SELEBRITI

7 Seleb Indonesia yang Pernah Kuliah di Luar Negeri, dari Malaysia Sampai Inggris.

Senin, 02 Agustus 2021 21:47 Penulis: Editor KapanLagi.com

Maudy Ayunda (www.instagram.com/maudyayunda), Isyana Sarasvati (www.instagram.com/isyanasarasvati), Vidi Aldiano (www.instagram.com/vidialdiano)

Kapanlagi.com - Bukan hal yang aneh kalau selebriti memiliki kesibukan yang cukup padat. Beberapa dari mereka harus rela mengorbankan waktu bermain, waktu istirahat, bahkan waktu berkumpul dengan teman dan keluarga.

Namun, ada satu hal yang nampaknya mereka tidak bisa menyerah begitu saja. Pendidikan. Beberapa selebriti rela meluangkan waktunya untuk terus belajar. Kesibukan merekapun menjadi semakin padat.

Bahkan, beberapa selebriti memutuskan untuk berkuliah di luar negeri demi memperluas wawasannya. Berikut merupakan beberapa selebriti Indonesia yang pernah kuliah di luar negeri.

1. Acha Septriasa

Acha Septriasa berhasil menyelesaikan studi S1-nya di Negeri Jiran pada tahun 2011 silam. Segera setelah lulus SMA, ia terbang ke negeri tetangga untuk melanjutkan studinya pada tahun 2007. Ia mengambil jurusan Mass Communication di Limkokwing University of Creative Technology, Cyberjaya Malaysia.

Acha mendapatkan beasiswa hampir penuh dari universitas tempat ia menimba ilmu. Aktris yang memerankan Luna dalam film ikonik HEART ini mengaku bahwa ia hanya membayar 20% dari total biaya kuliahnya.

 

2. Maudy Ayunda

Siapa yang tak mengenal Maudy Ayunda dan segala prestasinya? Gadis yang lahir pada 19 Desember 1994 itu sempat membuat kehebohan di dunia maya lantaran dirinya yang kebingungan memilih untuk melanjutkan studinya di antara dua universitas ternama, Harvard dan Stanford. Selain itu, universitas dimana Maudy Ayunda sebelumnya telah lulus dari program sarjana dengan predikat cumlaude juga merupakan salah satu universitas terbaik lainnya, yaitu Oxford University.

Maudy Ayunda menetapkan pilihan akhirnya untuk melanjutkan studi pada Stanford University yang merupakan universitas terbaik kedua setelah Massachusetts Institute of Technology. Tidak cukup sampai di situ, ia menghabiskan dua tahun waktu kuliahnya dengan mengambil dua jurusan sekaligus. Maudy Ayunda lulus dengan membawa pulang gelar MA dan MBA.

 

3. Isyana Sarasvati

Musisi Isyana Sarasvati juga dikenal sebagai salah satu seleb yang pernah berkuliah di luar negeri. Sebelum mengambil program sarjana di Royal College of Music, Inggris, Isyana sudah terlebih dahulu menempuh pendidikan di Nanyang Academy of Fine Arts, Singapore.

Isyana mendapatkan beasiswa untuk kedua program diploma dan sarjana yang dijalaninya. Ia menyelesaikan studi S1-nya dengan predikat cumlaude. Selain itu, ia juga mendapat penghargaan Best Scholarship Graduate karena ia berhasil lulu dengan predikat cumlaude dengan beasiswa.

 

4. Vidi Aldiano

Vidi Aldiano juga masuk dalam jajaran seleb yang pernah kuliah di luar negeri. Ia melanjutkan studi masternya di University of Manchester, Inggris. Vidi mengambil jurusan Innovation Management and Entrepreneurship di salah satu universitas terbaik di Inggris tersebut.

Pelantun lagu Bertahan Lewati Senja tersebut berhasil menyelesaikan program masternya dengan predikat cumlaude dalam waktu dua tahun.

 

5. Gita Gutawa

Jarang terdengar kabarnya, Gita Gutawa ternyata sudah menyelesaikan pendidikan masternya di London School of Economics and Political Science, Inggris. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik dalam bidang ekonomi di Inggris. Berbeda dengan bidang yang ditekuninya, ia memilih untuk mengambil jurusan ekonomi. Ia mendapatkan beasiswa LPDP dalam melanjutkan pendidikan S2-nya.

Sebelum itu, pelantun lagu Parasit ini juga telah lulus sebagai sarjana ekonomi dari University of Birmingham, Inggris dan mendapatkan gelar sarjana.

 

6. Cinta Laura

Cinta Laura berhasil merampungkan studi S1-nya dari Columbia University pada tahun 2014 silam. Ia lulus dari jurusan Psikologi dan Sastra Jerman dari salah satu kampus Ivy League tersebut. Cinta menyelesaikan pendidikan S1-nya hanya dalam waktu tiga tahun saja. Ia lulus dengan predikat cumlaude dengan IPK-nya yang menyentuh angka 3,9.

Pelantun lagu Cloud 9 ini juga sempat menjadi asisten dosen di kampusnya.

 

7. Tasya Kamila

Tasya Kamila mendapatkan beasiswa LPDP untuk melanjutkan pendidikan masternya di Columbia University, New York, Amerika Serikat. Ia mengambil jurusan Administrasi Publik.

Ia berhasil lulus dengan gelar Master of Publication dalam waktu dua tahun. Ia telah menyelesaikan pendidikan S1-nya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari Universitas Indonesia sebelum melanjutkan untuk S2.

Walaupun sibuk, pendidikan tetap penting. Sangat menginspirasi bukan beberapa seleb di atas? Apa KLovers ingin melanjutkan kuliah di luar negeri juga? Tuliskan jawaban kalian di bawah ya!

Berita ini ditulis oleh: Salmaa Fadh

 

 


REKOMENDASI
TRENDING