Royal Wedding: Perkiraan Biaya Pernikahan Pangeran Harry 515,9 M, Buat Bayar Apa Aja?

Kamis, 17 Mei 2018 16:10 Penulis: Ayu Srikhandi
Royal Wedding: Perkiraan Biaya Pernikahan Pangeran Harry 515,9 M, Buat Bayar Apa Aja? Pangeran Harry - Meghan Markle © AFP/ KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Hari bahagia pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle hanya tinggal menghitung hari saja. Keduanya memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada 19 Mei 2018 mendatang. Pemilihan tanggal ini terbilang menarik sebab Queen Victoria pernah mengatakan kalau ia tidak akan pernah membiarkan anak dan cucunya melangsungkan pernikahan pada bulan Mei karena bad luck. Sebagai pengingat saja, Pangeran William dan Kate menikah pada 29 April.

Publik mau tak mau membandingkan royal wedding 2018 ini dengan royal wedding sebelumnya, yakni di 2011. Jika pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton disebut sebagai fairy tale wedding oleh beberapa media, apakah pernikahan Harry - Meghan bakal menyandang gelar yang sama atau bahkan lebih dari pada itu?

Tak heran kalau kemudian British royal wedding kali ini makin membuat publik penasaran. Salah satu yang membuat penasaran tak lain adalah detail pernikahannya dan juga biaya yang dikeluarkan untuk mempersiapkannya.

Pesta pernikahan Dutch dan Dutches of Cambride yang digelar pada 29 April 2011 lalu diperkirakan menghabiskan biaya sampai US$ 34 juta atau setara dengan Rp 475,9 miliar. Namun sebenarnya, biaya pernikahan William Kate itu diperkirakan hanya menghabiskan biaya US$ 2 juta (Rp 28 miliar) saja. Pengeluaran terbanyak justru datang dari biaya keamanannya yang mencapai angka US$ 32 juta (Rp 447,9 miliar).

Biaya pernikahan keluarga kerajaan Inggris yang habiskan dana hingga triliunan rupiah. © KapanLagi.comBiaya pernikahan keluarga kerajaan Inggris yang habiskan dana hingga triliunan rupiah. © KapanLagi.com

Jangan kaget dulu dengan angka tersebut. Biaya pernikahan mereka masih jauh di bawah budget pernikahan Pangeran Charles dan Lady Diana, yang jika dikonversi pada dollar sekarang mencapai US$ 110 juta atau yang mencapai angka Rp 1,5 triliun, sedangkan untuk biaya keamanannya tercatat US$ 1,4 juta atau setara dengan Rp 19,5 miliar. Bagaimana dengan Pangeran Harry dan Meghan Markle? Tidak menutup kemungkinan biaya pernikahan mereka akan melebihi budget dari pernikahan Pangeran William dan Kate. Sebabnya bisa jadi karena nilai tukar mata uang yang berbeda setelah tujuh tahun berlalu. Namun begitu, sama seperti royal wedding terdahulu, biaya biaya pernikahan akan ditanggung sendiri oleh pihak kerajaan kecuali biaya keamanan yang diambilkan dari pendapatan pajak Inggris.

KLovers perlu tahu nih, pernikahan orang biasa yang bertempat tinggal di London rata-rata membutuhkan biaya pernikahan sekitar US$ 36,6 Ribu (Rp 512,2 juta) menurut survey yang dilakukan Independent pada September 2017. Nah, bagaimana kalau yang menikah keluarga kerajaan Inggris? Nggak heran kalau budgetnya mencapai 50 hingga 100 kali lipat biaya pernikahan orang biasa.

Budget untuk pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle diperkirakan bisa meroket sampai US$ 10 juta (Rp 140 miliar) seperti yang dikatakan Mindy Weiss, seorang konsultan pesta yang kerap bekerja bareng Kim Kardashian. Sementara Aimee Dunne, seorang wedding planner yang telah melihat detail dari pernikahan Royal Family, menduga kalau biayanya bakal sekitar US$ 2 - 2,7 juta atau setara dengan Rp 28,5 - 37,9 miliar. Perlu dicatat biaya ini belum termasuk budget untuk keamanan lho ya. Kira-kira uang Rp 37,9 miliar ini habis untuk apa saja?

Gaun Pernikahan Couture Rancangan Desainer Australia

Meghan Markle telah mempercayakan desain gaun pengantinnya pada Tamara Ralph dan Michael Russo yang lebih dikenal lewat brand Ralph & Russo. Sebelumnya, calon mempelai juga terlihat mengenakan dress rancangan desainer yang sama untuk sesi foto pertunangannya lalu. Kala itu, dress hitam elegan yang dikenakan Meghan diperkirakan bernilai sampai US$ 75 ribu (Rp 1 miliar). Sementara untuk gaun pengantin Meghan nanti bakal dijahit tangan secara manual dan dikerjakan selama ratusan jam. Tidak mengherankan jika kemudian harganya diperkirakan mencapai US$ 135 ribu atau sekitar Rp 1,9 miliar. Itu masih bisa lebih.

Harga selangit ini disebabkan karena detail gaun yang bakal dipenuhi dengan manik untuk memberikan kesan glamor. Untuk warna, Meghan diperkirakan tetap mengikuti tradisi dengan mengenakan dress berwarna putih. Sejak pernikahan Queen Victoria, para mempelai wanita di kerajaan Inggris memang turun-temurun mengenakan dress warna putih. Padahal sebelum itu, gaun pernikahan biasanya menggunakan warna-warna yang melambangkan kemewahan seperti warna merah. Sejak pesta pernikahan Queen Victoria, ada aturan baru juga bahwa para tamu undangan tidak diperkenankan mengenakan busana putih.

Sementara, dress putih cantik yang dikenakan Kate Middleton di hari bahagianya bernilai hingga US$ 434 ribu atau sekitar Rp 6,1 miliar. Gemma Murray menjelaskan keistimewaan gaun pernikahan Kate terletak pada ornamen bunga-bunga yang tumbuh di seluruh Inggris, mulai dari semanggi hingga mawar.

Terkait gaun pernikahannya, baik Meghan dan Kate sama-sama merahasiakan desain gaunnya dari mempelai pria. Hingga saat ini Pangeran Harry belum diberi tahu sama sekali soal detail gaun yang akan dikenakan oleh tunangannya itu di hari pernikahan mereka nanti. Tambah bikin deg-degan Pangeran Harry nih.

Pemotretan tunangan Meghan Markle dan Pangeran Harry © Instagram.com/kensingtonroyalPemotretan tunangan Meghan Markle dan Pangeran Harry © Instagram.com/kensingtonroyal

Wedding Cake Bertema Musim Semi

Pihak kerajaan Inggris telah mengumumkan kalau Meghan Markle dan Pangeran Harry mempercayakan pembuatan wedding cake mereka pada pastry chef Claire Ptak. Ia merupakan pemilik dari Violet Bakery London yang sebelumnya pernah diwawancara oleh Meghan Markle untuk lifestyle blognya, The Tig.

Detail pasti wedding cake yang akan dibuat Claire Ptak memang belum terungkap, tapi seorang sumber menjelaskan kalau keduanya berencana tidak sepenuhnya mengikuti tradisi wedding cake keluarga kerajaan. Soal desain, wedding cake mereka tidak akan dibuat susun super tinggi seperti dalam tradisi. Namun, untuk isi, keduanya memilih untuk setia pada tradisi pesta pernikahan kalangan kerajaan yang selalu memilih cake buah. Meghan dan Harry telah memesan lemon cake yang dilapisi buttercream dan dihiasi dengan elderflower segar.

Wedding cake yang bakal mengusung tema musim semi itu diperkirakan akan menghabiskan biaya setidaknya Rp 500 juta. Violet Bakery dalam website resminya sendiri sudah menyediakan perkiraan harga untuk wedding cake buatan mereka. Cake untuk kapasitas 150 tamu dijual dengan harga US$ 1.063 atau setara dengan Rp 14,9 juta (Rp 99 ribu/slice).

Dengan perkiraan tamu yang diundang mencapai 2.460 orang dan membandingkan dengan cake pernikahan Kate Middleton dan Pangeran William yang dibagikan pada 4.600 orang, bukan hal yang mengherankan kalau biaya yang diperlukan untuk wedding cake Meghan dan Harry mencapai jumlah hingga setengah miliar rupiah jika mereka berniat memberikan 5.000 iris cake untuk dibawa pulang tamu undangan.

Dalam pernikahan kerajaan Inggris sendiri, wedding cake memang tidak langsung dipotong saat pesta berlangsung. Seperti pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton lalu, cake bernilai US$ 75,9 ribu (Rp 1 miliar) itu dijadikan sarapan keesokan harinya untuk 600 orang, sedangkan 4.000 potong lain diberikan sebagai kado dengan dipacking di dalam kaleng cantik. Bahkan di pelelangan, satu iris wedding cake mereka itu dijual sampai US$ 8.128 atau sekitar Rp 114 juta.

Buket Bunga Ratusan Juta

Setiap mempelai pengantin di kerajaan Inggris tentunya akan membawa sebuah buket bunga saat menuju altar, biasanya mereka memilih bunga-bunga yang berwarna putih. Di hari bahagia Meghan Markle nanti, banyak yang penasaran seperti apa buket buka yang diinginkan oleh calon putri berusia 36 tahun ini. Bertepatan musim semi di London, beberapa jenis bunga ada yang mulai bermekaran pada bulan Mei ini seperti sederetan bunga cantik bermekaran di sana seperti beech, birch, hornbeam, mawar putih, foxgloves, dan juga bunga pony yang merupakan favorit Meghan Markle.

Untuk pernikahan orang biasa di sekitar London, harga buket bunga sebesar US$ 217 (Rp 3 juta) sudah masuk kategori yang bagus menurut Buds Floristy, namun karena kita membicarakan soal royal wedding nggak menutup kemungkinan kalau harganya sampai 50 hingga 100 kali lipat. Seperti Kate Middleton yang di tahun 2011 memilih bunga lokal yang saat itu sedang bermekaran yakni lily of the valley, sweet william, myrtle, hyacinth, dan ivy. Diperkirakan, buket bunga tersebut bernilai sampai US$ 800 ribu atau sekitar Rp 11,2 miliar.

Undangan Dengan Kaligrafi Khusus

Mindy Weiss sang party planner yang biasa berasosiasi dengan Kim K menyebutkan kalau dia memperkirakan biaya undangan untuk pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle itu mencapai US$ 75 atau sekitar Rp 1 juta per bijinya, dikalikan dengan 600 undangan yang menghadiri pemberkatan nikah, setidaknya butuh biaya Rp 600 juta hanya untuk undangan, belum termasuk pesanan khusus tulisan berbentuk kaligrafi dan biaya pengiriman. Desain undangan atas nama Queen Elizabeth itu terdapat badge Pangeran Charles yang dicetak dengan tinta emas. Nama Harry pun ditulis menggunakan nama aslinya, yakni Henry.

Undangan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle © Kensington PalaceUndangan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle © Kensington Palace

Cincin Spesial Emas Welsh

Untuk detail cincin pernikahan Meghan Markle pada 19 Mei 2018 memang belum terungkap. Namun besar kemungkinan jika ia akan memakai cincin polos dari bahan emas Clogau-Welsh yang memang sudah jadi tradisi kerajaan Inggris. Tidak ada kewajiban untuk mempelai pria mengenakan cincin pernikahan mereka. Para bangsawan pria memang memiliki tradisi untuk tidak memakai cincin pernikahan mereka, tapi trend tersebut berubah setelah perang dunia kedua. Pangeran William juga memilih untuk tidak memakai cincin kawin, tapi sepertinya Pangeran Harry akan mengikuti jejak ayahnya yang selalu mengenakan cincin pernikahannya dengan Camilia, sebelumnya Pangeran Charles juga selalu mengenakan cincin pernikahannya dengan Diana.

Untuk cincin pertunangan Harry dan Meghan lalu, calon Putri Kerajaan Inggris itu memasangkan dua berlian milik mendiang Putri Diana. Nantinya, bisa jadi ia juga akan mengenakan salah satu perhiasan peninggalan Lady Di untuk dikenakan saat pesta pernikahan, ya walaupun status perhiasannya hanya pinjaman saja.

Berbeda memang dengan Kate Middleton yang bakal mewarisi gelar Ratu Inggris kelak, ia mendapatkan cincin pernikahan yang merupakan milik Lady Di. Di tahun 2011, diperkirakan cincin tersebut sudah bernilai sampai US$ 36.000 (Rp 1,9 miliar), padahal Pengeran Charles membelinya dengan harga 45.000 (Rp 632,7 juta) di tahun 1981. Namun tentunya untuk pernikahan Kate tersebut tidak perlu mengeluarkan biaya pembelian cincin karena merupakan warisan.

Resepsi, Dihibur Spice Girls

Cosmopolitan memperkirakan biaya resepsi pernikahan royal wedding ini juga bernilai fantastis. Untuk makanan, minuman, dan champagne, diperkirakan akan menghabiskan US$ 500.000 atau sekitar Rp 7 miliar. Belum termasuk hiburan berupa musik, yang kemungkinan besar akan menghadirkan paduan suara yang dipimpin James Vivian dan Sheku Kanneh-Mason seorang remaja 19 tahun yang genius bermain cello. Mindy Weiss juga memperkirakan, biaya untuk dekorasi bunga dan fotografer US$ 400.000 (Rp 5,6 miliar). Jangan lupakan juga kalau para personel Spice Girls juga mendapat undangan untuk datang ke pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry, bahkan kemungkinan besar mereka juga akan tampil di sana.

Biaya Keamanan Fantastis

Biaya kemanan memang menjadi yang paling besar untuk pernikahan keluarga kerajaan. Seperti biaya keamanan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton yang tembus hingga angka US$ 32 juta (Rp 447,9 miliar). William dan Kate melangsungkan pernikahan mereka di Westminster Abbey yang memang menampung lebih banyak tamu undangan daripada Windsor Castle tempat menikah Pangeran Harry dan Meghan Markle. Juga perlu diingat kalau Harry berada di urutan keenam pewaris tahta Kerajaan Inggris, sehingga bisa jadi biaya yang dikeluarkan tak akan mencapai setengah triliun seperti pernikahan sang kakak.

Menurut James Williams dari kepolisian Thames Valley menjelaskan kalau mereka sedang benar-benar mengkalkulasi biaya keamanan. Perkiraan biaya keamanan pernikahan yang akan digelar pada siang hari itu bervariasi, minimal menghabiskan biaya US$ 2,8 juta (Rp 39,4 miliar) dan juga bahkan bisa mencapai US$ 32 juta ( Rp 478 miliar).

Nominal angka perkiraan biaya pernikahan Harry dan Meghan memang luar biasa jumlahnya. Dari perkiraan ini, tentu saja masih banyak detail-detail lainnya yang mungkin malah belum tercakup di dalamnya. Namanya juga royal wedding, sah-sah saja jika biaya pernikahannya bahkan menembus angka Rp 515,9 miliar atau bisa jadi lebih. Pesta pernikahan ini tentunya bukan hanya pesta milik Harry dan Meghan semata, tapi perayaan untuk seluruh rakyat Inggris. Semoga semua lancar sampai hari H.

Detail perkiraan biaya pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang mencapai Rp 515,9 miliar. © KapanLagi.comDetail perkiraan biaya pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang mencapai Rp 515,9 miliar. © KapanLagi.com

* Semua nominal angka bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kurs.

(kpl/jje)

Editor:

Ayu Srikhandi


REKOMENDASI
TRENDING