Tak Ada Masa Iddah, Asmirandah Bisa Langsung Dinikahi Pria Lain

Rabu, 27 November 2013 16:41 Penulis: Darmadi Sasongko
Tak Ada Masa Iddah, Asmirandah Bisa Langsung Dinikahi Pria Lain Jonas Rivanno - Asmirandah
Kapanlagi.com - Jika gugatan pembatalan nikahnya dengan Jonas Rivanno dikabulkan, status Asmirandah akan menjadi seorang janda, begitupun dengan Jonas yang akan menjadi seorang duda.

Bedanya dengan janda dan duda dari proses perceraian terletak pada masa iddah. Asmirandah tidak akan dikenakan masa iddah atau massa di mana seorang perempuan dalam waktu tertentu belum diperkenankan untuk kembali menikah. 

Asmirandah bisa melangsungkan pernikahan, begitu mendapat keputusan pengadilan. Dia bisa langsung menikah dengan pria lain, jika sudah menemukan pasangan.

"Tidak ada masa iddah. Tapi kalau si pemohon punya anak, tetap dinasabkan ke si bapak, dan si bapak punya kewajiban menafkahi," terang Humas Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat, Suryadi, S. Ag, SH, MH, di kantornya, Rabu (27/11).

Semula status Jonas sebagai mualaf sehingga mereka mengikat dalam perkawinan. Namun karena status Jonas yang kembali ke agamanya sebelumnya, Asmirandah merasa 'salah sangka' dan mengajukan gugatan pembatalan pernikahan.

"Kenapa mengajukan pembatalan perkawinan? Jadi ini persoalan ada salah sangka dan ternyata pihak termohon (Jonas Rivanno) tidak beragama Islam lagi," ungkap Suryadi.

(kpl/pur/dar)


REKOMENDASI
TRENDING