Berita Rowan Atkinson Meninggal Ternyata Hoax, Hati-Hati Virus!

Jum'at, 20 Juli 2018 12:08 Penulis: Soraya
Berita Rowan Atkinson Meninggal Ternyata Hoax, Hati-Hati Virus! Rowan Atkinson © TPG Images

Kapanlagi.com - Baru-baru ini muncul sebuah berita yang sangat mengejutkan dari jagat Hollywood. Pemeran Mr. Bean Rowan Atkinson kembali dikabarkan meninggal dunia. Kali ini sang aktor dilaporkan telah mengalami kecelakaan mobil pada Selasa (17/7) lalu.

Berita kematian Rowan Atkinson itu pun sukses menghebohkan media sosial dan dipercaya adalah asli karena melibatkan nama FOX News dalam headline-nya. Meski bertuliskan tahun 2017, faktanya ada begitu banyak korban yang tertipu dan meng-klik link video dalam postingan tersebut.

Padahal sebenarnya, link berita hoax ini mengandung virus dan Malware, seperti yang dilansir dari NME. Disebutkan jika sebenarnya link tersebut akan menyebarkan virus pada komputer dan perangkat sang pengguna, yang akhirnya akan mencuri berbagai data penting seperti nama, alamat, bahkan rekening korban.

Inilah hasil screenshot postingan hoax tentang kematian Rowan Atkinson © HoaxSlayer via dailymail.co.ukInilah hasil screenshot postingan hoax tentang kematian Rowan Atkinson © HoaxSlayer via dailymail.co.uk

NME menyebutkan jika sebenarnya gambar play button dalam postingan tersebut bukanlah video, melainkan foto biasa yang berguna untuk memancing para pembaca. Sekali klik, maka user akan langsung masuk ke halaman 'Security Error' yang mengharuskan user untuk menghubungi nomor customer support.

Saat itulah scammer bekerja untuk mengulik setiap data pribadi dengan embel-embel demi proses unblocked komputermu yang sudah terkena virus. Bahkan virus yang sudah masuk akan ter-install berbagai Malware yang bisa mencuri berbagai data yang ada di dalamnya.

Well, ini bukan kali pertama Rowan dikabarkan meninggal dunia. Sepertinya para scammers benar-benar tahu bagaimana cara memanfaatkan popularitas sang legenda demi mendapatkan apa yang mereka inginkan. Beware, guys!

(nme/sry)

Editor:

Soraya


REKOMENDASI
TRENDING