Calon Putri Pangeran Harry & Meghan Markle Nggak Bakal Dapat Gelar Bangsawan

Selasa, 05 Juni 2018 09:08 Penulis: Editor KapanLagi.com
Calon Putri Pangeran Harry & Meghan Markle Nggak Bakal Dapat Gelar Bangsawan Pangeran Harry - Meghan Markle © AFP

Kapanlagi.com - Setelah menikah pada 19 Mei lalu, Pangeran Harry dan Meghan Markle mendapat gelar bangsawan yang secara langsung diberikan oleh Ratu Elizabeth II. Bukan hanya sekedar pangeran dan putri, saat ini mereka sudah dipanggil dengan sebutan Duke dan Duchess of Sussex.

Kini publik dihebohkan dengan sebuah fakta baru. Seperti yang dilansir dari Us Magazine, calon keturunan Meghan Markle dan Pangeran Harry yang berjenis kelamin perempuan tak akan mendapat gelar bangsawan.

Sesuai dengan aturan Kerajaan Inggris, seorang Duke of Sussex hanya bisa mewariskan garis kebangsawanannya pada ahli waris laki-laki. Karena itulah putri Harry dan Meghan nantinya tidak akan mendapat title apapun.

Putri Meghan dan Harry tak akan dapat gelar bangsawan © AFPPutri Meghan dan Harry tak akan dapat gelar bangsawan © AFP

Hal ini sendiri belajar dari pengalaman Duke of Sussex yang sebelumnya. Meski begitu, aturan ini disebutkan bisa berubah apabila Kerajaan Inggris kembali memperbaharui suksesi dalam undang-undang yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Contohnya saja seperti yang terjadi di tahun 2011 lalu. Suksesi hukum yang baru menyebutkan jika anak pertama Pangeran William dan Kate Middleton akan berada di urutan ketiga dalam tahta tanpa memandang apapun jenis kelaminnya.

Gara-gara perubahan dalam undang-undang hak waris itu, sama sekali tak mengubah fakta jika Charlotte Elizabeth Diana adalah antrean ke-2 setelah Pangeran George. Sementara itu, putra ke-3 William dan Kate akan menduduki posisi ke-3 sesuai dengan ketetapan yang ada.

(usm/sry)


REKOMENDASI
TRENDING