memotong kurang lebih 20 menit seluruh adegan seks yang dirasa sangat sensitif. Menyisakan beberapa adegan ciuman yang tak berarti apapun. Banyak penonton yang kecewa, bahkan marah, karena jadi kebingungan dengan jalan ceritanya.

Xuan Taho, salah satu penonton FIFTY SHADES di Vietnam menuturkan jika, “Ini benar-benar kelewatan. Ratingnya 16+, tapi anak 5 tahun aja bisa nonton film ini, walaupun trailernya sangat seksi. Harusnya mereka (lembaga sensor) mencekalnya aja sekalian,” ungkapnya kesal seperti yang dilaporkan UK Independent. Bisa jadi keputusan Vietnam ini didasari karena tiga negara tetangga yang telah disebutkan di atas telah mencekal FIFTY SHADES.

Namun, penyensoran sepanjang 20 menit ini benar-benar nggak bisa dimaafkan oleh para penggemarnya. Kejadian serupa juga terjadi di Uni Emirat Arab, namun distributor memilih untuk tak mendistribusikannya ke bioskop karena pemotongan durasi film. Yang lebih mengecewakan adalah, Vietnam memotong ending dari film yang diangkat dari novel erotis karya E.L. James ini. Adegan saat Christian Grey 'menghukum' Ana Steele dengan sabuknya, ikut disunat hingga hanya menyisakan adegan di mana Ana meninggalkan 'ruang bermain' Mr. Grey. Penonton jelas dibuat bingung dan marah!

Cat Khue, seorang kolumnis film dari koran lokal setempat, mengatakan jika penyensoran film yang cukup brutal ini sudah jadi hal yang biasa di Vietnam. Banyak film-film yang bernasib seperti FIFTY SHADES di mana adegan kekerasan dan seks terpaksa dihilangkan.

(cin/tch)


REKOMENDASI
TRENDING