Royal Wedding: Menu Makanan Pernikahan Pangeran Harry, Para Tamu Bisa Nikmati Ini

Kamis, 17 Mei 2018 17:05 Penulis: Rahmi Safitri
Royal Wedding: Menu Makanan Pernikahan Pangeran Harry, Para Tamu Bisa Nikmati Ini Meghan Markle dan Pangeran Harry © Istimewa

Kapanlagi.com - Pangeran Harry dan Meghan Markle tinggal menghitung hari menuju sah sebagai suami istri. Pernikahan yang disebut sebagai Royal Wedding ini pastinya punya persiapan yang nggak main-main. Pernikahan orang biasa saja memerlukan waktu lama dan persiapan yang matang, maka bisa dibayangkan bagaimana dengan pernikahan anggota kerajaan Inggris ini.

Segala detail pernikahan royal wedding ini pun sudah dari jauh-jauh hari bikin publik penasaran. Mulai dari bentuk undangan, siapa saja yang akan datang, bagaimana gaun pernikahan yang bakal dipakai oleh Meghan Markle, hingga menu apa saja sih yang akan dihidangkan untuk para tamu.

Kali ini kita bicara tentang menu makanan di royal wedding. Siapa sih yang nggak suka membahas makanan? Lagipula kalau kita ke kondangan pasti yang ditunggu-tunggu adalah menikmati hidangan yang disuguhkan untuk para tamu. Yuk intip dan incip.

DUA KALI RESEPSI

Sebelum membahas lebih jauh, marilah lebih dulu melihat tentang tradisi soal menu makanan dalam Royal Wedding. Resepsi anggota kerajaan ini biasanya dilaksanakan pada waktu pagi menjelang siang, sekitar pukul 11 AM waktu setempat. Acaranya biasa disebut dengan wedding breakfast (kalau istilah zaman now adalah brunch). Makanan-makanan untuk para tamu tersaji ala buffet. Malamnya masih ada acara lagi untuk keluarga dan teman dekat berupa makan malam serta pesta dansa. Satu hal yang tak boleh terlewatkan dalam acara ini adalah kue pengantin. Dalam tradisi royal wedding, kue pengantin ini biasanya bersusun dan berupa fruit cake. Namun Pangeran Harry dan Meghan memilih kue yang tidak bersusun.

MENU ROYAL WEDDING DARI MASA KE MASA

Sebelum memprediksi makanan apa saja yang ada di pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle ada baiknya napak tilas dulu ke masa lalu. Buat yang belum tahu inilah menu makanan di royal wedding Inggris seperti dilansir dari Brides.com!

Pernikahan Pangeran Albert dan Elizabeth Bowes-Lyon (1923)

Pernikahan antara sang pangeran dengan ibu suri ini mempunyai nama sesuai dengan anggota kerajaan. Consommé á la Windsor yang adalah sup, Suprèmes de Saumon Reine Mary berupa salmon, Côtelettes d'Agneau Prince Albert yang merupakan irisan daging domba, Chapons á la Strathmore semacam menu ayam ala Skotlandia dan dessert-nya Fraises Duchesse Elizabeth alias stroberi dengan krim.

Pernikahan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip (1947)

Menu makanan di pernikahan Sang Ratu ini namanya masih sulit diucapkan seperti menu di pernikahan Pangeran Albert. Untuk wedding breakfast-nya Filet de Sole Mountbatten yang disajikan dengan kaserole ala Prancis. Untuk dessert-nya ada Bombe Glacée Princesse Elizabeth yang ternyata adalah es krim yang terbuat dari stroberi. Selain itu masih ada fruit cake-nya.

Pernikahan Pangeran Charles dan Lady Diana (1981)

Sudah diduga, nama menu makanan di pernikahan Pangeran Charles ini masih susah buat dilafalkan. Makanan utama namanya Supreme de Volaille Princess de Galles yang bahan utamanya adalah dada ayam yang diisi daging domba. Uniknya nih ada 27 wedding cake di pernikahan ini.

Pernikahan Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson (1986)

Salah satu menu di pernikahan pasangan yang cerai di 1986 adalah Eggs Drumkilbo yang berupa telur rebus dengan lobster dan saus seafood ditambah dengan daging domba, saus mint dan kentang. Sesuai tradisi ada juga stroberi berbalut krim.

Pangeran William dan Kate Middleton (2011)

Saat wedding breakfast, disajikan canape yang berupa makanan-makanan mini cantik. Buat resepsi saat malam hari ada salmon, kepiting dan makanan utamanya berupa daging domba organik yang disajikan dengan sayuran musim semi, asparagus Inggris, kentang Jersey Royal, dan saus Windsor. Untuk dessert ada es krim madu Berkshire.

KUE PERNIKAHAN PANGERAN HARRY DAN MEGHAN MARKLE

Salah satu kue yang penuh bunga buatan Claire Ptak © instagram.com/violetcakeslondonSalah satu kue yang penuh bunga buatan Claire Ptak © instagram.com/violetcakeslondon

Pangeran Harry dan Meghan Markle sudah menentukan seperti apa kue pernikahan mereka. Sesuai prediksi banyak orang, kedua calon pengantin ini tidak mengikuti tradisi seperti royal wedding sebelumnya.

Pangeran Harry dan Meghan telah memilih Claire Ptak, pemilik Violet Bakery di London, sebagai pembuat kue pengantin mereka. Keduanya menginginkan kue lemon elderflower dengan cream butter dan dihiasi bunga segar. Kue ini disebut berbeda dengan tradisi sebelumnya yang biasanya berupa fruitcake dan bersusun.

CHEF UNTUK MAKANAN DAN DESSERT

Inilah Mark Flanagan, head chef royal wedding © www.royal.ukInilah Mark Flanagan, head chef royal wedding © www.royal.uk

Pihak kerajaan sudah mengumumkan kalau kepala chef yang mengurusi untuk menu makanan di royal wedding nanti adalah Mark Flanagan, yang memang selama ini dipercaya sebagai kepala dapur kerajaan. Chef Mark bilang kalau makanan yang mereka buat ini akan diambil dari bahan-bahan segar yang diambil dari kebun kerajaaan. Dari foto-foto di dapur kerajaan yang beredar, Chef Mark akan menyajikan asparagus di wedding brunch nantinya. 

Selwyn Stoby, chef bagian dessert © www.royal.ukSelwyn Stoby, chef bagian dessert © www.royal.uk

Sementara untuk urusan dessert dipercayakan kepada Chef Selwyn Stoby. Saat ini dia dan timnya sudah bekerja keras dalam menyajikan kue-kue cantik yang bisa disantap oleh sekitar 600 tamu. Salah satu menu dessert yang bakal disajikan adalah cokelat truffle yang memang sudah jadi andalan di acara resmi kerajaan selama bertahun-tahun. Selain cokelat truffle, akan ada juga creme brulee ukuran sekali gigit, biskuit dengan topping panna cotta dan makaron kuning. Kue-kue ini dibuat cerah sesuai dengan musim semi saat ini.

Beberapa dessert di royal wedding nanti © AFPBeberapa dessert di royal wedding nanti © AFP

Sementara itu sebelumnya banyak yang memprediksi termasuk The Telegraph, Table Talk akan jadi catering yang mengurusi menu makanan tamu undangan Pangeran Harry dan Meghan. Table Talk sering dipercaya oleh pihak kerajaan termasuk mengurus menu di pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Mereka juga dipercaya untuk urusan makanan di pernikahan Pippa Middleton.

Table Talk dikenal dengan makanannya yang lezat, inovatif dan platting yang cantik, sampai bikin orang tak mau makan karena takut merusak makanannya yang Instagrammable banget. Makanya menu makanan mereka sering jadi pilihan kerajaan Inggris. Meghan dan Pangeran Harry diprediksi akan memilih Table Talk untuk mengurus menu mereka untuk dinner. Selain karena makanannya, catering satu ini bersedia berinovasi sesuai permintaan. Melihat Meghan dan Harry yang suka something different, rasanya Table Talk adalah pilihan yang tepat.

Prediksi Menu Makanan yang Sesuai Tradisi

Baik Pangeran Harry maupun Meghan adalah orang-orang yang punya banyak ide serta hidup di era modern. Tapi sebagai anggota dan calon anggota kerajaan bisa dipastikan mereka tak akan melupakan tradisi begitu saja. Because it's part of their life.

Makanan berupa ayam

Dilihat dari royal wedding terdahulu, ayam menjadi salah satu favorit sebagai menu makanan, walau diolah dengan bumbu-bumbu berbeda. Kenapa ayam bisa jadi menu terkuat yang akan tersaji di resepsi Pangeran Harry dan Meghan? Ayam tepatnya yang dipanggang adalah makanan bersejarah bagi pasangan ini. Masih ingat saat bagaimana sang pangeran melamar Meghan? Yap, dia melamar wanita pujaannya saat mereka sedang memanggang ayam di sebuah cottage. Lagipula siapa yang tak mau mengenang momen indah di hari spesial mereka? Roasted chicken bisa jadi akan membuat senyuman Harry - Meghan makin merekah ingat kenangan saat lamaran mereka.

Harry dan Meghan saat cerita tentang kisah mereka, termasuk saat bagaimana sang pangeran melamar kala keduanya memanggang ayam © ABC NewsHarry dan Meghan saat cerita tentang kisah mereka, termasuk saat bagaimana sang pangeran melamar kala keduanya memanggang ayam © ABC News

Makanan berupa daging domba

Daging domba juga sering jadi pilihan utama di royal wedding. Mulaindari Pangeran Albert hingga Pangeran William juga memilihnya sebagai makanan utama. Jadi bukan sesuatu yang bikin kaget kalau daging domba akan muncul lagi di pernikahan Pangeran Harry dan Meghan. Baik menu ayam dan domba ini diprediksi akan dipadu dengan sayuran segar.

Stroberi dan krim

Selain cokelat truffle dan macaron, menu dessert ini juga diprediksi bakal ada. Sejak pernikahan Pangeran Albert stroberi berbalut krim tersaji sebagai salah satu pencuci mulut. Lagipula siapa yang tidak suka menyantap buah stroberi segar dengan krim? Membayangkan saja sudah yummy.

Es Krim

Di Indonesia pun es krim hampir selalu ada di resepsi-resepsi pernikahan. royal wedding pun nggak ketinggalan. Es krim manis yang dingin memang jadi favorit berbagai usia. Jadi tak heran kalau menu ini bakal dipilih Pangeran Harry dan Meghan. Entah itu yang terbuat dari buah, madu, atau lainnya.

Prediksi Makanan yang Mendobrak Tradisi

Setiap orang punya makanan favorit berbeda-beda. Ada kalanya makanan favorit ini diusahakan ada di acara spesial mereka. Hal inilah salah satu alasan yang diyakini sebagai munculnya menu terobosan baru alias yang beda dengan royal wedding sebelumnya. Selain itu asal Meghan juga disebut bisa membuat perbedaan di daftar menu. Calon pengantin sudah beda untuk kue pengantin dan rasanya menu makanan pun juga akan ada yang asing dari tradisi.

Menu Makanan Ala American Wedding

Meghan berasal dari California, Amerika Serikat. Untuk undangan mereka saja menggunakan tinta Amerika untuk menghormati asal usul Meghan. Jadi rasanya tak masalah kalau ada perpaduan klasik Inggris dan Amerika di daftar menu.

Apalagi rumor menyebutkan kalau Meghan ingin menambah midnight snacks buat resepsi di malam hari. Kebetulan midnight snack ala Amerika ini sulit banget buat ditolak.

Midnight snack yang bisa jadi bakal muncul di royal wedding antara lain:
- Grilled cheese
- Burger
- Hot dogs
- Taco
- Donat

Makanan tersebut di atas sebenarnya masuk kategori street food yang bisa dibilang tidak elit buat ukuran royal wedding. Tapi kalau dibuat dan diinovasikan oleh chef ternama, barangkali The Queen pun akan mencoba hot dog di resepsi sang cucu.

Menu favorit mempelai

Meghan Markle pernah punya blog bernama The Tig, yang kini sudah ditutup. Di blog tersebut, mantan aktris ini menceritakan gaya hidupnya, termasuk apa saja yang jadi favoritnya.

Salah satu makanan favorit Meghan adalah pasta dengan zucchini, yang menurutnya sangat creamy. Bisa jadi Meghan ingin keluarga royal dan para tamu merasakan sensasi pasta dengan zucchini yang difavoritkannya ini.

Selain pasta, Meghan adalah penggemar berat Tignanello, minuman anggur merah dari Tuscan, Italia. Saking cintanya dengan red wine ini, blognya pun bernama The Tig. Rasanya wine masih layak lah masuk ke dalam pernikahan kerajaan.

Prediksi di atas bisa jadi benar atau tidak karena sampai sekarang belum diumumkan makanan apa yang akan disajikan di royal wedding nanti. Yang bisa dipastikan adalah menunya tentunya akan menggugah selera. Let's wait and see apa yang akan dinikmati keluarga kerajaan nanti.

Prediksi menu makanan di Royal Wedding nanti © KapanLagi.com®Prediksi menu makanan di Royal Wedding nanti © KapanLagi.com®


 

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING