17 Agustus, Lidya Pratiwi Dapat Keuntungan

Rabu, 20 Agustus 2008 13:51 Penulis: Erlin
Kapanlagi.com - Hari kemerdekaan merupakan saat yang menguntungkan bagi para tahanan. Begitu pula bagi Lidya Pratiwi, yang sudah dua tahun mendekam di penjara Pondok Bambu, Jakarta Timur. 17 Agustus ini Lidya mendapatkan remisi dua bulan dan mengurangi vonis 14 tahun yang harus dijalaninya.

Mendapat pengurangan hukuman dua bulan, membuat Lidya cukup senang dan bersyukur. Ditambah dengan remisi lebaran tahun lalu, hukumannya kini berkurang tiga bulan. "Syukur sama Tuhan, juga sangat berterima kasih pada pihak rutan, yang telah menyetujui remisi untuk saya. Ini adalah remisi kedua setelah kemarin lebaran, saya dapat remisi satu bulan," ungkap Lidya yang ditemui Rabu (20/08/08).

Selama dua tahun menjalani hukuman, Lidya mengaku cukup baik dalam berhubungan dengan lingkungannya. Walau kadang merasa sedih, Lidya mengaku tetap optimis.

"Hubungan di sini baik, kita juga saling mendukung, saling komunikasi, emang sih ada saat-saat di mana saya merasa sedih banget. Tapi saya selalu berpikir kalau setiap sesuatu itu pasti ada jalan keluarnya. Yang penting saya bisa ngejalani senormal mungkin, harus tetep beradaptasi. Aku di sini juga masih bisa mengetahui situasi di luar dari koran," ujarnya.

Selama ini, di masyarakat penjara identik dengan kehidupan yang penuh kekerasan. Tapi pengakuan Lidya malah beda, di sana dia justru mendapat pembinaan. "Kalau kekerasan di dalam, itu nggak ada, yang perlu diketahui masyarakat, di sini bukan penghukuman, tapi pembinaan. Jadi kekerasan itu sama sekali nggak benar, karena di sini pembinaannya sangat tertib. Soal intimidasi dari warga itu juga nggak benar," tambahnya.

Selama mendekam penjara, Lidya malah lebih percaya diri dan mendapatkan teman berbagi. "Di sini saya merasa pembinaan itu menaikkan rasa percaya diri saya. Kita sesama tahanan juga saling mendukung, saling kasih masukan, saling sharing, untuk bagaimana supaya lebih saling percaya diri," ungkapnya. 

(kpl/ant/erl)

Editor:

Erlin


REKOMENDASI
TRENDING