SELEBRITI

Anak Sulung Dirundung Lewat Medsos, Ussy Sulistiawaty Maafkan Haters?

Jum'at, 14 Desember 2018 14:37 Penulis: Dhefa Mauren Roos Mary

Ussy Sulistiawaty © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Ussy Sulistiawaty membuktikan betapa besarnya cinta seorang ibu pada anaknya. Bukti itu nampak saat Ussy bersama kuasa hukumnya melaporkan deretan akun Instagram yang merundung anak sulungnya, Nur Amalia Putri atau yang akrab disapa Amel. Pasalnya belakangan ini deretan akun Instagram itu telah bertindak di luar batasnya dengan mencemooh Amel.

Sebagai ibu Ussy jelas tidak terima. Apalagi jika rundungan itu terus ditujukan pada anaknya itu. Lambat laun, Amel pun mengetahui rundungan itu dan drop hingga ia tak mau makan, bahkan menangis.

Melihat kejadian ini Ussy akhirnya memutuskan untuk menindak tegas para pemilik akun tersebut dengan melaju ke jalur hukum. Dengan tindakan tegasnya ini, Ussy Sulistiawaty berharap agar hal ini bisa memberikan efek jera.

"Pastinya (yakin) buat efek jera dan mungkin juga setelah ini orang-orang yang biasanya negative thinking, nulisnya asal, mencaci, memaki itu jadi berkurang," ujar Ussy tegas saat dijumpai di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (13/12).

1. Dirundung Selama Bertahun-Tahun

Pada kesempatan ini Ussy Sulistiawaty juga mengungkapkan sebuah fakta baru. Rupanya rundungan yang dialaminya dan sang anak tidak terjadi baru-baru ini saja, tapi sudah bertahun-tahun.

"Kalau bullying ke anak aku itu udah bertahun-tahun yg lalu sebenernya. Cuma saya enggak ngerti kenapa saya kemaren saya ladenin. Kalau kemarin saya gak ladenin mungkin gak akan begini ya saya tinggal hapus-hapus. Tapi mereka gak akan berhenti, setiap saya posting anak akan begitu lagi begitu lagi. Nah, saya bilang oke sekarang saatnya saya speak up, saatnya sekarang saya beresin ini, kalau yang lain gak ada yg mau beresin ini, mungkin saya hanya serpihan debu kalo dibanding luaran sana sampai bullying-bullying, tapi dengan cara saya apa ya saya akan perjuangin ini buat anak-anak saya. Bukan untuk anak-anak yang lain dulu deh, buat anak-anak saya aja dulu," ungkap Ussy.

2. Perberat Hukuman?

Selama bertahun-tahun Ussy dan keluarga sudah berusaha bersabar. Namun kali ini rasanya kesabaran mereka telah mencapai batasnya. Melaporkan rundungan itu adalah cara yang tepat untuk 'menghukum' para 'pelaku'.

Bicara soal hukuman, Ussy Sulistiawaty mengaku tidak tahu-menahu soal hukuman yang akan diterima oleh para pelaku. Lebih tepatnya ia menyerahkan urusan ini kepada pihak berwajib yang lebih mengerti yang juga akan memprosesnya secara hukum.

"Wah, kalau masalah hukuman saya enggak ngerti, itu nanti di kepolisian yang lebih mengerti. Saya sih enggak mikirin ke sana. Pokoknya saya sekarang mikirinnya adalah saya tangkap, saya harus tangkap dan diproses secara hukuman dari hukuman polisi itu enggak hanya lapor-lapor gitu dan untungnya karena Mbak Viandra (salah satu pelaku rundungan yang meminta maaf) ini udah langsung nemuin saya, ya mungkin ada keringanan. Mungkin ada proses hukumnya saya gak tahu. Yang jelas sesama manusia saya sudah maafkan, tapi proses hukum harus berjalan. Habis ini dia langsung BAP," jelas Ussy Sulistiawaty.

3. Maafkan 'Pelaku'

Tindakan tegas yang dilakukan oleh Ussy ini rasanya sudah tepat. Pasalnya ibu mana yang tahan jika anaknya dihina. Terutama di media sosial, wadah dimana siapa saja bisa berkomentar bebas pada apapun. Namun di sisi lain ada yang menyebutkan kalau istri dari presenter sekaligus aktor Andhika Pratama itu sudah memaafkan para 'pelaku'. Benarkah hal tersebut?

"Dari awal kemarin dia DM saya sebenernya saya udah ya saya sudah maaf-maafin aja. Karena menurut saya itikad baik dia memang bagus, tapi memang karena sudah masuk dalam pelaporan, jadi tetap harus di proses. Kemarin saya bilang, ‘Kamu tetep akan diproses’ dan dia pun udah mengakui. ‘Iya, saya mengakui bahwa saya salah, saya tahu kalau saya dimana pun, mau ganti Instagram pun polisi akan tahu’. Benar kan? Nih ini ada orangnya. Jadi dia tuh sebenernya sudah sadar, dia mau ganti puluhan kali account IGnya dia, pasti polisi akan bisa proses. Sekarang zaman tuh serba canggih kok," jabar Ussy.

4. "Kok Ini Lebay?"

Kasus seperti ini rasanya tak kunjung berhenti. Namun kepolisian Indonesia tak tinggal diam. Buktinya dalam kasus perundungan yang dialami oleh anak sulung Ussy Sulistiaswaty ini, kepolisian turut andil dan membantu mengusut dengan tuntas.

Meskipun begitu Ussy masih saja menerima komentar dari netizen. Bahkan ada yang menyebut kalau apa yang ia lakukan ini berlebihan alias lebay.

"Jadi Indonesia sekarang lagi melawan yang namanya bullying, cyber crime, hoax, dan semacam itu memang lagi dilawan sama kepolisian dari Indonesia. Nah kita tuh harus dukung, jangan malah kita, ‘Kok ini lebay?’ Ya jangan begitu. Jadi kemarin aku agak-agak shock juga ada komen-komen, cuma kalau kita mikirin komen-komen gitu ya gak akan ada habisnya. Jadi sekarang saya hanya membawa hati, mental anak-anak saya. Itu aja," tutup Ussy.


REKOMENDASI
TRENDING