Royal Wedding: Prosesi Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Jum'at, 18 Mei 2018 10:11 Penulis: Mahardi Eka
Royal Wedding: Prosesi Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Bicara soal keluarga kerajaan Inggris, bisa jadi nama Pangeran Harry adalah salah satu yang paling dikenal. Bukan hanya karena dirinya adalah putra kedua Lady Diana dan adik dari Pangeran William, tapi Harry sendiri kerap dikenal karena perilakunya yang sering dibandingkan dengan sang kakak. Salah satu kesan yang didapat darinya adalah sosoknya yang rebel (pemberontak) namun juga berjiwa sosial.

Kesan yang sama pun terasa dari gembar-gembor pernikahan Harry dengan kekasihnya Meghan Markle di Sabtu, 19 Mei 2018 nanti. Ciri khas Harry yang kerap nyeleneh dari pakem yang sudah ada, juga terasa dari berbagai detail yang akan dilaksanakan pada hari bahagianya. Pertama, tentunya sang mempelai wanita.

Alih-alih mempersunting seorang Lady, bangsawan, atau paling tidak warga Inggris, Harry justru menambatkan hati pada seorang Meghan Markle, yang notabene adalah warga Amerika Serikat, dan berprofesi sebagai artis pula! Tak sampai situ, Meghan sendiri adalah wanita blasteran kulit putih dan kulit hitam yang sangat jarang ‘mendampingi’ para royal sebelumnya. Dan yang paling mengejutkan, pernikahan ini bukan yang pertama untuk Meghan. Wanita cantik ini sebelumnya sudah pernah menikah hingga akhirnya bercerai dari suami pertamanya.

Meghan Markle merupakan seorang artis berdarah Amerika dan sudah pernah menikah © AFPMeghan Markle merupakan seorang artis berdarah Amerika dan sudah pernah menikah © AFP

Sudah mulai heran? Jangan dulu, karena ada tradisi kedua yang juga ‘dilanggar’ oleh Harry. Kedua mempelai dan keluarga besar kerajaan Inggris sepakat untuk menyelenggarakan pernikahan di hari Sabtu. Pilihan ini berbeda dari tradisi pernikahan sebelumnya yang dilaksanakan tidak pada akhir pekan. Pangeran Wiliams dan Kate Middleton misalnya, menikah di hari Jumat. Sementara Ratu Elizabeth II menikah di hari Kamis.

Tak hanya itu, Harry dan Meghan juga menikah tepat di hari pertandingan Final FA Cup di Wembley. Dalam pertandingan final sebelum-sebelumnya, Pangeran William lah yang hadir sebagai presiden FA untuk memberikan trofi juara. Sementara tahun ini, ia harus memilih menjadi pendamping pengantin pria. Namun bagaimanapun juga, tanggal tersebut dipilih untuk memberi kelonggaran pada Kate Middleton dalam masa pemulihan setelah melahirkan putra ketiganya, Pangeran Louis.

Setiap detail dalam royal wedding ini tentu tak lepas dari campur tangan dan persetujuan pihak kerajaan. Beberapa media Inggris melansir bahwa sebagian besar konsep dan detail royal wedding kali ini datang dari Harry dan Meghan. Sementara pihak Istana Buckingham, lewat Lord Chamberlain’s Office akan menangani urusan logistik dan juga detail seremonialnya.

Setiap detail royal wedding, tak lepas dari campur tangan dan persetujuan pihak kerajaan © AFPSetiap detail royal wedding, tak lepas dari campur tangan dan persetujuan pihak kerajaan © AFP

Selanjutnya, tentang hari libur nasional. Ketika Pangeran Charles menikah dengan Diana Spencer di 1981, atau Pangeran William menikah dengan Kate Middleton di 2011, atau bahkan ketika Putri Anne menikah dengan Mark Phillips di 1973 rakyat Inggris merayakannya dengan hari libur nasional. Namun tidak halnya dengan pernikahan Harry dan Meghan ini.

Vogue menyebut bahwa pada saat pernikahan Harry Meghan nanti, jam buka pub bakal diperpanjang hingga jam 1 pagi. Menilik dari pernikahan Pangeran William dan ulang tahun Ratu Elizabeth yang ke-90 pada 2016 lalu, jam buka tempat umum diperpanjang supaya rakyat Inggris bisa merayakan momen istimewa Inggris tersebut lebih lama.

“Kami berharap hal tersebut dapat membuat masyarakat menikmati perayaannya lebih lama. Dan dengan begitu, mereka sama-sama memahami bahwa itu adalah momen yang istimewa bagi negara,” ujar Sekretaris Negara Damian Green.

Dan belum selesai sampai di situ, kali ini kita juga membahas soal hadiah pernikahan. Pangeran Harry dan Meghan punya aturan tersendiri. Melalui Twitter Kensington Palace April lalu, Pangeran Harry dan Meghan menegaskan bahwa mereka tidak akan menerima kado pernikahan dalam bentuk apapun. Namun, jika ada kerabat atau relasi yang kekeuh ingin memberi, Harry dan Meghan menyarankan untuk mendonasikannya kepada beberapa badan amal yang mereka rekomendasikan.

Pangeran Harry - Meghan Markle memutuskan untuk tidak menerima kado pernikahan, atau menyarakan untuk mendonasikan kado tersebut © AFPPangeran Harry - Meghan Markle memutuskan untuk tidak menerima kado pernikahan, atau menyarakan untuk mendonasikan kado tersebut © AFP

Badan amal tersebut antara lain CHIVA (Children's HIV Association), Crisis (badan amal untuk para tunawisma di Inggris Raya), the Myna Mahila Foundation (membantu para wanita di tempat-tempat kumuh Mumbai), Scotty's Little Soldiers (membantu anak tentara yang yatim,  piatu, atau yatim piatu), StreetGames (bergerak di bidang olahraga untuk mengangkat harkat martabat seseorang), atau Surfers against Sewage and The Wilderness Foundation UK (yang menggalakan wisata alam).

Lantas bagaimana dengan prosesi pernikahannya nanti? Apakah sama seperti royal wedding terdahulu (pernikahan Williams dan Kate) atau keduanya memutuskan menyelenggarakan pernikahan yang berbeda? Kita intip yuk.

Prosesi Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan MarkleProsesi Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Prosesi Pernikahan Pangeran Harry - Meghan Markle

Pernikahan Harry dan Meghan bakal dilangsungkan Kapel St George's di Kastil Windsor tepat tengah hari. Meski kapasitas Kapel hanya 800 tamu undangan, beda dengan Westminster Abbey yang mencapai 2000 orang, pemilihan tempat pemberkatan nikah ini sudah seizin Ratu. Keluarga kerajaan bakal membiayai beberapa aspek penting pernikahannya seperti biaya ibadah, musik pengiring, dekorasi bunga dan penerima tamunya.

Meski dari jumlah undangan lebih sedikit daripada pernikahan sang kakak, royal wedding kali ini disusun dengan cermat sehingga kesakralan pernikahannya terjaga dan di saat yang sama juga membumi dan turut dirasakan oleh warga Inggris. Yuk kita intip prosesinya. Kami telah menyusunnya secara urut dengan patokan waktu Inggris. Kalau KLovers ingin menyaksikannya secara live di Indonesia, tinggal tambahkan tujuh jam dari waktu yang tertera ya!

09.30 - 11.00


Para tamu yang jumlahnya kurang lebih 600 diperbolehkan masuk ke kastil dan berkumpul di Round Tower sembari diarahkan ke Kapel St. George. Baik Round Tower dan Kapel St. George berada di area Windsor Castle.

Venue pernikahan Pangeran Harry -Meghan Markle © Facebook.com/jennifer.b.haas.52Venue pernikahan Pangeran Harry -Meghan Markle © Facebook.com/jennifer.b.haas.52

Kensington Palace mengungkap bahwa akan ada 600 tamu undangan dalam pemberkatan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan nanti. Jumlah tersebut hanya sepertiga dari tamu undangan yang diundang dalam pemberkatan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton.Ya, pernikahannya tidak terlalu mewah karena memang secara hirarki, Pangeran Harry mengantri di posisi keenam calon penerus tahta kerajaan Inggris. Jadi, dia tidak perlu mengundang diplomat untuk datang ke pernikahannya.

Perlu diketahui bahwa Kastil ini dibuka untuk umum jika tidak sedang digunakan untuk acara kenegaraan atau khusus seperti ini. Kalau KLovers berkesempatan ke Inggris dan berkunjung ke sana, kalian bisa membeli tiket masuk seharga Rp. 300 ribu.

11.20

Anggota keluarga kerajaan Inggris datang. Mereka masuk kapel melalui Galilee Porch. Ada 24 anggota keluarga kerajaan Inggris yang bergelar beserta keluarga mereka. Kedatangan masing-masing keluarga tentu akan mendapat sorotan yang berbeda-beda dari publik yang hadir dan juga pewarta.

11.45

Pangeran Harry dan Pangeran William tiba. Mereka memberi salam kurang lebih 1200 warga Inggris yang berkumpul di Horseshoe Cloister. Seribu dua ratus warga Inggris itu adalah yang beruntung dan bakal turut menyaksikan pemberkatan pernikahannya dari luar kapel. Mereka terpilih karena dinilai telah memberikan sumbangsih kepada masyarakat.

11.55


Sesuai tradisi kerajaan, Ratu Elizabeth akan menjadi rombongan terakhir tiba di kastil Windsor. Di belakangnya ada Meghan dan ibunya Doria Ragland. Rombongan tersebut akan menyusuri Long Walk sambil melambaikan tangan ke publik.

Ibu Meghan, Doria Ragland dipastikan akan menemani putrinya tersebut ketika menuju Kastil Windsor. Sementara Pangeran Harry bakal mengajak serta keluarga dari ibunya, Lady Diana untuk menghadiri pernikahannya.


Meghan akan berkumpul dengan bridesmaids dan pageboys di area West Steps sebelum masuk ke kapel. Beberapa media menyebut bahwa aktris Hollywood, Abigail Spencer adalah salah satu bridesmaids dari Meghan.

12.00

Pemberkatan pernikahannya akan berlangsung kurang lebih satu jam. Untuk musik pengiring ibadah, keluarga kerajaan telah meminta paduan suara yang dikonduktori oleh James Vivian, direktur pengarah musik di kapel St George.

“Pernikahan ini, seperti layaknya pernikahan yang lain, akan menjadi momen bahagia serta penuh sukacita. Apa yang ada bakal mencerminkan seperti apa sosok kedua mempelai,” ujar Jason Knauf juru bicara Harry seperti dilansir Vogue. “Keduanya ingin agar momen perayaan ini berkesan bagi teman dan keluarga. Tak hanya itu, keduanya juga ingin agar hari istimewanya turut dirasakan oleh masyarakat luas,” tambahnya. Dean of Windsor akan memimpin ibadah sementara Uskup Agung Canterbury akan memberkati keduanya dalam janji suci pernikahan.

Dalam tradisi pemberkatan pernikahan di Inggris, mempelai jarang yang mengucap janji suci versi mereka sendiri. Mempelai Inggris lebih memilih untuk mengucap janji suci yang telah dibuat oleh pihak gereja sebelumnya. Begitu pula dengan keluarga kerajaan. Meski begitu, dalam janji suci tersebut bisa dibuat sedikit perubahan.

Prince William, yang berada di antrian kedua dalam daftar pewaris tahta memilih janji suci yang lebih formal karena ada rasa tanggungjawab untuk menjaga wibawa dan juga tradisi. Namun beda dengan Harry yang lebih bebas dalam menata pernikahannya.

Perubahan yang akan dilakukan Harry dan Meghan terkait janji sucinya ini sendiri masih menyimpan misteri. Nampaknya, semua warga Inggris dan fans di seluruh dunia harus menunggu sampai saatnya tiba besok untuk mengetahui apa yang akan diucapkan Harry dan Meghan sebagai pasangan suami - istri.



13.00

Kedua mempelai ke Horseshoe Cloister untuk memberi salam kepada 200 pekerja sosial. Pangeran Harry boleh saja harus berada di antrian ke-6 untuk menaiki tahta kerajaan Inggris, tapi soal popularitas ia dan Pangeran William menjadi yang terus ditunggu kabar dan kiprahnya. Setelah memberi salam, keduanya pergi ke West Steps untuk disambut keluarga dan bersiap untuk diarak dalam kereta kuda.

13.15

Mempelai diarak dengan kereta mulai dari Kastil Hill sampai High Street, di sepanjang King's Road sebelum kembali ke kastil Windsor lewat rute Long Walk.

Setelah itu keduanya bakal diarak dari Kapel St George's Chapel melewati Long Walk menuju Kastil Windsor. Setiap momen pernikahan di Kastil Windsor akan diabadikan Alexi Lubomirski.

"Meski rutenya singkat, Harry dan Meghan berharap bahwa arak-arakan tersebut ditonton dan dinikmati oleh sebanyak mungkin warga Inggris di sekitaran Windsor," ujar salah satu sumber.

13.40

Mempelai tiba di kastil dan menuju ke aula St. George untuk resepsi pertama. Resepsi dilangsungkan di Aula St George's untuk keluarga dan warga gereja yang hadir dalam pemberkatan.


Dalam resepsi tersebut akan disajikan tart pernikahan mereka, yakni kue lemon elderflower yang akan dihias dengan warna-warna terang ala musim semi. Kue tartnya dibuat oleh Claire Ptak dari bakeri Violet Bakery.. Bunga-bunga dekorasinya, yakni branches of beech, birch dan hornbeam, serta mawar putih, peonies dan foxgloves akan dipetik langsung dari taman Crown Estate - Windsor Park. Pengadaan dan penataan bunga akan ditangani oleh Philippa Craddock.

Salah satu momen yang ditunggu dalam resepsi ini tak lain adalah momen toast pernikahan. Yang membedakan pernikahan di Amerika Serikat dan Inggris adalah toast yang dilakukan di tengah jamuan. Editor fashion Vogue, Emma Elwick Bates menuturkan perbedaannya. “Orang Amerika selalu memberikan pidato yang emosional dan menyentuh, sementara di Inggris, pendamping pengantin pria atau wanitanya akan mengolok-olok mempelai dengan cara yang menarik,” tuturnya.  

Ketika Pangeran Harry memberikan pidatonya di pernikahan Pangeran William - Kate, ia main aman dengan menyebut bahwa William adalah saudara yang sempurna. Meski begitu, ia sempat menirukan gaya khas Williams dan Kate untuk menghibur para tamu.

Sementara itu, Meghan berencana akan memberi pidato dalam resepsi pernikahannya nanti. Memang, pidato tersebut harusnya dibawakan oleh ayah Meghan, yakni Thomas Markle. Namun hingga saat ini ayahnya belum memberi kepastian. Jangankan memberi pidato, kabar terbaru menyebut bahwa Thomas bakal tidak hadir dalam pernikahan putrinya.

Meghan berencana akan memberi pidato dalam resepsi pernikahannya nanti © AFPMeghan berencana akan memberi pidato dalam resepsi pernikahannya nanti © AFP

19.00

Acara dilanjutkan ke Frogmore House untuk resepsi kedua. Untuk resepsi kedua, yang berlangsung di Frogmore House, kedua mempelai telah mengundang kurang lebih 200 kolega. Meski nama-nama selebriti yang diundang ke pesta masih rahasia, tapi rumor beredar bahwa beberapa nama selebriti ini bakal hadir, seperti Abigail Spencer, Priyanka Chopra, Sir Elton John, Ed Sheeran, Cara Delevingne, David and Victoria Beckham, dan Serena Williams.

Elton John bahkan telah membatalkan dua shownya di Las Vegas demi menghadiri pernikahan ini. Lain lagi dengan Spice Girls. Girlband pesohor asal Inggris ini bukan tidak mungkin akan bereuni dalam pernikahan tersebut. Kelimanya bakal hadir seperti yang telah dikonfirmasi oleh Melanie Brown aka Scary Spice. Spice Girls adalah tokoh penting dalam tumbuh kembang Harry. Ia pernah dalam sebuah wawancara menyebut bahwa bertemu dengan Spice Girls adalah hari terbaik dalam hidupnya.

After Party

Dalam prosesi pernikahan Pangeran Harry kali ini, para tamu undangan bakal menikmati sarapan bersama tepat di pagi hari pertama setelah pesta pernikahan. Tradisi seperti ini lebih banyak dianut di Amerika Serikat, tidak di Inggris. Namun, tampaknya Meghan ini menyelipkannya ke dalam prosesi pernikahan. Menurut Hayley Bloomingdale, direktur komunikasi Moda Operandi, Meghan tetap menginginkan sedikit budaya Amerika Serikat dalam pesta pernikahannya.

Ikuti terus update seputar gempita pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle hanya di KapanLagi.com ya.

(kpl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING